Cara Setting TP-Link Extender dengan Mudah, Solusi Akses Internet Kamu!

Cara Setting TP-Link Extender
Cara Setting TP-Link Extender

Swarariau.com, Internet -- Wifi extender merupakan solusi andalan untuk memperluas koneksi internet wifi. Salah satu merek wifi extender yang sering digunakan adalah TP-Link extender. Oleh karena itu, 

Berikut akan dipaparkan cara setting TP-Link extender.

Apabila sinyal wifi sering lemah, maka kemungkinan penyebabnya bisa beragam. 

Baik itu kekuatan router yang tidak cukup untuk melempar sinyal hingga ke seluruh ruangan atau pun adanya hambatan sinyal.

Hal-hal yang umum menjadi hambatan sinyal antara lain lantai, dinding tebal, atau pun barang-barang elektronik lainnya yang dapat menyebabkan interferensi sinyal. 

Maka dari itu untuk gedung atau ruangan yang luas, sebaiknya menggunakan perangkat wifi extender untuk memperluas jangkauan sinyal wifi.

Langkah-Langkah Cara Setting TP-Link Extender

Sebelum beranjak ke tutorial cara setting TP-Link extender, terdapat sejumlah informasi terkait router yang perlu dikumpulkan terlebih dahulu. 

Beberapa hal yang perlu diidentifikasi meliputi alamat IP router, wifi SSID (nama broadcast), jenis enkripsi, serta kata sandi dari akses jaringan.

  1. Masuk ke router dengan cara mengetikkan alamat IP-nya ke browser. Umumnya alamat IP-nya adalah 192.168.1.1, tetapi periksalah panduan router untuk mengetahuinya secara lebih pasti.
  2. Akses wifi GUI router dan catat detail informasi yang diperlukan: alamat IP router, SSID, metode enkripsi, dan kata sandi untuk mengakses jaringan.
  3. Untuk saat ini, tetaplah bertahan di router.

Jika router tidak memberi respons ke 192.168.1.1, bisa jadi alamat IP yang dimilikinya berbeda. 

Contohnya saja, router Fiber Home dari Indihome menggunakan rentang alamat 192.168.XXX. Di samping itu, bisa juga mencoba cara berikut ini.

  • Klik kanan pada Taskbar Windows, kemudian klik pilihan Task Manager.
  • Pilihlah File, New Task, dan klik kotak centang untuk mencentang pilihan Jalankan sebagai Admin.
  • Untuk membuka kotak baris perintah, ketikkan CMD pada kotak.
  • Ketikkan ‘ipconfig / all’ ke dalam kotak CMD, lalu tekanlah tombol Enter.
  • Carilah Default Gateway dan temukanlah alamat IP router.

Menyiapkan dan Setting TP-Link Wifi Extender

Untuk bisa mengaktifkan extender, perangkat extender ini perlu dihubungkan terlebih dahulu ke komputer menggunakan kabel Ethernet. Hal ini dilakukan agar dapat mengakses program pengaturan wifi sehingga dapat terhubung. Langsung saja, berikut adalah cara setting TP-Link extender mulai dari persiapan perangkat.

  1. Hubungkan kabel TP-Link wifi extender ke stopkontak.
  2. Selanjutnya, hubungkan TP-Link wifi extender ke komputer menggunakan kabel Ethernet.
  3. Buka browser pada komputer bersangkutan dan kunjungi http://tplinkrepeater.net. Jika tidak berhasil mengunjungi alamat tersebut, coba kunjungi http://192.168.0.254. Jika berhasil, tampilan halaman situs web TP-Link akan muncul.
  4. Pada halaman yang muncul, pilih Pengaturan Cepat dan pilih Selanjutnya.
  5. Pilih wilayah dan klik Next.
  6. Biarkan pemindai wifi extender memindai jaringan wifi tersedia dan tunggulah proses pemindaiannya hingga selesai. Proses pemindaian mungkin membutuhkan waktu satu atau dua menit tergantung pada berapa banyak jaringan yang ada di sekitarnya.
  7. Setelah proses pemindaian selesai, pilihlah jaringan wifi pada daftar jaringan tersedia, dan pilih Next.
  8. Ketikkan kata sandi dari jaringan wifi saat diminta.
  9. Pilihlah pilihan Copy from main router apabila ingin jaringan wifi yang lebih besar atau pilih Kustomisasi apabila hendak membuat jaringan yang berbeda dan lalu klik Next.
  10. Tinjau kembali pengaturan jaringan pada jendela terakhir dan pilih Selesai jika seluruh pengaturan jaringan telah sesuai.

Wifi extender kemudian akan mengalami reboot dan semoga sesudahnya dapat melakukan akses ke internet. Extender dapat diuji terlebih dahulu menggunakan kabel Ethernet, dan selanjutnya tanpa menggunakan wifi. 

Ada extender yang memiliki lampu pada bagian depan untuk memberi tanda apakah masih terhubung ke jaringan atau tidak. 

Namun keberadaan lampu ini kembali lagi bergantung pada model TP-Link extender yang digunakan.

Sekian uraian langkah-langkah cara setting TP-Link extender. 

Setelah mengikuti tutorial ini dan extender menyala, pantau perangkat untuk memastikannya benar-benar mampu mempertahankan koneksi.