8 Cara Setting Router TP Link Paling Mudah dan Cepat, Coba Buktikan Sekarang!

Cara Setting Router TP Link
Cara Setting Router TP Link

Swarariau.com, Teknologi -- Sudah punya router link di rumah, tapi bingung cara menyettingnya? Anda tidak sendirian, sebab sebagian besar orang belum banyak paham tentang cara setting router tp link. 

Router dan wifie kini jadi kebutuhan penting. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam menyeting Router TP Link ini.

Pada dasarnya,

Ketika kamu menggunakan Router TP Link ini maka penggunaan wifi dianggap lebih hemat dibandingkan harus membeli paket internet setiap waktu tertentu agar bisa berselancar di dunia maya. 

Kamu akan lebih bebas berselancar di Internet dengan konektivitas internet yang lancar dan bagus. Semua orang pasti menginginkan berinternet dengan lancarkan?

Jaringan wifi pun dirasa cukup kuat untuk menemani aktivitas internet setiap hari.

Nah,

Untuk kamu yang masih bingung dengan cara setting Router TP Link ini, admin sudah siapkan beberapa tutorial sederhana yang bisa kamu ikuti.

Berikut ulasan selengkapnya;

Cara Setting Router TP Link Paling Mudah yang Harus Dicoba

Secara kasat mata tentu lebih nyaman jika memiliki router wifie sendiri dibandingkan ikut tetangga atau menggunakan paket internet. 

Akan tetapi, sebelum itu sebaiknya Anda paham tentang cara memasang router tersebut.  Berikut langkah-langkahnya;

1. Hubungkan Modem dengan Router

Langkah awal dari cara setting router tp link adalah dengan menyambungkan kabel jack pada router lalu sambungkan kabel tersebut ke stop kontak. 

Sambungkan kabel LAN ke port WAN yang ada pada router ke port LAN pada modem. Pastikan semua telah terpasang dengan tepat.

Namun, ada satu hal penting yang harus Anda pastikan pula yakni apakah router telah mengenali perangkat modem tersebut agar tidak menjadi kendala.

2. Hubungkan Perangkat Komputer dengan Router

Selanjutnya, sambungkan router dengan komputer dan kabel LAN. Masukkan kabel LAN ke port LAN komputer dan sambungkan ke port LAN yang ada di Router.

Tips penting, agar koneksi jaringan selalu stabil, jangan menggunakan wifie koneksi dari router untuk instalasi. Sebab, wifie belum terkonfigurasi dengan baik.

3. Buka Admin Router dan Log in

Apabila semuanya telah terhubung, cara setting router tp link selanjutnya adalah nyalakan komputer dan masuk ke web browse. 

Masukkan alamat router agar dapat masuk ke dalam admin router. Masukkan pula username dan password.

Jika ingin mengetahui alamat admin router, Anda bisa melihat buku panduan router. Cara lainnya adalah dengan melihat CD instalasi yang biasanya telah satu paket dengan router.

4. Masukkan Informasi Mengenai Koneksi Internet

Langkah yang tidak kalah penting adalah memasukkan data dan konfigurasi router sesuai dengan provider yang digunakan. 

Tujuaanya agar dapat terhubung dengan internet. Cek pula apakah lampu internet dan ethernet pada router telah menyala.

5. Setting Router

Melakukan pengaturan dan setting router juga perlu Anda lakukan dengan syarat tidak menggunakan nama bawaan dari router agar selalu aman. Solusinya adalah ganti nama SSID-nya.

Mengatur keamanan dari peretas juga harus dilakukan. Untuk itu kamu dapat menggunakan fitur WPA2 Wireless Encryption, tapi sebelumnya pastikan bahwa router telah mendukung fitur tersebut.

6. Lakukan Pemasangan Kabel

Setelah setting router selesai langkah selanjutnya sebelum Anda dapat mengakses wifi di rumah adalah memasangnya. Lakukan instalasi kabel yang tersedia.

Sambungkan kabel-kabel tersebut berdasarkan arahan dan pastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan benar. Pemasangan kabel yang tidak sesuai akan berpengaruh pada pemakaian router.

7. Instalasi Router

Begitu kabel telah terpasang semuanya, lakukan instalasi router dan jangan lupa untuk melakukan konfigurasi router. 

Caranya masukkan IP address atau instalasi lewat CD yang tersedia.

8. Nyalakan Router

Jika ingin menggunakan wifie, nyalakan router dan pastikan setiap lampu yang ada berwarna hijau. Warna tersebut menandakan bahwa router berjalan dengan baik. Apabila terdapat kendala, Anda dapat menghubungi provider dari router tersebut.

Sekarang Anda telah paham tentang bagaimana cara setting router tp link  untuk mendapatkan akses wifie. Caranya cukup mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. 

Kini, Anda bisa berselancar lebih kuat menggunakan router tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan seputar Cara Setting Router TP Link Paling Mudah dan Cepat hingga akhirnya kamu bisa menggunakan jaringan Internet kamu dengan lancar.

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam melakukan beberapa pengaturan Router Tp Link ini.

...Baca-baca aja dulu!

Setelah kamu pahami beberapa langkah yang harus kamu lakukan maka kamu sudah bisa melanjutkan untuk mengatur beberapa settingan pada Router TP Link yang kamu punya.

Selamat Mencoba ya!