Sudah Instal IDM Tapi Tidak Bisa Download? Ini Dia Solusi dan Cara Mengatasinya!

Swarariau.com, Teknologi -- Kalian pengguna aktif internet? Jika iya kalian harus mengenal fitur IDM yang akan membantu kalian dalam melakukan unduhan file.

IDM merupakan salah fitur yang harus dimiliki karena memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membantu proses mengunduh file. 

Bahkan,

Keberadaan Software IDM ini sangat mempermudah seseorang dalam melakukan download. Misalnya saja donwload video di YouTube ataupun Platform lainnya.

Oh ya,

Pada artikel admin sebelumnya juga sudah ada bahasan Cara Mengatasi File Streaming Tidak Bisa Download Pakai IDM? Hal ini sangat sering terjadi. Jika kalian mengalaminya maka bisa membaca artikel tersebut.

So,

Kembali ke topik pembahasan kita lagi,

Sudah Instal IDM Tapi Tidak Bisa Download

Instal IDM Tapi Tidak Bisa Download
Instal IDM Tapi Tidak Bisa Download

Kendala mengenai IDM memang tidak pernah ada habisnya. Memang IDM merupakan suatu software yang dapat berfungsi untuk mempercepat dan meringankan proses download atau streaming. 

Tetapi di balik kemudahannya juga ada saja kendala dan risiko di balik itu.

Oleh karena itu artikel ini hadir untuk membantu kalian bangkit dari masalah yang akan kalian hadapi ketika menggunakan IDM ini.

Ketika kalian sudah menginstal IDM ini pasti pernah mengalami kendala entah karena IDM tidak muncul atau tidak aktif. Hal itu biasanya disebabkan oleh error yang terjadi pada IDM walaupun sudah didownload.

Banyak cara yang dapat dilakukan seperti me-refresh, me-restart hingga menginstal ulang

Untuk lebih lanjut lagi, kalian harus menyimak artikel ini hingga tuntas ya!!

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di IDM Meski Sudah di Instal

Nah, ketika kamu menemukan permasalahan ini maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya IDM yang sudah kamu instal tersebut dapat berfungsi dengan normal.

Beberapa hal tersebut sudah admin rangkum dalam beberapa penjelasan berikut ini:

Restart IDM

Walaupun IDM sudah diinstal, tetap saja masih ada IDM yang tidak digunakan. Cara yang dapat kalian lakukan yang pertama adalah dengan cara me-restart IDMnya. 

Caranya sangat mudah sekali cukup cari ikon IDM melalui sistem tray icon yang letaknya ada di bawah kanan windows. Setelah itu pilih tanda segitiga dan pilih exit dengan mengeklik kanan ikon IDM terlebih dahulu.

Lalu cari dan pilihlah shortcut pada homescreen untuk membuka dan mengaktifkan kembali IDM.

Restart Komputer

Bagi kalian pengguna laptop atau komputer, jika ada kendala mengenai IDM cobalah cara yang satu ini dengan me-restart komputer atau laptop kalian.

Dengan melakukan restart sama saja dengan melakukan refresh pada semua sistem. Sehingga ketika laptop atau komputer sedang mengalami error atau bug dapat teratasi sekaligus.

Caranya sangat mudah sekali cukup cari menu kemudian pilih restart, tunggu hingga komputer kalian menyala kembali.

Restart Windows Explorer

Kalian pasti bertanya bukan kenapa me-restart windows explorer dapat mempengaruhi IDM. Hal ini dapat terjadi karena file hasil unduhan tersebut akan tersimpan di windows pengaturan.
Nah, jika windows mengalami error atau bug maka akan sangat berpengaruh. Oleh karena itu kalian harus me-restart  windows tersebut.

Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menekan CTRL + SHIFT + ESC pada task manager. Lalu cari Explorer.exe pada tab processes.

Setelah itu pilih opsi end process pada opsi. Langkah terakhirnya adalah dengan membuka kembali windows explorer.

Install Kembali IDM

Jika restart yang sudah kalian lakukan sebelumnya masih belum mendapatkan pengaruh, maka cobalah cara ini dengan menghapus kemudian menginstal kembali IDM Karena biasanya IDM sendiri akan mengalami corrupt apabila tidak terunduh secara sempurna.

Jika sudah jangan lupa untuk membersihkan file sisa atau sampah yang masih tersisa dengan menggunakan pembersih seperti CC Cleaner. Jika sudah langsung saja kalian instal kembali IDMnya.

Update IDM Ke Versi Paling Baru

Seperti aplikasi lainnya, IDM pun juga harus selalu di-update untuk dapat mendapatkan dan menikmati fitur terbaru yang telah diperbaharui.

Caranya sangat mudah yaitu dengan memilih bagian check for updates kemudian klik pada menu help. Nah di sana akan tersedia bagian update “cek update”.

Sudah instal IDM tapi tidak bisa download memang menjadi masalah yang cukup menyusahkan. Akan tetapi jangan khawatir, artikel ini sangat dapat membantu kendala kalian. Selamat mencoba!