100+ Kata Bijak Bahasa Jawa Serta Artinya, Sebuah Nasehat Penuh Makna dan Motivasi Diri

Swarariau.com, Kata Bijak Bahasa Jawa -- Terkadang kita membutuhkan sebuah motivasi baik berupa nasehat dari kawan, orang tua, ataupun penasehat spritual kita. 

 

Terkadang juda ada beberapa orang yang menggunakan Kata bijak untuk memotivasi diri sendiri. 

 

Jika biasanya kita menemukan kata bijak dalam bahasa Indonesia kali ini saya akan memberikan beberapa Kata Bijak Bahasa Jawa Serta Artinya, sebagai sebuah kalimat motivasi diri sendiri.

 

Dalam Kumpulan 100+ Kata Bijak Bahasa Jawa Serta Artinya, Sebuah Nasehat Penuh Makna dan Motivasi Diri terdiri dari Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang ke-Tuhan-an, Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan, Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Arti Kehidupan, Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta dan tentang yang lainnya. 

 

Nah, 


Simak baik-baik ya! Siapa tau kata-kata bijak Bahasa Jawa ini dapat membangkitkan semangat dan gairah serta motivasi hidup kamu.

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang ke-Tuhan-an

Kata Bijak Bahasa Jawa
Kata Bijak Bahasa Jawa

"Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta'aken manungsa!" (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia)

 

"Mohon, mangesthi, mangastuti, marem." (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama)

 

"Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan." (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan)

 

"Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran." (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan)

 

"Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati." (Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat)

 

"Urip kang utama, mateni kang sempurna." (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya)

 

"Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan." (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran)

 

"Natas, nitis, netes." (Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali)

 

"Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo."(Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)

 

"Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah." (Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan

Kata Bijak Bahasa Jawa
Kata Bijak Bahasa Jawa

"Ngapusi kui hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi." (Berbohong itu hakmu. Kewajibanku hanya pura-pura tidak tahu kalau kamu berbohong)

 

"Sabar iku ingaran mustikaning laku." (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)

 

"Yen urip mung isine isih nuruti napsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu." (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan)

 

"Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

 

"Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso." (Bahwa cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan, kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu)

 

"Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

 

"Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa." (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)

 

"Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan." (Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)

 

"Aja mbedakake marang sak sapadha-pada." (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

 

"Ambeg utomo, andhap asor." (Selalu menjadi yang utama tetapi selalu rendah hati)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Arti Kehidupan

Kata Bijak Bahasa Jawa
Kata Bijak Bahasa Jawa

"Nek Wes Onok Sukurono, Nek Durung Teko Entenono, Nek Wes Lungo Lalekno, Nek Ilang Iklasno." (Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlas kan)

 

"Memayu hayuning bawana." (Menghiasi alam semesta)

 

"Urip iku koyo kopi, yen ndak iso nikmati rasane panggah pait." (Hidup itu bagaikan secangkir kopi, Jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasakan hanyalah pahit)

 

"Gusti Allah mboten sare." (Tuhan tidak pernah tidur)

 

"Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati." (Harus Semangat Walau Tidak Ada yang Kasih Semangat)

 

"Meneng widara uleran." (Terlihat baik namun sebenarnya buruk)

 

"Nek wes niat kerjo iku, ojo golek perkoro, nek wes diniati golek rejeki iku ora usah golek rai." (Kalau sudah mendapatkan pekerjaan itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rezeki itu tidak usah cari muka)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

Kata Bijak Bahasa Jawa
Kata Bijak Bahasa Jawa

"Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui." (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali-kali jatuh cinta pada orang yang sama)

 

"Gusti yen arek iku jodohku tulung cedakaken, yen mboten jodohku tulung jodohaken." (Tuhan jika orang itu adalah jodohku tolong dekatkanlah, dan jika bukan tolong jodohkanlah)

 

"Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen." (Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tetapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya)

 

"Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo meneh sing gak duwe." (Orang yang punya pacar itu harus bersabar dengan pasangan yang dimilikinya. Apalagi yang tidak punya)

 

"Arek lanang iku kuoso milih, arek wadon kuoso nolak." (Anak laki-laku bebas memilih, anak perempuan bebas menolak)

 

"Akeh manungsa ngrasakaken tresna, tapi lalai lan ora kenal opo kui hakekate atresna." (Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa tidak mengenal hakikat cinta sebenarnya)

 

"Nek jenenge sayang kuwi kudune ra nuntut pasangane dinggo 'dadi wong liyo' mung mergo kekurangane." (Kalau namanya sayang itu harusnya enggak menuntut pasangannya dipakai 'milik orang lain' hanya karena kekuranngannya)

 

"Iso nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding." (Bisa bernyanyi tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi)

 

"Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg." (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti)

 

"Jarene wes ikhlas de'e karo sing liyo, kok iseh ngomong 'Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.' Mbok wes meneng wae luwih apik." (Katanya sudah ikhlas dia dengan yang lain, kok masih bilang 'Kalau Tuhan enggak akan membalas, karma yang balas.' Sudah diam saja lebih baik)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Sahabat

Kata Bijak Bahasa Jawa
Kata Bijak Bahasa Jawa

"Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kalangan." (Bukan keluarga, bukan saudara, jika meninggal ikut kehilangan)

 

"Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo!" (Bercanda tidak apa-apa, yang penting jangan hantam-hantaman, ya!)

