Cara Setting Kertas Printer Thermal 58 mm untuk Kasir, Ini Trik Paling Mudah Lho!

Kertas Printer Thermal 58
Kertas Printer Thermal 58

Swarariau.com, Teknologi -- Ingin mencetak struk belanjaan sekarang ini semakin mudah caranya. Tidak harus menggunakan printer besar atau perangkat komputer. Anda dapat memanfaatkan printer thermal. Cara setting kertas thermal 58 mm juga mudah dilakukan siapapun.

Harga printer thermal 58 mm juga relatif terjangkau. Printer ini ukurannya kecil dan umumnya banyak digunakan di bagian kasir toko atau swalayan untuk kebutuhan struk.

Jika Anda ingin memulai usaha jual beli barang, printer thermal ini direkomendasikan.

Cara Setting Kertas Printer Thermal 58 mm

Ukurannya yang kecil tidak seperti printer pada umumnya menjadikan semua orang mudah bisa menggunakannya. 

Berikut beberapa tahapan untuk mengatur settingan printer ini.

1. Tempatkan Kertas dengan Tepat.

Penting untuk menyiapkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak di printer thermal. 

Kertas tersebut berbentuk gulungan panjang yang dapat Anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko. Pastikan ukurannya benar saat membeli.

Jenis ukuran dan nama kertas pada printer thermal sangat bervariasi, seperti ukuran kertas printer thermal panda, ukuran kertas printer thermal bluetooth, ukuran kertas printer thermal bluetooth mini, dan ukuran kertas printer thermal 58 mm.

Jika telah memiliki kertas tersebut, langkah pertama dengan meletakan kertas di printer thermal. Saat memasukkan, pastikan posisinya telah benar. 

Hal tersebut untuk menghindari kertas menyangkut di dalam printer.

2. Sinkronkan Tulisan yang Ingin Dicetak.

Printer thermal membutuhkan media yang akan digunakan untuk mengedit isi tulisan dan menyingkronkan data yang ingin dicetak pada printer thermal. 

Media tersebut bisa menggunakan komputer, laptop, atau  smartphone.

3. Pelajari Jenis Printer Thermal dan Download RAWBT DRIVER.

Banyaknya jenis printer thermal menjadikan pengguna harus memahami terlebih dahulu cara penggunaan printer ini. 

Hal tersebut akan membantu untuk memahami dengan mudah cara setting kertas thermal 58 mm. 

Jenis printer thermal juga bervariasi, diantaranya printer thermal bluetooth, printer thermal USB, printer thermal GP-5890X dan masih banyak lagi. 

Cara setting pada printer thermal bluetooth dan printer thermal USB hampir sama menggunakan OTG.

Media yang digunakan untuk menyingkronkan dengan printer thermal harus melalui aplikasi RAWBT DRIVER. Melalui aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengedit hasil tulisan yang ingin dicetak pada printer thermal. 

Menariknya dari aplikasi ini, saat ingin menghubungkan dengan printer thermal, dapat dengan cara via Wifi atau Ethernet. 

Sehingga Anda tidak perlu mendownload banyak aplikasi tambahan.

4. Setting Kertas Dokumen.

Sebelum kertas dicetak di printer thermal, terlebih dahulu harus diatur pengaturannya pada dokumen yang akan dicetak. Caranya buka dokumen yang ingin dicetak, lalu pilih menu “Page Layout”. 

Pilih ukuran kertas dengan cara tunggu hingga muncul dua pilihan ukuran. Jika Anda ingin mencetak di ukuran 58 mm, maka klik pada menu ukuran 58 mm. 

Indent bagian kiri dan kanan atur menjadi -0,8. Untuk spacing before dan after pilih bagian auto.

Pada dasarnya cara membuat pengaturan di Word dan Excel pada kertas ukuran 58 mm sama saja. Jika menggunakan Excel, maka cari menu “Page Layout” dan pilih ukuran kertas 58 mm. 

Pada menu pilihan tersebut terdapat beberapa pilihan ukuran.

5. Pengaturan Printer Thermal.

Langkah terakhir dengan cara mengatur kembali kertas di pengaturan printer thermal. Hal tersebut sebagai cara menyingkronkan pengaturan dokumen dengan printer. 

Tujuannya agar hasil cetakan di posisi yang tepat, dan tidak melenceng.

Pilih menu “Page Size”, kemudian pilih ukuran kertas 58 x 297 mm. Pada menu bagian orientation pilih landscape atau portrait sesuai bentuk dokumen yang diinginkan. 

Menu Width dan height atur menjadi 80%. Terakhir klik “Ok” dan cetak dokumen tersebut. 

Cara setting kertas thermal 58 mm cukup mudah caranya. Secara garis besar caranya hampir sama dengan mencetak di printer besar pada umumnya. 

Hanya berbeda di menu pilihan ukuran kertas.