Cara Setting Warna Printer Epson L120, Mudah dan Pasti Berhasil Lho!

Cara Setting Warna Printer Epson L120
Cara Setting Warna Printer Epson L120

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Printer Epson L120 menjadi salah satu jenis printer yang paling banyak beredar dipasaran. Selain desain yang sederhana, jenis printer Epson L120 ini juga dikenal sangat bandel lho.

Memang, 

Untuk saat ini Brand Epson dan Canon mendominasi dipasaran tanah air. Ada banyak pengguna yang memanfaatkan jenis printer yang satu ini.

Coba dech kamu kamu lihat-lihat jenis printer Epson L120 ini. Simple, design slim dan bandel! Ada banyak pengguna Epson L120 yang mengakui 'kekuatan' jenis printer ini dalam mencetak dokumen-dokumen.

Soal ketahanan dalam mencetak,

Epson L120 ini dikenal sangat kuat dan tahan banting dalam melakukan print out dokumen kamu. Selain itu, hasil cetaknya juga dikenal sangat bagus sekali.

Nah, 

Bagaimana jika kamu sudah lama menggunakan Epson L120 ini dan menghadapi error pada settingan warnanya?

Namun, sedikit yang tahu bahwa sebenarnya printer Epson L120 juga bisa kok digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen sarat warna, seperti foto. 

...Terkadang,

Kita sering kebingungan bagaimana cara melakukan settingan pada Epson agar menghasilkan cetakan warna yang sesuai dengan yang diharapkan.

Jika pada printer Epson L110, atau versi sebelum L120 ini kalian hanya perlu masuk ke pengaturan Preferences > Main > paper type.

Lalu, kalian harus perhatikan Paper Type

Disana kalian tinggal memilih jenis kertas foto dan secara otomatis printer akan menyesuaikan sebaran warna-warna mengikuti file foto aslinya.

Bagaimana dengan Epson L120 ini?

Apakah sama dengan apa yang akan kalian lakukan pada printer L110 ini? Ternyata, ada banyak pengguna yang menemui masalah dan kendala, sebab ternyata pada printer Epson L120 pengaturan tersebut tidak bisa di klik.

...Apa solusi untuk mengatasi perbedaan tersebut?

Setelah admin menelusuri lebih jauh, ternyata pada Epson Type L120 ini memang dihajatkan bukan untuk mencetak foto.

Pabrikan Epson menonaktifkan fitur tersebut!

Nah, untuk mengatasi masalah ini maka kalian sebenarnya tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk bisa mengatasinya.

Perhatikan,

Ada dua jensi driver yang harus kamu miliki. Untuk itu, kalian harus terlebih dahulu melakukan download jenis driver tersebut.

  1. Driver Epson L120
  2. Driver Epson L300

Untuk mendapatkan driver ini,

Kalian bisa langsung mengambilnya di halaman website resmi Epson. Hal ini juga akan lebih aman dan menghidari perangkat kamu dari malware yang beredar bebas di internet.

Langkah selanjutnya,

Kamu perlu melakukan instal aplikasi yang sudah kamu download tersebut. Pada saat menginstal, lakukan langkah berikut ini:

  1. Silahkan kamu Instal driver Epson L120 dengan memilih port kabel tertentu yang belum terpakai, misalnya USB001.
  2. Lanjutkan dengan menginstal Driver Epson L300 secara manual dengan memilih port yang sama dengan instalan driver epson L120, dalam kasus ini maka menggunakan port USB 3. 

Setelah itu, kita lanjut ke cara setting saat hendak mencetak foto. Berikut ini triknya:

  1. Silahkan memilih file foto yang akan di print out.
  2. Silahkan Print file foto tersebut menggunakan EPSON L300 
  3. Lanjutkan dengan klik propertis untuk mengatur media kertas yang kita inginkan. Akan ada pilihan Plain Paper, Premium Glossy dan Premium Matte.
  4. Lalu setting kualitas menjadi High/Quality.
  5. Kemudian tekan tombol Apply dan print.
  6. Jika ada peringatan bahwa Printer Epson L300 belum terpasang, biarkan saja hingga selesai mencetak.
  7. Selesai

Dengan melakukan trik ini maka akan secara otomatis mendapatkan hasil dari cetakan kamu akan di Print menggunakan Printer Epson L120 dengan kualitas foto sesuai pengaturan.

Sebenarnya,

Ini cukup simple kok! Oh ya, admin menyarankan kamu menggunakan foto blueprint 210 gram, art paper karena hasil cetakannya sangat bagus.

Dengan begitu,

Kamu akan mendapatkan hasil cetakan yang sesuai dengan keinginan kamu. Ini akan menghasilkan print out yang keren!

Demikianlah beberapa ulasan seputar Cara Setting Warna Printer Epson L120 untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus di foto kamu yang full colour.

...Selamat Mencoba ya!