Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil, Cek Yuk! Pengaturannya Mudah Kok!

Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil
Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil

Swarariau.com, Elektronik --
Mobil keluaran terbaru saat ini banyak menyematkan sistem audio premium dengan mengusung brand  yang ternama. Namun apalah artinya menggunakan sistem audio premium jika Anda tidak tahu cara setting equalizer di head unit mobil. 

Equalizer biasa digunakan untuk menyeimbangkan suara yang dikeluarkan oleh sound system. 

Sehingga tidak ada frekuensi suara yang kurang ataupun berlebihan dan membuat suara terdengar jernih dan enak didengar

Bagi pengguna mobil kebutuhan memiliki sound system yang enak didengar sangatlah penting. Karena dapat mengisi kebosanan dengan mendengarkan lagu. 

Untuk itu sangatlah penting untuk mengatur head unit  audio system mobil. 

Pada umumnya head unit sistem audio mobil dirancang dengan standarisasi sesuai sistem dari pabrik. 

Padahal bisa ditingkatkan lagi untuk kualitas suaranya, jika Anda tau cara setting equalizer di head unit mobil.

Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil

Jika head unit mobil Anda sudah dilengkapi dengan equalizer, maka untuk meningkatkan kualitas suaranya Anda dapat mengikuti cara setting berikut ini

1. Persiapan pengaturan equalizer

Ada 2 hal yang perlu disiapkan untuk mengisi equalizer

  • Lagu

lagu atau track yang berisikan pingnoise. Pingnoise adalah suara yang berisikan frekuensi 20-20 kilohertz dibunyikan dengan tingkat kekerasan atau amplitudo yang sama

  • Smartphone

Bagi Anda pengguna android, pada smartphone Anda dapat digunakan untuk menangkap frekuensi respon dengan cara download aplikasi RTA audio analyzer. 

Mikrofon smartphone Anda berfungsi untuk menangkap frekuensi 20-20 kilohertz.

2. Pengaturan Equalizer

  • Masuk ke menu audio dan pilih equalizer, kemudian posisikan equalizer pada posisi flat lurus, atau tidak ada equalizer
  • Putar lagu atau track yang berisi pignoise yang berisikan frekuensi 20-20 kilohertz, jangan lupa dibunyikan dengan tingkat kekerasan atau amplitudo yang sama. 
  • Posisikan mikrofon smartphone Anda untuk menangkap suara pingnoise yang sedang diputar. 
  • Perhatikan pada smartphone Anda dan buka menu aplikasi RTA audio analyzer, apakah frekuensi respon suara pada posisi rata pada frekuensi 20-20 kilohertz
  • Jika pada hasil RTA audio analyzer ada frekuensi respon suara melebihi atau kurang dari frekuensi suara. Kemudian Anda bisa mengatasinya dengan cara masuk ke menu equalizer dan mulai mengatur keseimbangan suara yang dikeluarkan oleh sound system. Biasanya keseimbangan suara target pada 72 db.
  • Jika sudah di dapati keseimbangan suara yang Anda inginkan jangan lupa pada memori untuk simpan pada memori equalizer.
  • Jika Anda ingin memastikan apakah equalizer yang sudah di setting pada head unit mobil Anda sudah dalam posisi benar atau belum. Anda bisa memeriksanya dengan cara buka track lagu pada menu sound system mobil Anda. Kemudian pilihlah lagu yang biasa Anda dengar. Atur volume suara sesuai dengan kebiasaan Anda mendengar lagu itu. Lalu masuk ke menu equalizer, dan bandingkan pada posisi flat dengan memori equalizer yang sudah Anda simpan sebelumnya. Kemudian dengarkan suara yang keluar dari sound system dan bandingkan mana suara yang lebih enak di dengar apakah dalam posisi flat atau dalam posisi memori yang sudah di simpan. Jika lebih enak terdengar pada posisi memori yang sudah Anda simpan berarti setting equalizer yang Anda lakukan sudah benar. 

Sangat mudah untuk mencoba cara setting equalizer di head unit mobil Anda. 

Pengaturan ini berguna untuk menghadirkan keluaran suara yang enak di dengar. Masih banyak cara lain yang bisa Anda coba agar sound system audio mobil Anda enak di dengar. 

Anda bisa menambahkan subwoofer kolong atau pun subwoofer yang bisa di letakkan di bagasi. 

Akan tetapi tidak sedikit nominal uang yang harus dikeluarkan agar perangkat audio system mobil Anda enak di dengar.