Wibu adalah Japanofilia, Apa Arti Wibu Sebenarnya? Simak Ulasan dan Defenisi Selengkapnya!

Swarariau.com, Wibu adalah Japanofilia - Kata wibu merupakan serapan dari bahasa Inggris Weeaboo. Nah, penulisan 'Wibu' ini langsung mengacu kepada pengucapannya dan tidak mengikuti penulisan aslinya. 

 

Kata Wibu atau weeboo ini memiliki arti orang-orang non-Jepang yang memiliki obsesi berlebihan terhadap kebudayaan Jepang dan berlaku seolah-olah mereka adalah orang Jepang dan hidup di sana.

 

Wibu adalah...? 

 

Udah bisa jawab belum?

 

Mari lanjut membahas tentang kata 'wibu' yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan dunia maya dan dunia nyata!

 

Pada tingkatan yang lebih parah seorang 'penganut wibu' bahkan sampai mengganggap bangsanya sendiri tidak lebih unggul dari Jepang dari segi apapun. 

 

'Japan is the best'

 

Mereka bahkan oleh sebagian kalangan diposisikan sebagai orang yang tidak bisa menghargai kebudayaan mereka sendiri sampai ke tahapan yang parah. Istilah ini memiliki sinonim japanofilia.

 

Kata weeaboo sendiri berasal dari cuplikan komik Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch yang waktu itu tidak memiliki makna apapun.

 

Mari menyimak dan membahas lebih jauh lagi seputar kata 'Wibu atau Weeboo' ini:

 

Definisi Wibu

Definisi Wibu
Definisi Wibu

Wibu merupakan sebuah kata yang merujuk kepada seseorang yang terobsesi dengan budaya Jepang secara berlebihan atau bertingkah laku seakan-akan mereka hidup dan tinggal di Jepang, Kata Wibu sendiri diserap dari bahasa Inggris Weeboo dan memiliki sinonim Japanofilia.

 

Sefangka orang yang memiliki sifat Japanofilia disebut Japanifile yang merupakan lawan kata dari Japanofobia,

 

Pada tingkat tinggi, seorang yang memiliki sifat wibu rela merendakhan bangsanya sendiri demi memuji Jepang sebagai kawasan paling baik dan paling unggul dari segi apapun.

 

Arti Wibu Menurut Urban Dictionary

Weeboo is also associated with the idea with the idea that this anime fan is excited about anime, but does not know much about anime. This goes back to the generalization that weeboos are newer or younger fans.

Urbandictionary.com

 

Didalam Urban Dictionary (2005-2015) menyebutkan bahwa kata wibu atau weeaboo dapat dijelaskan menjadi beberapa karakteristik yakni:

 

  1. Obsesi dengan budaya Jepang sampai-sampai orang tersebut memandang budaya Jepang lebih unggul dari budaya mereka sendiri dan semua budaya lain.

  2. Obsesi dengan anime, manga dan ekspor budaya pop Jepang lainnya.

  3. Banyak memasukkan kata-kata Jepang ke dalam bahasa sehari-hari mereka.

Arti Wibu Menurut Rumus.co.id

Arti Wibu adalah sebuah kata yang mengidolakan dengan kebudayaan orang jepang sehingga dapat mengacu pada seseorang yang ingin memiliki rasa cinta dan kekuatan dengan melestarikan kebudayaan jepang

Ciri ciri Wibu

Arti Wibu
Arti Wibu

Seseorang yang Wibu atau Japanofilia memiliki ciri-ciri keterkaitannya dengan kebudayaan Jepang, apakah hanya sekedar nonton Anime atau bahkan lebih dari itu. Nah, berikut ini ciri-ciri Wibu:

  1. Rasa Fanatik Terhadap Jepang

    Nah, seorang wibu memiliki fanatisme tinggi terhadap Jepang dan segala jenis kebudayaannya. Atau apapun yang berbau Jepang. Anehnya, anggapan mereka sampai berlebihan terhadap Jepang.

    Semua yang berbau jepang pasti lebih baik dan lebih unggul dari segalanya bahkan negaranya sendiri

  2. Bertingkah dan berperilaku seperti orang Jepang

    Entah aneh atau unik, seorang wibu akan selalu up to date tentang jepang. Baik itu fashion ataupun karakter-karater yang sedang populer dikalangan orang Jepang

  3. Kecintaannya terhadap Jepang sampai meremehkan negerinya sendiri

    Yang di tau baik dan unggul hanyalah jepang. Pada tingkatan yang lebih tinggi seorang Wibu akan meremehkan negaranya sendiri dan memuja secara berlebihan tentang Jepang

  4. Menyukai sesuatu yang berbau Jepang

    Tak sekedar Anime, sengala bentung yang berbaui jepang pasti akan dia sukai.

