[TERBARU] 4+ Cara Setting Wifi di Laptop Mudah Untuk Pemula, Pasti Berhasil Kok!

Cara Setting Wifi di Laptop
Cara Setting Wifi di Laptop

Swarariau.com, Teknologi --  sering kali kita menemukan pengguna kebingungan bagaimana Cara Setting Wifi di Laptop sehingga akses internet bisa mereka gunakan melalui laptop yang sedang mereka bawa.

Hal ini terlihat sepele, namun terkadang cukup bikin kesal! 

Saat sedang butuh internet malah laptop tidak bisa akses jaringan WiFi. Seperti yang kita tahu, kebutuhan jaringan internet seperti halnya kebutuhan pokok. 

Era canggih dan serba teknologi seperti sekarang ini, ada banyak aktifitas yang kini mulai beralih ke online, sehingga penggunaan wifi meningkat semakin tinggi. 

Untuk para pemula, inilah cara setting wifi di laptop yang mudah dilakukan.

Khususnya para pelajar, banyak yang memanfaatkan laptop sebagai media pembelajaran. Hampir semua laptop kini dapat digunakan untuk wifi. 

Adanya wifi menjadikan mudah berselancar di dunia maya tanpa bantuan modem atau kabel.                          

Cara Setting Wifi di Laptop Paling Mudah

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat pengaturan wifi di laptop. Pada dasarnya semua merek laptop pengaturannya hampir sama. 

Dan ini kamu bisa lakukan dengan sangat mudah. Nah, berikut cara setting wifi di laptop yang dapat kamu praktikan di rumah.

1. Memanfaatkan Tombol WiFi

Beberapa laptop secara khusus menyediakan tombol untuk mengatur wifi secara langsung. Letak tombol ini terkadang di samping atau di atas keyboard, tergantung jenis laptop yang digunakan. 

Tombol ini dapat langsung menghidupkan dan mematikan wifi.

Untuk menghidupkan tombol wifi, dengan cara langsung ditekan dan lampu indikator akan menyala. 

Begitupun sebaliknya, untuk mematikan wifi dengan cara langsung menekannya dan lampu indikator akan mati sebagai tandanya.  

2. Memakai Tombol FN

Tidak semua laptop memiliki tombol khusus untuk wifi. Jika laptop kamu tidak memilikinya, dapat memanfaatkan tombol FN yang pastinya dimiliki semua keyboard. Tombol function khusus untuk wifi berupa kode dapat dicari antara F1 hingga F12.

Setiap laptop letak tombol function khusus untuk wifi tidak sama letaknya. 

Untuk memudahkan, kamu dapat melihatnya langsung di keyboard laptop. Letaknya yang terdapat gambar menyerupai tanda sinyal.

Jika telah menemukan tombol khusus untuk wifi, misalnya ada pada keyboard di F2. Maka cara mengaktifkannya dengan menekan tombol FN dan F2 secara bersamaan. 

Untuk mematikan wifi juga dapat melakukan cara yang sama agar menghemat waktu.

3. Memakai Windows Mobilty Center

Kedua cara sebelumnya termasuk yang paling mudah dilakukan. Jika laptop tidak support untuk cara tersebut, dapat memakai Windows Mobilty Center. 

Cara ini dapat digunakan jika kamu memiliki laptop di rumah yang dapat dipasangi wireless card.

Langkah Pertama, 

Untuk windows 7 caranya klik tombol “Start”, lalu cari pilihan “Control Panel”. Pada windows 8, kursor disapukan ke pojok kanan, kemudian pilih menu “Settings”. Selanjutnya pilih “Control Panel”.

Langkah Kedua, 

Setelah kamu masuk ke bagian “Control Panel”, selanjutnya pilih “Adjust commonly used mobility settings”. Pilihan ini terdapat di bawah kategori “Wardware and sound”.

Langkah Ketiga, 

Akan muncul jendela yang berisikan berbagai macam ikon seperti volume, display, dan lain-lain. Untuk bagian wifi, tekan tombol “Turn Wireless On”. 

Setelah itu lihatlah taskbar di sebelah kanan, jika berhasil terkoneksi wifi akan langsung menyala.

4. Mengaktifkan Adapter pada WiFi.

Jika cara sebelumnya belum berhasil untuk mengoneksikan internet wifi, kamu dapat mencobanya dengan mengaktifkan adapter. 

Cara ini dapat dipakai pada laptop sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka menu “Start” 
  • Lalu pilih “Control Panel”
  • Setelah itu buka bagian “Network and Internet”
  • Selanjutnya pilih “Networking and Sharing Centre”
  • Untuk menu yang terdapat di bagian kiri, 
  • Pilihlah bagian “Change Adapter Settings”. 

Sebaiknya carilah ikon wireless yang kini digunakan. 

Selanjutnya klik kanan dan pilih bagian “Enable”. Secara otomatif wifi akan kembali pulih jaringan internetnya dan internet wifi siap untuk digunakan.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan seputar Cara Setting Wifi di Laptop Mudah Untuk Pemula yang paling mudah untuk kamu lakukan.

Dalam artikel ini sudah admin ulas beberapa cara setting wifi di laptop yang mudah untuk pemula dan dapat dipraktikan kembali.

Silahkan pilih cara setting yang dianggap paling mudah dilakukan, agar pemula tidak binggung memakainya. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca juga informasi lainnya: