Cara Setting Indihome Agar Dapatkan Akses Internet Super Cepat, 100% Work?

Cara Setting Indihome
Cara Setting Indihome

Swarariau.com, Teknologi --
Salah satu cara mendapatkan akses internet super cepat yakni menggunakan Indihome. Jangan khawatir, cara setting Indihome bisa dikatakan mudah dan praktis. 

Banyak pelanggan yang puas setelah memakai jaringan internet Indihome. 

Pada dasarnya, sekarang ini kebutuhan jaringan internet seperti halnya kebutuhan pokok. Dunia online berkembang semakin pesat dari hari ke hari. 

Lewat media sosial, seorang individu dapat menjangkau dimanapun individu lain berada dan lebih dekat.

Cara Setting Indihome

Pada dasarnya Indihome itu sendiri memiliki banyak variasi, disesuaikan dengan kecepatan yang diinginkan. Berikut akan ada pembahasan seputar cara setting Indihome untuk tipe ZTE F609.

1. Memastikan Terhubung Router Indihome

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk pengaturan pada Indihome adalah pastikan router Indihome telah terhubung dengan benar dan tepat. 

Cara menghubungkannya bisa melalui wireless atau wired (LAN). 

Banyak penyebab jaringan internet suka looding lama. Salah satunya dikarenakan sambungan router yang tidak terpasang dengan benar. 

Secara berkala penting untuk mengecek router yang telah terpasang.

2. Aplikasi Browser

Langkah selanjutnya, yakni buka aplikasi browser Anda, maksudnya Chrome atau Mozilla. Biasanya router Indihome sudah disetting DHCP dan menggunakan IP 192.168.1.1 atau juga dapat dicek secara mandiri. 

Cara mengecek IP secara mandiri yakni “Control Panel”, kemudian pilih “Network dan Internet”, dilanjutkan dengan klik “Network Conections”.

Lalu pilih double klik Ethernet yang Anda gunakan (LAN/ WAN). Terakhir pilih “Details”.

Sebelumnya pada tahap akhir memilih “Details”, maka akan muncul IP dan gateway jaringan yang akan digunakan pada modem Indihome. 

Memasukan IP dan gateway harus benar.

3. IP Gateway.

Pada tahap ketiga ini, buka Chrome atau sejenisnya. Lalu masukkan di bagian URL, IP Gateway router modem sesuai yang sedang digunakan, yakni 192.168.0.1. 

Pada tahap ini selanjutnya akan muncul tampilan login pada router.

4. Default User dan Password.

Default user dan password pada Indihome tipe ZTE F609 adalah “user= user” dan” password= user”. Pengetikannya menggunakan huruf kecil semua.

5. Pengaturan

Langkah awal pengaturan yang harus dilakukan, yakni mengatur ulang “mode”. Fungsinya agar akses internet lebih cepat. Untuk itu gunakan mode yang terbaru yakni seri b/g/n.

Cara mendapatkan fitur mode terbaru pada bagian “Network”, lalu WLAN, dan “Basic”. 

Selain itu pilih channel wifi kita. 

Pada dasarnya akan berpengaruh pada kinerja wifi kita. Maksudnya banyaknya wifi di sekitar dapat mengakibatkan interferensi jaringan.

Adanya interferensi jaringan atau tumpang tindih jaringan dengan wifi kita menyebabkan hasil kurang maksimal. 

Channel dianggap bagus jika masih kosong atau memilih channel antara 1,6, dan 11. Hal tersebut karena antar channel berjauhan.

Wifi pada Indihome jika diperuntukan untuk keluarga inti saja atau tidak disebar luaskan, maka gunakan fitur hide SSID. 

Hal ini untuk menghindari wifi digunakan orang lain, sehingga menurunkan daya kecepatan pada jaringan internet. 

Pada hide SSID berlaku autentikasi sebanyak dua kali, yakni memasukkan SSID dan password. Jika tahapannya benar, maka pengguna akan terkoneksi dengan jaringan internet. 

Cara menyetting fitur hide SSID, yakni “Network”, kemudian “Wlan”, lalu “SSID Setting”. Centang bagian “enable hide SSID” dan “enable SSID”. 

Selain itu untuk menjaga perfoma juga bisa dengan membatasi user dengan cara setting di “maximum clients”.

Cara setting Indihome di atas dapat meningkatkan perfoma kecepatan pada jaringan internet Anda. Selain itu wifi Indihome akan terasa lebih privasi saat penggunaannya dan tingkat keamanan data lebih aman.