    Pandangannya selalu mengatakan bahwa Jepang lebi baik dari negara dan budaya manapun.

  5. Ingin Menjadi Orang Jepang

    Banyan dari 'penganut wibu' menginginkan tinggal di Jepang, bahkan terkadan ia menyesal tidak dilahirkan di Jepang.

    Memiliki istri orang Jepang adalah hal yang paling diidamkan oleh seorang Wipu.

  6. Ingin Tinggal di Jepang

    Ini sudah pasti ada dikepal seorang Wibu! Mereka sangat berambisi untuk mengunjungi dan bahkan bisa tinggal di Jepang

  7. Menganggap bahwa Anima bukanlah Kartun

    Jelas Anime adala kartun, Wibu tingkat renda mengatakan bahwa Anime tidak sama dengan kartun.

  8. Desain dan karakter media Sosialnya seperti orang jepang

    Coba dech jika kamu punya teman 'penganut wibu'!

    Coba perhatikan akun media sosial mereka, pasti sangat berbau Jepang. Bahkan mereka sering memposting Anime-anime atau sesuatu yang berbau Jepang.

Perbedaan Wibu Waifu?

Arti Wibu adalah
Arti Wibu adalah

Mungkin kaliman Wibu dan Waifu merupakan dua kata yang sering kamu jumpai atau kamu dengar. Apasi perbedaan Wibu dan Waifu,

Jadi Weeaboo atau wibu adalah seseorang yang bukan penduduk Jepang yang sangat terobsesi dengan budaya Jepang. Mereka sangat antusias dengan segala sesuatu yang berbau dengan jepang. Sinonim dari Wibu adalah Japanofilia

 

Sedangkan waifu merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu wife yang memiliki arti istri. Sering kali digunakan untuk menandai karakter wanita dalam anime yang sangat disukai.

 

Perbedaan Wibu, Weeboo, Japanofilia, Japanofobia, Japanofile?

Wibu adalah ...?
Wibu adalah ...?

Jika saat ini yang menjadi trending adalah kata 'Wibu' namu ternyata perlu kita ketahi bahwa Kata wibu diserap dari bahasa Inggris Weeaboo. 

 

Ternyata itu kata dan penulisan aslinya. Selanjtunya ada istilah Japanofilia, Japanofobia dan Japanofile, mari kita bahas satu persatu.

 

  • Wibu adalah ungkapan yang ditujukan kepada seseorang yang terobsesi dengan budaya Jepang secara berlebihan atau bertingkah laku seakan-akan mereka tinggal di Jepang, meskipun mereka bukan warga negara Jepang dan tidak tinggal di Jepang

  • Weeboo Adalah Kata wibu diserap dari bahasa Inggris Weeaboo yang memiliki makna orang-orang non-Jepang yang memiliki obsesi berlebihan terhadap kebudayaan Jepang dan berlaku seolah-olah mereka adalah orang Jepang dan hidup di sana

  • Japanofilia adalah sinomin dari Weeboo atau Wibu

  • Japanofobia adalah kebalikan dari Wibu, Weeboo atau Japanofilia

  • Japanofile adalah orang yang memiliki sifat Japanofilia atau Wibu/ Weeboo

Apa Kaitan Wibu dengan bawang?

Wibu adalah ...?
Wibu adalah ...?

Kata Wibu dan bawang ini sebenarnya lebih beredar dikalangan para gamer, kata ini pertama kali muncul dair seorang youtuber bernama Erico Lim.

 

Jadi, istila wibu atau 'wibu bau bawang' bisa dibilang sebagai sebuah ungkapan berkonotasi negatif yang ingin menyindir dan merendahkan para wibu. 

 

Ungkapan ini biasanya merujuk wibu dengan tingkah yang memalukan. Ungkapan ini pertama kali dibuat heboh oleh seorang YouTuber bernama Ericko Lim.

 

Sudah tahu kan maksud dan asal usul 'wibu bau bawang' ini?

 

Meme Lucu Wibu Buatan Netizen +62

  1. Para ibu habis nonton film yang disukai

    Para ibu habis nonton film yang disukai
    Para ibu habis nonton film yang disukai

  2. Dunia Gua dan dunia loe, kita beda!

    Dunia Gua dan dunia loe, kita beda!
    Dunia Gua dan dunia loe, kita beda!

  3. Wibu kalau lagi Lapar

    Wibu kalau lagi Lapar
    Wibu kalau lagi Lapar

Itulah sekilas ulasan Wibu adalah Japanofilia, Apa Artinya? 

 

Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kamu seputar Wibu, Weeboo, Japanofilia, Japanofobia, Japanofile dan kata-kata lainnya.