Cara Setting Dual Monitor Windows 10 di Laptop dan PC, Ini Pengaturannya

Setting Dual Monitor Windows 10
Setting Dual Monitor Windows 10

Swarariau.com, Komputer --
Tidak sedikit orang yang menggunakan dua monitor atau lebih untuk memudahkan aktivitasnya. Aktivitas yang dimaksud bisa meliputi pekerjaan programming atau analisis maupun hiburan seperti bermain game. 

Oleh karena itu, berikut akan dibagikan tips dan cara setting dual monitor Windows 10.

Dual monitor atau bahkan multi monitor memungkinkan seseorang untuk membuka berbagai aplikasi sekaligus tanpa perlu menutup dan membuka aplikasi secara bergantian. 

Hal ini dikarenakan setiap aplikasi dapat dibuka pada layar-layar monitor yang berbeda.

Namun, pengaturan dual monitor ini hanya dapat berjalan apabila dikonfigurasi secara benar. 

Untungnya OS Windows 10 mempunyai pengaturan dan fitur bawaan mendukung sehingga pengguna PC tidak perlu lagi mengunduh software pihak ketiga.

Perlengkapan yang Dibutuhkan dan Pemasangan Monitor

Sebelum membahas cara setting dual monitor Windows 10 dan melakukan pengaturannya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama-tama yaitu perlengkapan yang dibutuhkan.

Selain mempunyai lebih dari satu monitor, perlengkapan wajib lain yang harus dimiliki adalah alat konektor. 

Kabel konektor seperti splitter dibutuhkan untuk menghubungkan monitor-monitor dengan PC di mana tipe yang sering dijumpai adalah HDMI dan VGA.

Terkadang dibutuhkan pula adapter atau converter untuk menghubungkan konektor yang tidak sesuai.

Perlengkapan tambahan lain yang juga dibutuhkan adalah VGA atau video card jika VGA bawaan PC belum mampu digunakan untuk setelan dual monitor.

Pastikan semua monitor sudah terhubung dengan kabel konektor dan apabila port pada monitor tidak sesuai, pasanglah adapter atau converter. Kemudian hubungkanlah semua monitor yang ada ke video card tersedia.

Hubungkan monitor-monitor menggunakan kabel DVI dan layar monitor pada laptop memakai kabel display. 

Terakhir, aktifkan software video card atau VGA melalui aplikasinya yang telah ter-install pada laptop atau PC.

Cara Setting Dual Monitor Windows 10 dan Konfigurasi Monitor Kedua

Menggabungkan dua monitor atau lebih pada laptop ataupun PC dengan sistem operasi Windows 10 bukanlah perkara sulit. 

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pengaturan dual monitor pada Windows 10.

  1. Pertama-tama, pastikan lagi monitor dengan PC telah tersambung secara baik dan sesuai.
  2. Kemudian pada layar dekstop, lakukan klik kanan dan pilihlah menu Display Setting.
  3. Pada halaman Display yang muncul, akan tampil dua layar yang diberi nomor. Jika muncul tampilan seperti itu, maka tandanya komputer dan monitor sudah terkoneksi.
  4. Lalu, pastikan kedua layar monitor memiliki tampilan dengan kualitas yang sama. Apabila salah satu layar monitor mempunyai kualitas yang lebih rendah atau buruk, cobalah untuk lakukan upgrade driver atau pilih Configuring the display with display driver. Metode ini akan membuat kedua layar monitor kembali normal.
  5. Langkah terakhir dari cara setting dual monitor Windows 10 adalah pilihlah Multiple Display pada menu Display Setting dan sesuaikan pengaturan layar dengan kebutuhan. Terakhir, pilih Apply.

Apabila pengguna memilih pilihan extend pada Multiple Display, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah konfigurasi monitor. Konfigurasi pada masing-masing monitor dapat dilakukan secara terpisah sehingga monitor dapat diatur sesuai kebutuhan.

Contohnya saja, wallpaper pun dapat diatur menjadi berbeda untuk setiap monitor. 

Selain itu, konfigurasi yang dapat dilakukan adalah mengatur tinggi dan resolusi pada setiap monitor sesuai kenyamanan pengguna.

Pengguna juga dapat mengubah monitor utama melalui konfigurasi monitor ini pula, dengan cara memilih Make this my main display pada menu Display.

Monitor utama dalam dual monitor atau multi monitor mempunyai rincian dan pengaturan yang lebih lengkap dibanding monitor lainnya. 

Walaupun monitor kedua memiliki pengaturan yang kurang lebih sama tetapi mengakses pengaturan pada monitor utama dapat dilakukan lebih mudah.

Itu tadi cara setting dual monitor Windows 10 beserta persiapan dan konfigurasi pada setiap monitor.

Meski melakukan konfigurasi tambahan pada tiap monitor sangat memungkinkan, tetap akan lebih baik menggunakan monitor bermerek dan bermodel sama. Selamat mencoba!