Ingin Pasang Anti Spam FB? Begini Caranya Paling Mudahnya!

Swarariau.com, Teknologi -- Bagaimana pasang anti spam FB agar tidak diblokir? Ketika ingin membagikan suatu tautan ke Facebook, kita tidak boleh asal menyebarkan link tersebut, karena Facebook mempunyai aturan sendiri yang harus ditaati oleh penggunanya. 

Konten-konten yang memicu SARA, pornografi, asusila, kekerasan, dan tindakan negatif lainnya secara langsung akan dianggap spam bahkan diblokir oleh pihak Facebook.

Lantas bagaimana jika konten yang kita bagikan tidak terdapat unsur negatif, tetapi tetap dianggap spam? Di bawah ini adalah cara agar terhindar dari spam atau blokiran Facebook.

3 Cara Pasang Anti Spam FB

Pasang Anti Spam FB
Pasang Anti Spam FB

Menggunakan shorten link

Apa itu shorten link? Cara membagikan tautan dengan memperpendek Urlnya tanpa harus informasinya berubah. Dengan membagikan link pendek ini akan dianggap kredibel dan konten yang dibagikan tidak akan bermasalah.

Shorten link yang dimaksud seperti bit.ly dan tinyUrl, tetapi yang paling sering digunakan untuk saat ini adalah bit.ly. Untuk menggunakannya pun sangat mudah dan meskipun berbayar, tetapi kita bisa menggunakan fitur gratis di dalamnya. 

Berikut adalah cara penggunaan shorten link:

  1. Mengunjungi website penyedia, misalnya bit.ly atau tinyUrl
  2. Di kolom shorten your link, masukkan tautan yang akan dipotong, lalu klik tombol shorten
  3. Kemudian tautan tersebut disalin dan dibagikan ke halaman Facebook yang diinginkan.

Membuat akun fanspage di Facebook

Dengan membuat akun fanspage di Facebook bisa juga lho menghilangkan spam. Fanspage ini sangat mendukung pembagian tautan. 

Hal ini dibuktikan dengan tautan yang dibagikan pada halaman grup akan dengan mudah dinaikkan dan kontennya akan dijelaskan dengan mudah. 

Makanya kita akan leluasa ketika menyebarkan tautan melalui fanspage. Asalkan kita tetap mematuhi aturan komunitas yang berlaku ya.

Tidak hanya itu, dengan adanya fanspage kamu bisa lho membuat iklan di sana. Lalu bagaimana cara membuat fanspage? 

Ikuti caranya!

  1. Bukalah akun Facebookmu
  2. Klik menu lalu klik buat fanspage. Kemudian pilihlah jenis fanspage apa yang ingin dibuat, seperti bisnis atau komunitas. Lalu klik mulai
  3. Mengisi informasi mengenai nama dan kategori halaman yang diinginkan
  4. Aturlah akun fanspage sesuai keinginan, seperti mengunggah foto dan menjelaskan apa maksud halaman tersebut, beserta data dan informasi utama.

Gunakan Strategi Marketing

Meskipun kebijakan aturan telah kamu taati semaksimal mungkin, tetapi kamu masih bisa terkena spam lho. 

Sebab ketika kamu menyebarkan tautan tersebut, bisa saja di dalam tautan ada konten yang tidak layak, lalu ada anggota lain yang terganggu kemudian melaporkan tautan tersebut. 

Oleh sebab itu, jangan hanya menyebar alamat URLnya saja, tambahkan pula kata-kata yang menarik.

Kamu bisa menambahkan beberapa kalimat untuk mendukung tautan tersebut, seperti menjelaskan apa tujuan dan manfaat konten dalam tautan yang kamu bagikan. Dengan begitu, para anggota grup akan tertarik dan tidak terganggu dengan link tersebut. 

Akan tetapi, jika kamu berada di situs besar seperti grup, tribun dan sejenis, kamu boleh hanya menaruh linknya saja tanpa harus menambahkan beberapa kalimat.

Sialnya, jika kamu telah menaati peraturan komunitas yang ada, lalu ada banyak orang yang tidak suka dengan konten yang kamu bagikan, maka kontenmu itu akan dimasukkan ke dalam daftar hitam.

Tenang saja, apabila kamu tidak pernah melanggar peraturannya, kamu bisa lho melakukan banding ke Facebook. Kamu bisa melaporkannya melalui fitur layanan bantuan Facebook. 

Setelah itu akan muncul formulir yang di dalamnya dijelaskan bahwa konten yang kamu bagikan tidak melanggar peraturan komunitas, lalu isi formulir tersebut.

Jadi, kamu tak perlu takut lagi untuk membagikan sebuah tautan, sebab ada banyak cara pasang anti spam FB yang dapat kamu coba. 

Asal kamu bisa menaati aturan komunitas, maka kontenmu tidak akan dilaporkan dan tidak akan masuk ke daftar hitam. Selamat mencoba.