Informasi Rute dan transportasi menuju Desa Budaya Senaru Lombok Utara, NTB

Rute dan transportasi menuju Desa Budaya Senaru Lombok Utara
Rute dan transportasi menuju Desa Budaya Senaru Lombok Utara

Swarariau.com, Travelling -- Dunia Pariwisata Indonesia memang selalu akan membahas kawasan Timur Indonesia. Hal ini berkaitan dengan keindahan alam yang di miliki Indonesia bagian Timur sangat 'spektakuler'.


Pulau Lombok salah satunya!


Jadi, Pulau Lombok ini merupakan salah satu dari 2 Pulau besar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Posisi nya pas berada di sebelah timur Pulau 'Dewata' bali.


Keindahan alam yang dimiliki Pulau Lombok ini sangat indah dan natural. Jadi, tak heran jika Lombok menjadi salah satu destinasi favorit para traveller dari berbagai penjuru hingga mancanegara.


Selain alam yang indah, 


Pulau Lombok juga memiliki spot tracking Gunung yaitu Gunung Rinjani. Untuk bisa mencapai puncak Rinjani ini maka kamu bisa memilih beberapa opsi sebagai rute awal untuk mendaki Gunung Rinjani ini.


Misalnya,


Melalui Rute Desa Senaru yang ada di Kabupaten Lombok Utara.


Lebih detail nya,

 

Desa Senaru yang berada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara – Nusa Tenggara Barat. 

 

Desa Senaru memang sering dijadikan sebagai spot awal ketika mendaki Gunung Rinjani melalui Jalur Lombok Utara.

 

Rute dan Transportasi Menuju Desa Budaya Senaru

Nah jika kamu akan pergi ke Desa Budaya Senaru maka akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam 14 mnt (80,6 km) dengan melalui Jl. Raya Mataram - Tj. dan Jl. Raya Bayan.
 
Namun jika kamu yang dari luar dan sedang berada di Bandara Internasional Lombok bisa menggunakan Rute menuju Desa Senaru dari Bandara Internasional Lombok

Dari Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mataram, jika kamu dari bandara Internasional Lombok (BIL) kamu bisa langsung menggunakan moda transportasi carteran yang ada di Bandara dengan harga yang bisa di negosiasi atau dapat menggunakan taxi dengan tarif argo.

Namun Jika kamu sudah sampai di Bandara dan ingin ke Kota Mataram terlebih dahulu bisa menggunakan bis Damri, beriku informasi tarfi dari BIL kebeberapa lokasi di Pulau Lombok dengan menggunakan bis Damri.

Ingin beristirahat bisa cari penginapan yang ada di Kota Mataram, kamu bisa mencari beberapa penginapan yang ada di Kota Mataram, ada banyak kok! 
 
Bisa searching ke www.booking.com!

Dari mataram, 
 
Kamu bisa menggunakan taxi atau moda transportasi umum dengan rute dan jalur menuju ke Bayan atau Lombok Utara. Ada banyak kok jenis bus mini (Red: Engkel) yang menuju kesana.

Sedangkan jika kamu ingin langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Desa Senaru maka tersedia moda transportasi bus dan taksi untuk mencapai daerah-daerah wisata di sekitarnya.

Kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Bandara Praya menuju ke Sweta, lalu ke Bayan atau Anyar, barulah kemudian menuju ke Senaru. 
 
Bila ingin lebih cepat, 
 
Kamu bisa menyewa kendaraan dari Bandara. Ada banyak, rent car yang bisa kamu sewa selama di banda dan harga sudah terlihat di front desk yang ada di Bandara Internasional Lombok.

FYI:
Tak sulit kok untuk mendapatkan transportasi menuju Desa Senaru,  Jarak tempuh menuju Desa Senaru sekitar 2,5 sampai 3 jam perjalanan dari Kota Mataram.

Uniknya Desa Senaru Lombok

Selain menjadi jalur tracking Rinjani, Desa Senaru juga menyimpan beberapa pesona objek wisata terkenal di Lombok seperti Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep serta Masjid tua bersejarah yang masih berdiri kokoh.

