Cara Ganti Cartridge Epson L3110 Termudah, Tak Perlu Bawa Ke Tempat Service!

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Cara ganti cartridge Epson L3110 sangat mudah dilakukan. Merek Epson merupakan salah satu merek printer yang cukup terkenal. Perusahaan asal Jepang, Seiko Epson ini memproduksi beberapa produk untuk printer dan berbagai macam produk elektronik lainnya.

Permintaan printer merek Epson juga cukup banyak karena harganya yang cukup terjangkau dan kualitas hasil gambar yang mumpuni.

Cartridge merupakan komponen printer yang sangat penting. Fungsinya yaitu untuk menampung tinta dan mencetak dokumen atau gambar yang diperlukan.

Cartridge biasanya berbentuk seperti kotak dan akan mengeluarkan tinta di ujungnya. Maka dari itulah dokumen dapat di cetak di atas kertas putih.

Seringkali pemilik printer kesulitan untuk mengganti cartridge yang mereka punya sehingga kesulitan untuk melakukan printing dokumen.

Untuk itulah maka Anda yang mengoperasikan dan memiliki printer harus bisa mengganti cartridge sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Ganti Cartridge Epson L3110

Cara Ganti Cartridge Epson L3110
Cara Ganti Cartridge Epson L3110

Berikut ini, sudah admin urutan dengan rapi bagaimana Cara Ganti Cartridge Epson L3110 dengan mudah.

Kamu tinggal ikuti aja beberapa langkah ini, simak ulasan selengkapnya:

  1. Buka casing printer Epson L3110. Selanjutnya buka cartridge cover yang berfungsi untuk melindungi  cartridge. Lepaskan semua selang tinta yang melekat pada cartridge.
  2. Lepaskan casing printer, screw atau baut casing, dan semua bagian yang menghalangi Anda untuk membuka cartridge.
  3. Pada bagian samping printer akan tampak seperti sebuah pengait jika Anda sudah melepaskan baut casing. Lepas juga menggunakan obeng sehingga Anda akan siap untuk mengganti cartridge.
  4. Anda juga perlu memperhatikan di sisi kanan dan kiri dari cartridge akan ditemukan pengait yang berfungsi untuk memasang cartridge dengan kuat. Lepas pengait tersebut agar Anda dapat mengganti cartridge dengan baik.
  5. Selain itu pada bagian head cartridge akan terdapat baut dan selanjutnya cabut kabel head. Anda harus melakukannya dengan perlahan agar tidak merusak keseluruhan printer.
  6. Selanjutnya pasang head yang baru untuk mengganti yang rusak atau lama.

Biasanya cartridge head Epson rusak ditandai dengan hasil cetakan yang putus-putus, buram, bergaris.

Bahkan juga bisa tidak ada tinta yang keluar sama sekali sehingga Anda tidak dapat melakukan printing.

Untuk merawatnya Anda harus rajin melakukan cleaning sehingga head tidak kotor. Selain itu juga jangan memaksa printer bekerja terlalu keras.

Apabila sudah mencapai batas printing maka sebaiknya printer diistirahatkan terlebih dahulu sehingga tidak cepat rusak.

Mengganti Tinta Epson L3110

Selain mengganti cartridge, hal yang juga harus mampu dilakukan oleh pemilik dan pengguna printer adalah mengganti tinta.

Biasanya apabila habis, printer akan mengeluarkan pemberitahuan untuk menambah atau refill tinta.

Beberapa langkah yang dapat diikuti yaitu:

  1. Buka tutup tinta yang ada di bagian depan printer.
  2. Disana akan terdapat berbagai warna tinta dan ingat jangan sampai salah memasukkan warna karena akan merusak printer.
  3. Buka tutup botol kotak tinta yang akan diisi ulang. Selalu perhatikan warnanya.
  4. Buka tinta isi ulang dan tuangkan ke dalam kotak tinta printer yang kosong. Hati-hati saat menuangkan tinta jangan sampai terciprat dan meluber ke tempat yang lain.
  5. Selanjutnya cabut tutup botol isi ulang dan tutup kembali kotak tinta di dalam printer.
  6. Tutup kembali tutup tinta di bagian depan printer dan selanjutnya printer siap untuk digunakan.

Itulah cara ganti cartridge Epson L3110 dan mengisi ulang tinta.Semuanya mudah dilakukan karena Epson sudah melengkapi fitur isi ulang tinta yang mudah dilakukan.

Selain itu juga dalam mengganti head cartridge cukup mudah dilakukan sehingga Anda nyaman dalam menggunakan printer merek Epson.