Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Kode, Gak Pake Ribet Kok!

Cara Setting Remote TV Universal
Cara Setting Remote TV Universal

Swarariau.com, Teknologi -- Sekarang tidak perlu kesal jika remote TV rusak karena ada tipe universal yang bisa menggantikannya. Namun, adakalanya mengatur remote universal pakai kode tidak berhasil. 

Maka, Anda harus tahu cara setting remote tv universal tanpa kode. Umumnya, pengguna membutuhkan kode untuk menyelaraskan remote universal dengan televisi. 

Akan tetapi, jika menggunakan kode tidak berhasil, maka Anda bisa melakukan dengan cara manual. Berikut langkah-langkah yang Anda lakukan.

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Kode, Pakai Tombol SET 

Anda bisa melakukan pengaturan remote universal tanpa menggunakan kode, akan tetapi cara ini tidak sepraktis jika memasukkan kode. 

Jika ingin mencoba cara manual ini, ikutilah cara setting remote tv universal tanpa kode berikut ini.

  • Nyalakan pesawat televisi Anda
  • Tekan tombol “SET” pada remote TV universal, tahan beberapa saat hingga lampu indikator pada remote menyala (biasanya ditandai dengan nyala lampu berwarna merah)
  • Apabila lampu indikator pada remote tidak kunjung menyala, tekan tombol “Set” dan “Power” secara bersamaan.
  • Arahkan bagian depan remote yang memiliki lampu kecil ke televisi Anda. Pastikan bagian ini tepat mengarah pada sensor televisi.
  • Tekan tombol “Volume” diperbesar, yaitu tanda (+) berkali-kali sampai pada layar TV muncul tulisan dan ukuran besarnya volume. 
  • Sekarang, ganti dengan menekan tombol “Volume” diperkecil, yaitu tanda (-). Apabila volume berkurang, artinya cara setting remote tv universal tanpa kode yang Anda lakukan sudah berhasil.
  • Jika masih belum berhasil, coba ulangi langkah-langkahnya dari semula.
  • Jika langkah yang Anda lakukan telah berhasil, akhiri dengan menekan tombol “Set” kembali sampai lampu indikator pada remote TV padam. 

Ketika cara setting remote tv universal tanpa kode di atas berhasil, maka Anda langsung bisa menggunakannya. 

Namun, tahukah sebenarnya Anda bisa menonton TV tanpa bantuan remote? Jika penasaran, silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Cara Menyalakan TV Tanpa Bantuan Remote

Meski tanpa remote, seseorang tetap bisa menyalakan dan menonton televisi. Hanya menggunakan aplikasi, Anda bisa mengubah Android menjadi remote TV. 

Inilah 4 aplikasi yang bisa Anda gunakan.

1. Roku Remote 

Aplikasi Roku Remote dapat Anda unduh secara gratis melalui Google PlayStore dan AppStore. 

Aplikasi ini sangat mudah digunakan sebagai pengontrol televisi karena tampilan antarmukanya sangat mirip dengan remote TV.

Agar bisa mendeteksi televisi yang hendak dikontrol, Roku Remote menggunakan sinyal Wi-Fi.

2. Universal TV Remote Control

Universal TV Remote Control adalah aplikasi yang paling sering diunduh. Hal ini disebabkan karena aplikasi pengendali ini sangat fleksibel dan mampu melakukan deteksi terhadap berbagai jenis televisi.

Anda bisa menggunakan Universal TV Remote Control untuk Smart TV, LED, ataupun LCD. Layanan tatapmuka yang disajikan juga sangat mudah untuk digunakan oleh siapa saja. 

Terdapat dua sistem pengendali untuk jenis TV yang berbeda, namun jangan khawatir, semuanya sangat mudah. apabila TV yang Anda miliki adalah Smart TV, maka gunakan pilihan “Smart TV Remotes”.

Anda bisa menggunakan pilihan “IR TV Remotes” untuk mengontrol jenis TV biasa. 

Setelah Android tersambung dengan TV, maka Anda dengan leluasa mengendalikan televisi melalui aneka tombol yang tersedia.

3. Mi Remote 

Aplikasi Mi Remote dibuat oleh pengembang telepon pintar merek Xiaomi. 

Akan halnya Universal TV Remote Control, aplikasi ini juga sering digunakan karena bisa menggantikan fungsi remote pada segala jenis TV. 

Canggihnya lagi, aplikasi Mi Remote bahkan bisa berfungsi untuk mengontrol peralatan elektronik lain. Tidak hanya TV, Anda dapat menggunakan Mi Remote untuk menjalankan AC, kipas angin, pemutar CD, proyektor, dan sebagainya. 

Kini Anda tidak perlu pusing jika kehilangan remote TV. 

Jika menggunakan cara setting remote tv universal tanpa kode, Anda bisa menggantikan fungsi remote TV yang asli.