Terdapat Air Tejun Sendang Gile dan Tiu Kelep, suasananya bikin kamu nggak ingin pulang loh...
Kedua Air Terjun ini sangat fenomenal karena keindahannya, 
 
Letaknya di  Gunung Rinjani membuat kedua Air terjun ini menyimpan pesona yang sangat luar biasa indahnya.

Air Terjun Sendang Gile memiliki ketinggian 30 meter. 
 
Suasana sejuk alami selalu menghiasi perjalanan kamu selama berada di sini, maklum hutan yang ada di sini masih utuh dan lebat. 
 
Sedangkan air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter. 
 
Pada spot tiu Kelep memiliki air yang cukup deras dengan posisi yang bertingkat-tingkat.

Oh iya, 
 
Kamu memiliki dua pilihan ketika Anda sampai di kawasan Senaru untuk dapat mencapai air terjun yaitu:

Pertama, 
 
Kamu dapat melalui gerbang utama atau di sebut jalur biasa.
 
Jangan risau! 

Disini Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan membayar tiket masuk, kemudian Anda akan menuruni anak tangga sekitar 15-20 menit untuk mencapai Sendang Gile, 

Sedangkan untuk mencapai Tiu Kelep dari air terjun pertama terdapat rute yang merupakan jalan setapak memasuki hutan dan menyusuri sungai.
 
Kedua,

Pada pilihan kedua kamu dapat mengikuti jalur irigasi, 
 
Pada jalur ini jalur ini lebih banyak digunakan oleh para wisatwan karena lebih menantang, bukan tanpa alasan,
 
Pada jalur ini tidak terlalu menguras tenaga tanpa harus melewati anak tangga yang begitu banyak dan anda akan lebih merasakan keindahan pemandangan dan nuansa berada di dalam hutan yang kami sebut sebagai soft trekking.

Tinggal di pilih aja ya guys mau pakai jalur yang mana!

Sejenak di Wisata Budaya di Desa Senaru, Bisa Apa Aja?


Berada di Desa Senaru seakan membawa kamu hidup flashback beberapa tahun kebelakang. 
 
Bayangkan, 

Kamu akan bertemu dengan rumah-rumah unik masyarakat Desa Senaru yang masih tradisional banget. Mereka hidup masih dalam budaya dan religi yang sangat kental sekali.
 
Mereka masih mempertahankan keaslian rumah-rumah mereka dan bertahan dengan budaya dan ada asli mereka. 
 
...Misalnya, 
 
Rumah mereka yang beralaskan tanah liat dan beratap rumbia serta pagar yang terbuat dari bedek. Yang paling keren lagi adalah suasana sejuk yang selalu menghiasi perdesaan Senaru.

Masjid bersejarah yang masih utuh disini....!!!

Di Desa Senaru, 
 
Anda akan dapat menemukan Bayan Beleq, yang merupakan salah satu situs bersejarah berupa masjid tua yang dibangun pada abad ke-17.

Masjid ini selalu menjadi objek yang ingin dilihat para pengunjung yang datang kesini. 
 
Para traveller selalu penasaran dengan keberadaan masjid bersejarah ini. Posisi Masjid ini berdiri di sebuah bukit kecil yang dikelilingi oleh beberapa makan keramat.

Konstruksi  bangunan masjid ini sangat tradisional, yang merupakan ciri khas masyarakat Desa Senaru. Dinding masjid ini terbuat dari anyaman bambu, berdiri di atas susunan pondasi yang terdiri dari batu-batu yang disusun tinggi serta atap masjid yang terbuat dari rumbia.

300 tahun!

Guys, tau nggak jika umur masjid ini mencapai 300 tahun. Mereka secara turun temurun merawat masjid ini selama kurang lebih 300 tahun lamanya dan hingga saat ini masih utuh dan terawat dengan baik.

Nah, abadikan momen-momen kamu selama berada di Desa Senaru Lombok ya..!!! mungkin akan lama lagi kamu bisa kembali dan menunggu liburan selanjutnya. 
 
 
...Have nice trip guys!