[UPDATE] 14 Cara Mengatasi Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error, Mudah Kok!

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error.

Printer Epson 1390 merupakan printer keluaran Epson yang memiliki 6 sistem warna sehingga akan menghasilkan gambar yang bagus, di antaranya yaitu warna kuning, hitam, light cyan, cyan, light magentadan magenta.

Printer ini juga bisa digunakan untuk kertas yang berukuran A3.

Printer ini memiliki banyak fitur canggih yang panjang jika dijelaskan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa sehebat apapun sebuah teknologi pasti ada kalanya mengalami error atau kerusakan.

Seperti pada Printer Epson 1390, frekuensi pemakaian yang cukup besar dalam jangka waktu yang lama, baik hardware maupun software nantinya akan mengalami kerusakan.

Ada banyak penyebab mengapa Printer Epson 1390 dapat mengalami kerusakan namun dengan indikator error yang sama.

Berikut penjelasannya:

Cara Mengatasi Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error

Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error
Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error

Ada beberapa penjelasan Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error ini kalian harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi petunjuk dalam melakukan perbaikan error.

Kalian harus memperhatikan setiap langkahnya dengan detail hingga memahami setiap langkah yang akan kalian lakukan.

Nah,

Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan imak cara untuk mengatasi general error yang terjadi pada Printer Epson Stylus Photo 1390 berikut ini.

  1. Hubungkan printer dengan komputer dan kabel usbnya. Kemudian hidupkan printer sampai terjadi general error.
  2. Pada laptop atau komputer yang terhubung dengan printer, bukalah program “Adjustment”atau “resetter 1390” ketika printer dalam keadaan blinking.
  3. Agar program dapat bekerja, rubah tanggal yang ada di laptop atau komputer sesuai dengan tanggal modified pada resetter.
  4. Klik “Accept saat program “Adjustment” terbuka.
  5. Pilih menu “Particular Adjustment Mode”.
  6. Pilih menu “Printer Information Check”.
  7. Selanjutnya akan muncul menu yang berisikan informasi printer yang terhubung ke laptop atau komputer. Pilih tombol “Check” pada Adjustment.
  8. Dari hasil pengecekan menggunakan program Adjustment, maka akan muncul informasi printer.
  9. Program akan melakukan proses pengecekan pada printer setelah sebelumnya kita memilih menu “Printer Information Check”. Jika program telah selesai melakukan pengecekan, makan akan muncul sebuah informasi, contoh informasi yang muncul yaitu “APG Motor Drive Error” atau yang artinya terdapat kerusakan pada bagian komponen APG motor. Hal ini berarti kerusakan terjadi pada sensor atau aspek-aspek lain yang berhubungan dengan APG motor.
  10. Kita bisa langsung fokus ke bagian APG yang terdapat di bagian dalam printer, sehingga harus dibongkar terlebih dahulu casing printer.
  11. Periksa semua bagian-bagian APG motor yang terletak di sisi kiri printer.
  12. Hidupkan printer saat cartridge tinta dalam keadaan terpasang namun casing tetap dalam keadaan terbongkar. Perhatikan proses dari awal sampai terjadinya error.
  13. Bersihkan bagian APG motor seperti sensor dan gir menggunakan kuas, namun perhatikan juga jangan sampai ada yang rontok serta posisi yang berubah. Lepas motor dan diputar dengan tangan untuk melakukan pemeriksaan. Ganti putaran jika terasa berat.
  14. Hidupkan kembali printer setelah selesai dilakukan pembersihan. Jika memang kerusakan terdapat pada APG motor, bisa dipastikan printer akan hidup normal kembali. Pengecekan dapat dilakukan lebih lanjut jika printer masih mengalami kerusakan. 

Gejala Yang Muncul Saat Terjadi Kerusakan Pada Printer Epson 1390

Error Printer Epson 1390
Error Printer Epson 1390

Printer yang masih normal dan tidak mengalami kerusakan umumnya ketika dinyalakan, printer tetap bergerak normal, cartridge akan bergeser ke kiri dan akan kembali ke tempat semula.

Setelah itu cartridge akan bergerak turun-naik.

Namun jika terjadi sebuah kerusakan, akan muncul pesan “Fatal Error”, cartridge tidak bergerak atau tetap diam serta lampu indikator tinta dan paper jam yang berkedip dengan cepat.

Dengan adanya hal-hal tersebut, sudah bisa dipastikan printer sedang mengalami kerusakan.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error.

Semoga informasi yang diberikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang akan memperbaiki Printer Epson 1390 saat mengalami kerusakan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tutorial seputar Cara Mengatasi Printer Epson Stylus Photo 1390 General Error yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Beberapa tutorial tersebut memang terlihat mudah dan simple!

Namun,

Kamu harus memahami beberapa hal yang terkait dengan penjelasan yang sudah admin berikan tersebut sehingga pada prakteknya tidak salah.

Ikuti setiap detail langkahnya. Pahami dan aplikasikan pada error yang sedang terjadi pada printer kesayangan kamu.

...Selamat Mencoba ya!