Cara Menjalankan Service Protexis Licensing Service Pada Perangkat Komputer

Menjalankan Service Protexis Licensing Service
Menjalankan Service Protexis Licensing Service

Swarariau.com, Teknologi -- Sebelum mengetahui cara menjalankan service Protexis Licensing Service, Anda lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa itu Protexis Licensing Service atau biasa disingkat PLS. 

PLS adalah sebuah program milik Protexis yang memiliki peran untuk melindungi software pihak ketiga dari penggandaan ilegal. 

Software ini biasanya sudah terinstal di perangkat komputer Anda dengan nama PSIService.exe, jika Anda pernah memakai OS Windows dan menginstall software milik Corel, baik yang masih trial maupun yang sudah resmi. 

PLS memiliki cara kerja yang mirip dengan spyware, yaitu mengumpulkan semua informasi milik pengguna dari suatu software, lalu mengirim informasi tersebut kepada pusat informasi dari software tersebut.

Beberapa software yang menggunakan jasa PLS adalah Corel Paint Shop Pro dan beberapa produk Corel lainnya.

Program Protexis Licensing Service ini berjalan saat Windows melakukan booting, sehingga berpengaruh pada proses booting Windows tersebut. 

Jika perangkat komputer Anda menginstal produk software dari Corel dan menghapus program PLS maka software tersebut tidak dapat dijalankan. 

Di layar komputer Anda akan muncul peringatan bahwa software yang Anda gunakan adalah ilegal. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memasang PSL sebelum menggunakan produk Corel.

Cara Menjalankan Service Protexis Licensing Service

Jika Anda tidak menjalankan Protexis Licensing Service berakibat Anda akan gagal dalam menjalankan software produk Corel. 

Sebagai contoh jika Anda menjalankan produk software CorelDraw dan  PLS tidak dijalankan maka akan muncul peringatan error 38. 

Oleh sebab itu Anda harus menjalankan service dari PLS, berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama buka jendela run (windows+r). Kemudian ketikkan perintah services.msc.
  2. Kemudian cari file bernama Protexis Licensing V2 klik kanan lalu pilih start.
  3. Tunggu selama 1 hingga 2 menit, kemudian Anda dapat mencoba membuka kembali aplikasi Corel Anda.

Agar peringatan error 38 tidak lagi muncul setiap Anda membuka Software Corel, Anda dapat melakukan klik kanan pada Protexing Licensing V2 lalu pilih properties, kemudian pada tab general di bagian Startup Type pilih Automatic, kemudian pada bagian bawah yaitu pada bagian service status pilih start. 

Jika dalam perangkat komputer Anda tidak terdapat Protexis Licensing Service maka Anda dapat mengunduh dan menginstall terlebih dahulu.

  1. Dalam file berbentuk RAR dari hasil mengunduh PLS maka terdapat 3 file yaitu PSlKey_2.dll, PsiService_2.exe dan REG_Protexis_licensing.reg
  2. Kemudian salin PSIKey_2.dll dan PsiService_2.exe ke C:\Program Files\Common Files\Protexis\License Service
  3. Lakukan Registrasi file REG_Protexis_licensing.reg dengan cara mengklik 2 kali, lalu akan muncul notifikasi untuk menambahkan file tersebut pada Registry Editor lalu klik Yes.
  4. Terakhir reboot ulang komputer Anda. Lalu setelah selesai, buka jendela run, ketikkan services.msc, kemudian klik kanan pada properties dan pada startup type kemudian pilih automatic.

Cara Menghapus Protexing Licensing Service di Komputer

Komputer yang sudah pernah menginstall produk Corel, maka Program Protexis Licensing Service di dalamnya masih tetap ada walaupun Anda sudah menghapus software Corel dari perangkat komputer Anda. 

Anda tidak usah khawatir karena Anda dapat menghapus program Protexis Licensing Service yang ada di komputer Anda. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Langkah pertama Anda dapat membuka jendela Running (Windows+R)
  2. Kemudian ketik regedit
  3. Lakukan backup pada registry Anda.
  4. Lalu hapus entri registry berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\ProtexisLicensing]
  5. Lakukan booting pada komputer Anda.
  6. Kemudian hapus file berikut : %windir%\System32\PSIService.exe , %windir%\System32\PSIKey.exe

Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda terkait dengan service dari Protexis Licensing Service di perangkat Anda. 

Dengan mengetahui cara menjalankan service Protexis Licensing Service, Anda dapat memaksimalkan penggunaan software produk Corel pada perangkat Anda.