 

"Teman Jadi Cinta. Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno." (Teman jadi cinta sampai terbawa tidur, mimpi mengusap pipimu. Seperti kenyataan terasa seperti teman jadi cinta)

 

"Kadang lathi iso gawe loroning ati." (Kadang lidah bisa membuat sakit hati)

 

"Gak usah macak sok polos ndek ngarepku. Lek kenyataane sikapmu koyok asu." (Tidak perlu pura-pura polos di depanku. Kalau kenyataannya sikapmu seperti anjing)

 

"Nek ngomong ojo dhuwur-dhuwur. Ngko lambemu kesampluk pesawat." (Kalau berbicara jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu tersambar pesawat)

 

"Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah lungo." (Mengaku teman tapi hanya ingin numpang tenar. Ketika teman ada masalah malah pergi)

 

"Ra sah ngaku konco kenthel nek pas awor aku atimu isih grundel." (Tidak perlu mengaku teman kalau ketika bertemu hatimu masih mengganjal)

 

"Ampun mbedakakekn marang lintune." (Jangan membeda-bedakan sesama, hargai perbedaan)

 

"Ojo dadi kacang kang lali karo kulite." (Janganlah jadi orang yang melupakan pengorbanan dan bantuan orang lain)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Lucu

Kata Bijak Bahasa Jawa Lucu
Kata Bijak Bahasa Jawa Lucu

"Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan." (Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rejeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

 

"Uripmu koyo wit gedhang duwe jantung tapi ora duwe ati." (Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tetapi tak punya hati)

 

"Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi." (Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tetapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi)

 

"Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut." (Kalau bicara jangan manis-manis, nanti mulutnya diserbu semut)

 

"Sing wis lunga lalekno, sing durung teko entenono, sing wis ono syukurono." (Yang sudah pergi lupakanlah, yang belum datang tunggulah dan yang sudah ada syukurilah)

 

"Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih." (Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih)

 

"Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan raono wektu, brarti wonge lagi ra duwe duit." (Waktu adalah uang. Kalau temanmu tidak ada waktu untuk diajak jalan, artinya dia sedang tidak punya uang)

 

"Nek dipikir suwi suwi iku loro, nek dirasake yo tambah loro, loro tambah loro, papat." (Kalau dipikir lama-lama sakit, kalau dirasakan tambah sakit, dua tambah dua, empat)

 

"Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit." (Dosa yang paling menyedihkan adalah pada sambat tidak punya duit)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Bikin Tertawa

Kata Bijak Bahasa Jawa Bikin Tertawa
Kata Bijak Bahasa Jawa Bikin Tertawa

"Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku." (Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan berhutang padaku)

 

"O, kowe ngiri karo aku? Yowes nek ngono aku ngalah. Aku tak nganan." (Oh, kamu iri sama aku? Kalau begitu aku mengalah saja. Aku tak ke kanan)

 

"Mending alon-alon tapi seng penting move on." (Mending pelan-pelan tetapi yang penting bisa move on)

 

"Nek pacarmu ora gelem masang fotomu, mungkin wonge isin karo raimu." (Kalau pacarmu tidak mau pasang fotomu, mungkin dia malu terhadap wajahmu)

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Lainnya

Kata Bijak Bahasa Jawa
Kata Bijak Bahasa Jawa

"Mergo seng gaene ngekeki cokelat bakal kalah karo seng ngekeki seperangkat alat sholat." (Karena yang memberi cokelat akan kalah dengan orang yang memberikan seperangkat alat salat)

 

“Mohon, mangesthi, mangastuti, marem”


“Artinya : Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.”

 

"Truk wae duwe gandengan, mosok kowe ora duwe gandengan?" (Truk saja punya pasangan, masak kamu enggak punya pasangan?)

 

“Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan”
“Artinya : Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.”

 

“Natas, nitis, netes”
“Artinya : Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali.”

 

“Aja mbedakake marang sapadha-padha”
“Artinya : Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.”

 

“Manungsa mung ngunduh wohing pakarti”
“Artinya : Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri”

 

“Alam iki sejatining Guru”
“Artinya : Alam adalah guru yang sejati.”

 

“Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu”
“Artinya : Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu.biar baik nasibmu.”

 

“Narima ing pandum”
“Artinya : Menerima segala rintangan dengan ikhlas”

 

“Adigang, adigung, adiguna”
“Artinya : jaga kelakuan, jangan somobong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu.”

 

“Sabar iku ingaran mustikaning laku”
“Artinya : Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan”

 

Nah itulah 100+ Kata Bijak Bahasa Jawa Serta Artinya, Sebuah Nasehat Penuh Makna dan Motivasi Diri, semoga bermanfaat ya!