Wifi Lemot? Begini Cara Mematikan Wifi Orang Lain dari Pc melalui Huawei

Cara Mematikan Wifi Orang Lain dari Pc
Cara Mematikan Wifi Orang Lain dari Pc

Swarariau.com, Teknologi -- Menggunakan wifi memang sering ditujukan untuk mempermudah urusan kita. Namun, sayangnya pasti ada-ada saja orang lain yang dengan sembarangan menggunakan wifi tanpa izin. Mematikan wifi orang lain dari pc melalui Huawei, bisa dilakukan dengan mudah. 

Anda jadi bisa mengatur siapa saja yang boleh menggunakan wifi anda.

Akses jaringan yang semakin lambat menjadikan aktivitas berselancar anda di internet terganggu. Apalagi jika kepentingan sedang mendesak. 

Sebenarnya, sudah tersedia banyak aplikasi yang membantu anda untuk mengontrol para pengguna wifi anda. 

Namun, biasanya penggunaannya masih terlalu ribet dan anda butuh mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Terlebih jika ingin menggunakan semua fitur, harus membayar lisensi terlebih dahulu.

Mematikan Wifi Orang Lain dari Pc melalui Huawei

Modem wifi Huawei sejatinya sudah menyediakan fitur agar dapat melihat siapa saja penggunanya. Modem ini juga bisa mengatur siapa saja yang bisa connect, dan itu artinya anda bisa membatasi penggunanya. 

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk pengatur penggunaannya:

1. Login ke Modem Huawei anda dengan internet

Langkah pertama, anda harus membuka browser di pc anda, lalu masukkan IP modem default “192.168.100.1”. Jika sudah, tekan enter dan login.

2. Masuk menu Advanced

Ketika login anda sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah pilih menu Advanced, kemudian pilih Security.

3. Blokir pengguna lain

Ketika anda sudah meng-klik opsi Security, akan ada banyak opsi lain. Pilih Wi-Fi MAC Filtering, fungsinya adalah untuk membatasi siapa saja pengguna wifi anda.

4. Tulis MAC Address perangkat yang ingin dibatasi

Setelah memasuki opsi Wi-Fi MAC Filtering, klik tombol New, dan tuliskan MAC Address pengguna yang ingin anda blokir. Anda harus sudah mengetahui alamat MAC pengguna. 

Jika belum, simak langkah-langkah di bawah. 

Setelah anda menuliskan alamat MAC pengguna, klik Apply untuk memblokir pengguna Wi-Fi anda.

5. Selesai

Setelah meng-apply, pengguna tidak akan bisa lagi menggunakan akses wifi modem anda. Anda bisa melihatnya di daftar yang terblokir.

Cara Mengetahui MAC Address Pengguna Lain di Modem Huawei

Jika anda ingin membatasi pengguna wifi anda, anda harus mengikuti langkah-langkah di atas. Anda juga perlu memasukkan alamat MAC pengguna yang ingin anda blokir. 

Langkah yang harus anda lakukan jika anda belum mengetahui alamat MAC pengguna wifi anda, anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.    Login ke Modem Wifi Huawei Anda

Anda harus login dulu ke modem wifi Huawei anda. Jika sudah, di sebelah kanan Home Page, anda akan menemukan informasi mengenai modem wifi. Klik Wi-Fi devices.

2.    Klik Menu Details

Anda akan menemukan pilihan-pilihan perangkat yang menggunakan akses wifi anda. Pilih salah satu, lalu klik tombol Details. 

Anda bisa melihat informasi mengenai perangkat yang anda cari, ada pilihan Host Name, Device Type, IP Address dan MAC Address. Nah, MAC Address tersebut adalah alamat yang anda cari.

Jika anda menggunakan modem jenis lain, mungkin masih bisa mencoba menggunakan langkah-langkah di atas, yang pasti memiliki sedikit perbedaan pada tampilannya saja. 

Untuk lebih simpelnya lagi, anda bisa mengubah secara rutin password wifi anda jika dirasa sudah banyak orang yang tahu password anda, atau bisa diubah setiap 20 hari sekali. Itu dia cara mematikan wifi orang lain dari Pc melalui Huawei. 

Semoga bermanfaat.