[100% WORK] Cara Memperbaiki Error 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred

Swarariau.com, Teknologi -- Hi sahabat Swarariau.com, mungkin kalian adalah orang yang selalu berhubungan dengan Laptop, komputer dan berbagai jenis peralatan elektronik lainnya dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Tentunya,

Berbagai error akan kamu temui dalam beraktifitas dengan berbagai peralatan atau perangkat elektronik kamu.

Misalnya,

Kamu menemukan STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred dan sedikit terlihat kebingungan bagaimana cara mengatasinya.

Oh ya,

Pada pembahasan sebelumnya, admin juga sempat mengulas masalah error-error yang sering kamu jumpai dalam aktifitas sehari-hari kamu ketika berhubungan dengan berbagai perangkat elektronik yang kamu miliki.

Ada ulasan Kode Error 0x800F081F di Windows 10 yang disebabkan oleh adanya ketidakcocokan pada .NET Framework.

Pembahasan lainnya juga ada Error 0x80071AC3 yang disebabkan ada file yang tersimpan dalam hardisk (flash disk atau hardisk eksternal) yang tidak terbaca oleh windows.

Berbeda dengan yang akan kita ulas pada pembahasan kali ini,

Pada artikel kali ini kita akan fokus pada pembahasan Cara Memperbaiki STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred.

Untuk penjelasan selengkapnya,

Kalian harus simak beberapa hal sebelum masuk pada tutorial cara mengatasinya dengan benar dan cepat, berikut selengkapnya:

Informasi Tentang STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred

STOP 0xc00000e9 An Unexpected IO Error Has Occurred
STOP 0xc00000e9 An Unexpected IO Error Has Occurred

Sebelum masih pada solusi mengatasi STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred ini maka sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu terkait dengan error yang satu ini.

Pada dasarnya,

STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, secara umum kamu bisa melihat beberapa list yang sudah admin buatkan.

Salah satunya, 

Error 0xc00000e9 ini bisa saja menjadi pertanda kegagalan I/O (Input/Output) karena adanya problem hardware, khususnya adalah harddisk (HDD). 

Ini memnyebabkan munculnya Error 0xc00000e9 ini. Kegagalan I/O ini bisa saja disebabkan oleh problem fisik HDD, 

Atau,

Adanya sebuah kerusakan file system yang sebenarnya sudah tersimpan dalam HDD tsb.

Tak hanya itu,

Kamu bisa lihat beberapa penyebab lainnya berikut ini:

  1. Error 0xc00000e9 merupakan bentuk error yang bisa terjadi pada Win XP, Vista, Win 7, Win 8.
  2. Jika error 0xc00000e9 ini muncul saat melakukan clean install (win7/win8), maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada HDD yang terpasang.
  3. Sebaliknya jika error terjadi bukan pada saat proses clean install windows, maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada file sistem-dasar yang diperlukan Windows untuk startup/loading. Meski kemungkinan yang pertama bisa saja terjadi.

Cara Memperbaiki Error 0xc00000e9

Cara Memperbaiki Error 0xc00000e9
Cara Memperbaiki Error 0xc00000e9

Jika kamu sudah memahami beberapa hal yang menjadi penyebab dari Error 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred ini maka kemungkinan besar kamu akan dengan mudah menyelesaikannya.

Dalam artikel ini,

Admin juga sudah merangkum beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi beberapa persoalan seputar Error 0xc00000e9 ini.

So,

Simak beberapa penjelasan berikut ini:

1. Error 0xc00000e9 muncul saat melakukan clean install (win7/win8)

Berikut ini beberapa hal hal bisa kamu lakukan Jika error 0xc00000e9 muncul saat melakukan clean install (win7/win8).

  1. Lakukan pemeriksaan kondisi cd/dvd/usb flashdisk yang digunakan untuk instalasi Windows. 
  2. Kamu harus bisa memastikan bawah kondisinya benar benar normal, bekerja dengan baik dan tidak korup atau lain sebagainya.
  3.  Ketika kamu menggunakan hardisk lebih dari satu maka sebaiknya melepaskan satu dan gunakan hardisk yang sudah terinstal windowsnya saja.
  4. Pastikan bahwa hardisk kamu tidak bad sector maupun bad cluster, maupun kerusakan partisi lainnya yang bisa berakibat tidak hardisk tidak bekerja dengan normal.
  5. Coba alternatif dengan melakukan format ulang (namun kamu harus backup dulu data penting terlebih dahulu), 
  6. Silahkan kamu menjalankan perintah chkdsk dengan menggunakan bantuan PC lain.
  7. Jika tidak memungkinkan memasang HDD ke PC lain, coba
  8. Silahkan download free software (48.3MB) MiniTool Partition Wizard Bootable CD 7.1, lalu
  9. Lanjutkan dengan burning CD untuk membuat cd-bootable.
  10. Atau bisa juga dengan memeriksa kondisi HDD menggunakan software utility dari produsen HDD tsb. yang bisa di-download gratis dari official site-nya.
  11. Setelah melakukan hal di atas, coba ulangi proses installasi windows nya.

2. Jika error 0xc00000e9 terjadi saat Windows startup (loading).

Berbeda dengan cara mengatasi yang pertama tadi, 

Jika error ini terjadi saat kamu sedang proses windows start up atau loading maka sebaiknya kamu kembali memerikan Hardisk kamu.

Selalu pastikan hardisk kamu dalam keadaan normal dan bekerja dengan baik!

Setelah kamu melakukan pengecekan,

Kamu menemukan bahwa kondisi HDD 100% normal dan bekerja dengan baik, maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada Boot Configuration Data (BCD).

Untuk itu,

Kamu harus bisa untuk Memperbaiki Boot Configuration Data (BCD).

Kesimpulan

Demikianlah Cara Memperbaiki STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred yang bisa kamu lakukan dengan sangat sederhana dan mudah.

Pada dasarnya cara ini tidaklah rumit!

Kamu hanya butuh pemahaman dan membaca dengan teliti. Lalu, kamu bisa mengerjakan beberapa langkah yang sudah admin tuliskan.

Oh ya,

Cobalah melakukan berbagai percobaan untuk bisa menambah wawasan kamu seputar beberapa error yang sering terjadi pada perangkat kerja kamu.

Tentunya,

Kita tidak ingin donk pekerjaan tertunda hanya karena beberapa error yang sangat mengganggu dan kamu tidak bisa mengatasinya sendiri.

Semoga,

Beberapa informasi yang sudah admin berikan ini ada manfaat yang bisa kamu terapkan ketika menemukan Error 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred ini.

Selamat mencoba!