Cara Setting NVR Hikvision Agar Bisa Akses Internet, CCTV dengan Kualitas Terbaik!

Cara Setting NVR Hikvision
Cara Setting NVR Hikvision

Swarariau.com, Kamera --
CCTV (Closed Circuit Television) sudah menjadi peralatan andalan dalam hal keamanan. Peralatan ini bisa dijumpai di berbagai tempat, baik itu perkantoran, pertokoan, hingga perumahan. 

Untuk dapat menggunakan peralatan CCTV ini secara lebih optimal, perlu memahami terlebih dahulu cara setting NVR Hikvision.

Hikvision sendiri merupakan nama merek CCTV cukup terkenal di dunia berkat kualitasnya yang tinggi. 

Ditambah lagi, baik CCTV tipe analog atau pun IP dari brand ini juga terkenal akan keawetannya.

CCTV Hikvision memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan monitoring jarak jauh secara online menggunakan internet. 

Dengan akses monitoring yang tersedia secara online, Anda dapat juga melakukan pemantauan melalui smartphone selama terhubung internet.

Untuk bisa memperoleh akses pemantauan online, perlu dilakukan pengaturan terlebih dahulu pada NVR Hikvision. 

Oleh karena itu berikut akan dipaparkan lebih jauh terkait apa itu NVR dan cara setting NVR Hikvision agar terhubung ke internet.

Apakah Itu NVR?

NVR (Network Video Recorder) adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan CCTV dengan Monitor. 

NVR merupakan alat berbasis protokol internet yang berfungsi sebagai media penyimpanan atas segala rekaman aktifitas yang diambil oleh IP Camera.

Jadi, NVR inilah alat yang membantu distribusi gambar atau video melalui jaringan (network). 

Sebagai alat berbasis IP, NVR bisa dikelola secara jarak jauh atau remote menggunakan LAN maupun melalui jaringan Internet. 

Oleh karena itu, NVR memungkinkan fleksibilitas yang cukup besar dalam operasionalnya.

Tutorial Cara Setting NVR Hikvision Bisa Diakses Via Internet

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, agar NVR Hikvision dapat diakses melalui internet, terdapat pengaturan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. 

Berikut adalah tutorial cara setting NVR Hikvision agar terhubung ke internet.

  1. Pertama-tama, masuklah ke menu Pengaturan atau Konfigurasi NVR untuk mengaktifkan fitur Cloud Access P2P pada NVR. Selanjutnya pada daftar menu di sebelah kiri, carilah menu Network, lalu pilih pilihan Advaced Setting. Pada tampilan sebelah kanan, pilihlah tab Platform Access, silakan centang kotak Enable, dan masukkan kode verifikasi. Kode verifikasi inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengakses CCTV melalui aplikasi CMS atau VMS pada smartphone.
  2. Sesudah proses pengaktifan fitur Cloud Access P2P selesai dilakukan, berikutnya lakukan pendaftaran akun Cloud Access P2P. Pendaftaran dilakukan pada situs web yang telah disediakan oleh Hikvision yang beralamatkan di www.hik-connect.com.
  3. Setelah mengunjungi situs web tersebut, silakan isi formulir yang tersedia. Harap isi form dengan email yang masih aktif agar dapat melakukan proses konfirmasi seusai registrasi selesai.
  4. Setelah proses registrasi selesai, coba periksa email dan klik tautan registrasinya. Jika konfirmasi berhasil dilakukan, maka Cloud Access P2P Anda sudah aktif.

Tutorial Cara Setting Monitoring CCTV Hikvision Melalui HP

Jika paparan sebelumnya mengulas tentang pengaturan pada NVR Hikvision untuk bisa akses ke internet, 

Maka berikut ini adalah tutorial cara setting monitoring CCTV Hikvision pada smartphone.

  1. Install terlebih dahulu aplikasi iVMS-4500 yang bisa diunduh melalui Apps Store atau pun Google Play Store. Kemudian lakukanlah registrasi pada aplikasi iVMS-4500 yang telah diunduh tersebut.
  2. Pada aplikasi iVMS-4500 ini, carilah menu Cloud P2P.
  3. Kemudian masukkan email dan klik Get Verification Code untuk mendapatkan kode verifikasi. Kode tersebut akan dikirimkan melalui email yang telah didaftarkan tadi. Jika email kode sudah diterima, masukkan kode verifikasi tersebut, lalu klik Next.
  4. Perihal akses ke aplikasi, silakan masukkan data untuk login username dan password. Username dan password inilah yang akan Anda gunakan sebagai akses monitoring CCTV pada smartphone via internet.

Cara setting NVR Hikvision mungkin sedikit sulit dilakukan bagi pemula. 

Namun, tidak perlu khawatir, dengan kesabaran dan ketelitian dalam mengikuti tutorial dan petunjuk yang telah dijabarkan di atas, kesulitan tersebut pasti bisa diatasi. 

Konfigurasi CCTV Hikvision termasuk mudah, jadi semangat untuk mencoba!