10 Cara Koneksi Wifi Printer Canon G3010, Serta Set Up di Android dan iOS!

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara koneksi wifi printer Canon G3010 dengan mudah. Dan kami berharap artikel ini dapat membantu banyak orang khususnya para pengguna printer dari merek yang satu ini sehingga mereka tidak perlu kebingungan akan hal ini lagi.

Memang bagi sebagian besar orang yang sudah sering menggunakan printer dan memakai fitur wifi printing sebagai kepraktisan dalam mencetak sebuah dokumen, hal ini pasti bukanlah hal yang baru lagi.

Namun, hal ini akan berbeda bagi sebagian besar orang yang belum paham betul mengenai cara mengkoneksikan wifi ke sebuah printer.

Karena printer Canon G3010 itu sendiri termasuk jenis printer yang canggih dan keluaran merek terbaik, jadi untuk menyambungkannya ke sebuah wifi pun tidak akan membutuhkan tahapan yang rumit sehingga kamu bisa menyambungkannya secara mudah.

Hanya saja, kamu perlu untuk mengetahui tahapan-tahapannya dengan benar.

Cara koneksi wifi printer Canon G3010

Cara koneksi wifi printer Canon G3010
Cara koneksi wifi printer Canon G3010

Pembahasan pertama yang akan kami bahas adalah cara setup wifi router printing Canon G3010 pada PC atau laptop.

Yang dimaksud perihal wifi router printing disini adalah sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mencetak dari PC atau laptop melalui jaringan wifi yang terdapat pada unit printer yang terhubung dengan 1 router.

Dengan melakukan metode ini untuk menyambungkan koneksi wifi pada printer Canon G3010, maka hal ini akan membuat kepraktisan penggunanya dalam mencetak dengan beberapa PC atau laptop dalam 1 jaringan saja.

Berikut langkah-langkah atau cara untuk menyambungkan wifi pada printer Canon G3010 dengan menggunakan metode yang satu ini:

  1. Pastikan printer dan perangkatmu dalam keadaan menyala.
  2. Lalu aktifkan network/wireless pada printer dengan menekan tombol network di panel printer.
  3. Tunggu hingga layar LCD pada panel menunjukkan signal bar.
  4. Install driver printer Canon G3010.
  5. Pada saat proses pemasangan, maka akan muncul tampilan checking the printer status dimana driver yang telah terpasang di perangkat akan memeriksa koneksi dengan printer.
  6. Setelah itu akan muncul tampilan yang berbunyi “Check the Connection Method”. Selain itu, tampilan juga akan memperlihatkan informasi perihal nama printer dan nomor serialnya.
  7. Ketika printer dan perangkat sudah terhubung dengan jaringan yang sama, maka akan muncul gambar yang memperlihatkan bahwa perangkat dan printer sudah terhubung dengan jaringan tersebut.
  8. Klik tombol YES.
  9. Setelah itu kamu bisa melanjutkannya dengan melakukan test print.
  10. Jika kamu berhasil mencetak, maka itu mengartikan bahwa perangkat milikmu sudah terhubung dengan printer melalui wifi router.

Cara Set Up Wifi Router Printing Canon G3010 di smartphone Android dan IOS

Set Up Wifi Router Printing Canon G3010 di smartphone Android dan IOS
Set Up Wifi Router Printing Canon G3010 di smartphone Android dan IOS

Masih belum banyak orang yang tahu bahwa kamu juga bisa menggunakan setup wifi router printing Canon G3010 di smartphone yang berbasis Android dan IOS.

Berikut cara lengkapnya:

  1. Langkah pertama adalah memastikan printer sudah dalam keadaan menyala.
  2. Aktifkan network atau wireless pada printer dengan menekan tombol network yang terdapat di panel printer.
  3. Tunggu hingga layar LCD pada panel menunjukkan signal bar.
  4. Lalu unduh dan pasang aplikasi Canon print di Playstore atau Appstore pada smartphone milikmu.
  5. Setelah itu pastikan smartphone dan printer milikmu sudah terhubung dengan 1 router yang sama.
  6. Kemudian buka aplikasi yang terpasang tadi, maka akan muncul tampilan yang berbunyi “Do you want to search for available printers” untuk mencari printer yang tersedia di dalam jaringan.
  7. Klik tombol YES.
  8. Jika muncul pesan “Printer could not be found” kamu tidak usah panik dulu, kamu tinggal klik tombol OK.
  9. Setelah itu akan muncul tampilan yang berbunyi “Register printer” maka akan otomatis mencari printer tersedia, biasanya membutuhkan waktu hanya beberapa detik saja.
  10. Selanjutnya klik printer Canon G3010.
  11. Tunggu proses sinkronisasi selama beberapa saat. Selesai.
  12. Langkah terakhir, kamu hanya perlu mencoba mencetak dengan printer tersebut.

Bagaimana, mudah dan praktis kan? Jika kamu memiliki printer Canon G3010, kamu bisa mencoba cara koneksi wifi printer Canon G3010 yang ada di atas.

Sebab, untuk menggunakan cara ini, kamu bisa melakukannya baik di rumah maupun di kantor dengan mudah.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan terkait Cara Koneksi Wifi Printer Canon G3010 Serta bagaimana untuk melakukan Set Up pada smartphone Android dan iOS kamu.

Perhatikan semua langkahnya!

Ketika kamu mencoba melakukan ini maka admin menyarankan untuk benar-benar memperhatikan setiap langkah yang ada diatas.

Dengan begitu,

Akan lebih mudah untuk kamu bisa melakukan pengaturan Wifi di printer G3010 milik kamu dengan dikerjakan sendiri di kamar.

Cukup mudah banget kok!