Cara Menghilangkan Status Online di Whatsapp Agar Tak Terganggu Chat, Wajib Kamu Coba!

Menghilangkan Status Online di Whatsapp
Menghilangkan Status Online di Whatsapp

Swarariau.com, Teknologi -- Sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer, dengan pengguna lebih dari 500 juta wajar jika banyak yang tergantung dengan aplikasi ini. 

Apalagi tersedia fitur menarik di dalamnya. Tapi, ada kalanya Anda ingin menyendiri dan perlu cara menghilangkan status online di Whatsapp supaya tak terganggu chat tak penting.

Aplikasi ini memang memiliki fitur yang akan menampilkan status online pengguna, yang sedang membuka aplikasi tersebut. 

Makanya, akan lebih mudah bagi orang lain untuk mengirim chat atau menelepon ketika mengetahui seseorang sedang online. 

Beruntung, ada cara yang bisa menyembunyikan status online tersebut.

Begini Langkah Untuk Menghilangkan Status Online di Whatsapp

Buat Anda para pengguna baru yang belum paham dengan fitur hide status atau selama ini terbiasa pakai pengaturan default yang akan otomatis menampilkan status online Anda. 

Perlu tahu langkah mudah yang bisa dipakai, ketika tak ingin diganggu dengan chat atau telepon apalagi dari orang yang tidak diinginkan.

  1. Aktifkan aplikasi Whatsapp di HP Anda, kemudian pastikan jaringan internet stabil baik itu menggunakan kuota internet maupun Wifi.
  2. Setelah itu buka halaman chat pada akun Anda, pilih ikon tiga titik vertikal yang terdapat di pojok kanan atas layar HP.
  3. Pilih menu setting yang terdapat pada deretan menu.
  4. Lalu Anda pilih menu privacy yang tersedia, lanjutkan dengan memilih last seen pada daftar menu tersebut.
  5. Anda tinggal memilih opsi no one yang artinya, tidak ada orang yang bisa melihat lagi kapan Anda sedang online atau tidak.

Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, maka otomatis Anda juga tidak akan bisa melihat status online dari orang lain yang ada pada daftar kontak Whatsapp.

Lebih Praktis, Anda Bisa Pakai Salah Satu Dari 4 Cara Ini

Jika hanya menghindari satu atau dua orang saja agar tidak tahu kapan Anda online, maka ada beberapa langkah cerdas yang bisa dilakukan. Tanpa harus mengaktifkan fitur privacy di atas sehingga chat dengan yang lain tetap lancar.

1. Read Receipts

Ada fitur lain yang juga bisa dijadikan pilihan, untuk menghilangkan status online akun Whatsapp Anda. 

Yaitu read receipt dengan cara:

  1. Buka akun Whatsapp Anda, kemudian masuk kembali ke menu setting dan pilih privacy. Pada bagian bawah menu tersebut terdapat fitur read receipts.
  2. Aktifkan fitur tersebut dengan mengarahkan ikon bulat di sampingnya ke arah kanan.

Fitur ini fungsinya akan menyembunyikan status online Anda dari semua kontak, termasuk jam terakhir Anda membuka akun tersebut. Jadi, akan sangat aman untuk menggunakannya.

2. Blokir Nomor

Cara ini bisa dipakai ketika Anda hanya ingin menghindari komunikasi, dari beberapa orang. 

Dimana bukan saja status online yang tidak akan terlihat oleh orang tersebut, tapi dia juga tidak bisa menerima dan mengirim chat ke akun Whatsapp Anda.

3. Langsung Balas Dari Pemberitahuan Halaman Depan HP

Untuk yang lebih praktis, Anda bisa langsung membalas chat orang yang diinginkan langsung dari notifikasi Whatsapp yang tampil di halaman utama HP. 

Saat ini, kebanyakan HP sudah memiliki fitur ini, dimana setiap notifikasi chat yang masuk bisa diabaikan atau langsung dibalas tanpa harus membuka aplikasi Whatsapp.

4. Maksimalkan Fitur Pesawat

Satu lagi cara yang bisa Anda pilih, yaitu dengan mengaktifkan fitur pesawat supaya koneksi internet berhenti sementara. 

Kemudian Anda bisa membuka akun Whatsapp jika ingin membalas chat seseorang, jika sudah terkirim maka tinggal keluar lagi dari akun Whatsapp.

Lalu tinggal nonaktifkan fitur pesawat agar pesan terkirim, tanpa ada yang tahu status Anda sedang online atau tidak.

Jadi, bukan hal tabu lagi bagi Anda untuk menghilangkan status online di Whatsapp jika memang tak ingin terganggu oleh chat orang lain. 

Tinggal pilih, cara mana yang ingin digunakan, pakai langkah yang tersedia dan Anda jadi lebih nyaman menggunakan aplikasi tersebut tanpa terganggu.