Cara Reset Hp Jarak Jauh dengan Nomor Hp Menggunakan Device Manager

Cara Reset Hp Jarak Jauh
Cara Reset Hp Jarak Jauh

Swarariau.com, Smartphones
-- Kejadian ponsel hilang bukan hal yang tabu lagi. Baik itu disebabkan kecerobohan Anda sendiri maupun orang lain yang mengambilnya. Untuk itu, cara reset hp jarak jauh dengan nomor hp akan sangat membantu Anda.

Kamu hanya membutuhkan nomor HP dan sudah bisa melakukan reset dengan jarak jauh. Pasalnya, cara ini akan mengamankan data Anda dari orang lain. 

Dengan begitu, meskipun ponsel nantinya tidak akan kembali, setidaknya privasi Anda tidak akan terbajak.

Kebayang nggak sih, kalau harus kehilangan data dan orang lain yang sudah mengakses data tersebut.

....Tentunya panic donk!

Maka dari itu, penting untuk mengetahui informasi ini. Jadi, jika suatu saat hal itu terjadi, Anda sudah memiliki solusi dan tidak terlalu khawatir. 

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai cara reset hp jarak jauh.

Cara Reset Hp Jarak Jauh dengan Nomor Hp

Reset hp bukan hanya bisa Anda lakukan pada ponsel itu sendiri. Namun, dari jarak jauh pun sekarang sudah ada caranya. 

Salah satunya menggunakan aplikasi Android Device Manager.

Untuk bisa mengaturnya, membutuhkan akun Google yang terhubung dengan nomor hp Anda. Jadi, jika Anda lupa dengan email dan kata sandinya, 

maka tidak bisa menggunakannya.

Selain untuk reset jarak jauh, Device Manager juga bisa melacak keberadaan ponsel Anda. Berikut cara reset hp jarak jauh dengan nomor hp menggunakan aplikasi ini.

  1. Pastikan GPS ponsel Anda aktif. Fungsinya agar bisa melacak keberadaan ponsel, sehingga juga dapat mengendalikannya dari jarak jauh.
  2. Download aplikasi Android Device Manager terlebih dahulu di perangkat lain. Namun, jika pada perangkat tersebut, maka bisa langsung menggunakannya.
  3. Buka aplikasi yang sudah terunduh tersebut.
  4. Kemudian, login ke dalamnya dengan cara memasukkan email dan password yang terhubung dengan ponsel Anda.
  5. Setelah itu, keberadaan ponsel Anda akan terlihat dan ada 3 fitur dalam aplikasi Device Manager. Selanjutnya tinggal memilih fitur ketiga yaitu Erase atau Hapus.
  6. Kemudian, klik lagi opsi Erase atau Hapus.
  7. Maka, semua data yang ada di ponsel tersebut akan hilang. Dengan begitu, dokumen penting Anda tidak akan diketahui orang lain.

Fitur dalam Aplikasi Android Device Manager

Sebagaimana yang telah disebutkan di pembahasan sebelumnya, bahwa Device Manager memiliki 3 fitur.

Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai fitur tersebut.

Sudah seharusnya kamu memahami beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan ketika menggunakan perangkat Android ini.

So,

Simak penjelasannya berikut ini:

1. Ring

Fitur ini berfungsi untuk membunyikan ponsel Anda selama 5 menit. Dengan begitu, keberadaannya bisa diketahui oleh orang-orang sekitar. 

Fitur ini sangat tepat jika lupa meletakkan hp tersebut dimana.

Sebenarnya, bisa saja dengan menelepon nomor hp tersebut untuk membunyikan. Namun, tidak Anda menggunakan mode senyap, tentu tidak akan berbunyi.

Berbeda dengan fitur yang ada di Device Manager. Meskipun Anda memakai mode senyap, Google akan menghilangkan mode tersebut. Dengan begitu, ponsel akan tetap berbunyi.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. 

Anda tinggal login dengan akun email ke Device Manager. Kemudian, pilih fitur Ring yang berada di paling atas, lalu tunggu beberapa saat.

2. Lock

Fitur ini berfungsi untuk mengunci ponsel yang hilang dengan password. Dengan begitu, orang lain yang menemukan atau mencurinya tidak bisa mengaksesnya. 

Selain itu Anda juga bisa menuliskan pesan untuk mengembalikan hp tersebut.

Caranya, tinggal memilih fitur yang kedua dari Device Manager, yaitu Lock. Kemudian, masukkan kata sandi dan tulis pesan seperti “Bagi yang menemukan hp ini, tolong hubungi ke nomor berikut.”

3. Erase

Fungsi ini untuk melakukan reset pada ponsel Anda dari jarak jauh. Mengenai caranya seperti yang ada di pembahasan sebelumnya. 

Reset ini akan menghilangkan seluruh data ponsel.

Diantaranya seperti foto, video, aplikasi, dan lainnya. Jadi, ponsel akan kembali ke pengaturan pabrik. Namun, dengan menghapusnya, maka Anda tidak akan bisa lagi melacak keberadaan ponsel.

Penutup

Demikianlah, pembahasan mengenai cara reset hp jarak jauh dengan nomor hp. Siapa saja bisa menerapkan cara tersebut, sebab tahapannya memang sangat mudah. 

…Keren sih!

Dengan beberapa fitur yang ada ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai hal menarik untuk sebuah kemudahan yang bisa kamu lakukan.

Semoga, artikel yang kami sajikan ini bermanfaat ya!