Mudah Kok! Ini Cara Setting Outlook 2013 Gmail, Tinggal Ikuti Aja Langkahnya!

Cara Setting Outlook 2013 Gmail
Cara Setting Outlook 2013 Gmail

Swarariau.com, Tutorial Microsoft Office --
Pekerjaan menuntut Anda untuk tetap stand by mengoperasikan akun email kantor yang memiliki load beban trafik yang tinggi? 

Tidak perlu khawatir, berikut akan diuraikan mengenai langkah mudah cara setting Outlook 2013 Gmail.

Untuk kamu ketahui,

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mencoba menggunakan Outlook 2013 Gmail sebagai keperluan pekerjaan kamu.

Bayangin aja,

Dengan menggunakan Outlook 2013 Gmail ini kamu bisa mengecek lampiran dan berkas-berkas yang ada di Email kamu meskipun dalam kondisi offline.

Hanya saja,

Kamu peru melakukan sinkron Gmail yang kamu gunakan dengan Outlook 2013 Gmail ini. Nah, untuk setting dan beberapa hal lainnya bisa kamu chek beberapa penjelasan yang sudah admin siapkan berikut ini.

Pahami terlebih dahulu!

Cara Setting Outlook 2013 Gmail

...Sudah pernah dengar mengenai apa itu Outlook 2013? 

Bila belum, maka baiknya mari kenali lebih dahulu. Tentang, Apa itu Outlook 2013? Bagaimana cara kerjanya? 

Memiliki manfaat atau kegunaan untuk apa?

Karena walau bagaimana pun, sebelum menggunakannya, ada baiknya telah paham mengenai seluk beluknya. 

Sehingga ketika Anda memutuskan untuk memakainya, Anda bisa mengoperasikannya secara maksimal, serta bisa menyettingnya sendiri.

Kenali Outlook 2013

Outlook 2013, merupakan sebuah program aplikasi dari Microsoft yang memiliki fungsi sebagai sebuah program manajerial perorangan. 

Melalui Outlook, seseorang bisa mengatur seluruh jadwal hidup yang dimilikinya.

Beberapa kegunaan dari Outlook 2013 adalah untuk memanajerial. Apa saja yang bisa dikategorikan sebagai keuntungan dari manajerial yang bisa Outlook berikan? Perhatikan item berikut :

  1. Memudahkan pengguna untuk berkirim pesan melalui surat elektronik dengan berbagai platform dan tanpa khawatir terlewat.
  2. Memudahkan pengguna untuk mengatur jadwal acara dan tugas yang langsung akan sinkron dengan kalender pada agenda kerja.
  3. Memudahkan pengguna untuk mengatur perjalanan yang telah dipesan dengan langsung otomatis sinkronisasi dengan kalender pada agenda kerja.

Demikianlah kegunaan dari Outlook yang harus diketahui dengan baik oleh Anda sebelum menggunakannya. 

Keseluruhan keuntungan dari menggunakan Outlook ini bisa Anda dapatkan tentunya setelah memiliki akun di Outlook versi 2013.

Nah, baiknya segera membuka akun dan buat pengaturannya dengan sempurna. Berikut adalah tutorial cara setting Outlook 2013 gmail.

Cara Menyambungkan Outlook 2013 Dengan Gmail

Secara garis besar, ada dua cara menyambungkan Outlook 2013 dengan akun email dari platform Gmail. 

Cara pengaturan menyambungkannya yakni dengan sistem otomatis, dan sistem manual. Berikut penjabaran tata caranya :

1. Cara Otomatis

Dibawah ini adalah cara setting Outlook 2013 Gmail secara otomatis. Ikuti step by step yang akan diuraikan secara detail. Pastikan jangan sampai ada yang terlewat, demi menghindari kegagalan proses sinkronisasi.

  1. Saat pertama kali Anda diketahui mengakses program Outlook, biasanya Anda akan disuguhkan dengan sambutan selamat datang khasnya Microsoft Outlook 2013.
  2. Kemudian, setelahnya akan ada kotak dialog yang berisi pertanyaan mengenai, apakah Anda menginginkan Outlook terintegrasi dengan berbagai jenis program Microsoft lainnya atau tidak. Bila jawaban Anda Iya, maka klik “YES”.
  3. Selanjutnya, muncul kotak kolom isian yang harus diisi dengan alamat email yang akan dipakai. Isi dengan benar dan klik “NEXT”.
  4. Setelah klik “NEXT”, Outlook akan memprosesnya dengan mencari sambungan server
  5. Di sistem cara setting Outlook 2013 Gmail yang otomatis. Maka pengaturan email yang dipakai menggunakan “IMAP”. Namun bila ingin mengubahnya menjadi setting “POP3”, Anda bisa mengubahnya dengan mengklik “Change Account Setting”.
  6. Apabila memang diharuskan menggunakan pengaturan “POP3”. Maka selanjutnya setelah mengklik “Change Account Setting”. Anda harus mengatur pengaturan lebih lanjut. Klik “More Settings”
  7. Di More Setting ikuti langkah berikut.  More Setting > Outgoing Server > centang bagian My Outgoing Server (SMTP) Requires Authentication, selesai.

2. Cara manual

Untuk cara manual, berikut uraiannya :

  1. Pilih Menu File
  2. Kemudian klik “Add Account”
  3. Lalu centang kolom, “Manually Setup Or Additional…”, kemudian klik “Next”
  4. Selanjutnya pilih “POP3” atau “IMAP”, lalu klik “Next”
  5. Setelah itu, akan muncul kotak isian yang meminta untuk menginput data akun Gmail yang akan dipakai. perhatikan baik baik karakter yang diinput, jangan sampai salah memasukkan karakter. Lalu klik “More Settings”
  6. Disini selanjutnya pilih “Outgoing Server”, lalu centang “My Outgoing Server (SMTP) Requires Authentication” dan proses setting selesai.

Itulah uraian dari tutorial cara setting Outlook 2013 Gmail dengan dua metode, yakni dengan metode otomatis dan manual. 

Silakan Anda pilih salah satu yang menurut Anda paling mudah, dan langsung praktikan dengan segera. 

Selamat mencoba. Sekian.