5 Cara Mematikan Lokasi di iPhone Mudah dan Cepat, Coba Yuk!

Cara Mematikan Lokasi di iPhone
Cara Mematikan Lokasi di iPhone

Swarariau.com, iPhone -- Ada beberapa Cara Mematikan Lokasi di iPhone Mudah dan Cepat yang bisa kamu lakukan ketika kamu tidak memerlukannya. Sebenarnya, dengan adanya fitur lokasi atau GPS pada smartphone tentu akan memberikan kemudahan tersendiri bagi penggunanya.

Fitur ini memiliki banyak fungsi yang berguna untuk menunjang kegiatan sehari-hari dengan menggunakan handphone. 

Hanya saja, 

Dalam situasi tertentu kamu ingin fitur lokasi pada perangkat iPhone ini non aktif (mati), dengan demikian perangkat iPhone kamu tidak lagi terdeteksi sedang berlokasi dimana.

Banyak pengguna iPhone, terutama pengguna baru, yang masih bingung bagaimana cara melakukan hal ini. Sedikit berbeda dari android yang biasa mereka gunakan.

Fitur GPS ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan penggunanya. Maka dari itu akan dijelaskan cara mematikan lokasi di Iphone dengan mudah dan cepat.

Fungsi Fitur Lokasi

Fitur lokasi tentu memiliki fungsi agar penggunannya bisa mengetahui lokasi handphone berada. Adanya fitur ini memiliki kelebihan dimana Anda bisa mengetahui history perjalanan Anda.

Hal ini akan sangat membantu untuk memesan transportasi online, atau saat handphone sedang diluar jangkauan (hilang).

Walaupun demikian, apabila Anda merasa kurang nyaman dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa mematikannya. 

Fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan tergantung dari kebutuhan penggunanya apakah sedang membutuhkannya atau tidak.

Umumnya fitur ini aktif secara otomatis, namun untuk mematikannya perlu beberapa cara. Di bawah ini akan dijelaskna lebih lengkap mengenai cara mematikan lokasi di Iphone.

Cara Mematikan Lokasi di Iphone

Fitur lokasi bisa dimatikan apabila penggunanya tidak membutuhkannya. Apabila fitur ini dimatikan juga maka bisa lebih menghemat daya. 

Maka, tak jarang banyak juga pengguna Iphone yang memilih untuk mematikan fitur lokasi ini agar lebih hemat daya baterainya.

Untuk mematikan fitur lokasi di Iphone, perlu mengikuti beberapa cara. Berikut merupakan langkah-langkah mematikan lokasi di Iphone.

  1. Pertama, silakan buka menu Pengaturan terlebih dahulu dari Iphone Anda.
  2. Setelah itu cari dan pilih menu Privacy yang ada di Pengaturan.
  3. Kemudian, klik location service. Apabila ingin mematikan lokasi, maka Anda bisa mematikan location service.
  4. Terakhir, matikan lokasi secara lebih menyeluruh dengan cara menekan tombol power yang ada di bagian atas. Apabila tidak bisa mematikan GPS pada setiap aplikasi, maka Anda bisa menekan on/off pada setiap aplikasi Iphone.

Sebelum mematikan fitur lokasi ini, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu pada sejumlah aplikasi yang dapat berhenti bekerja apabila fitur ini dimatikan. 

Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang benar-benar membutuhkan fitur lokasi untuk dapat digunakan.

Mengubah Akses Aplikasi ke Informasi Lokasi

Apabila sudah mengetahui cara mematikan lokasi di Iphone, berikutnya ialah mengubah akses aplikasi ke informasi lokasi. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silakan buka Pengaturan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu cari dan pilih menu Privasi.
  3. Jika sudah, cari dan pilih Layanan Lokasi.
  4. Kemudian, untuk meninjau ataupun mengubah pengaturan akses aplikasi, maka bisa tekan Apps.
  5. Selesai.

Apabila Anda sudah mematikan lokasi di Iphone, maka Anda akan melihat peringatan pop up yang akan muncul. Ini merupakan sebuah pemberitahuan Layanan Lokasi bisa dinyalakan dari jarak jauh, apabila Iphone Anda berada di Mode Hilang maka menggunakan layanan Find My iPhone.

Maka, pada bagian ini silakan Anda tekan tombol Matikan. Setelah melakukan perubahan tersebut, aplikasi Iphone tidak bisa lagi melacak lokasi. 

Namun, hal tersebut juga tergantung pada pengaturan Find My iPhone Anda, mungkin saja pihak Apple masih bisa mengetahui lokasi dimana handphone tersebut berada walaupun tidak membagikan data tersebut ke perusahaan lain.

Kesimpulan

Itu dia sekilas tentang fitur lokasi dan cara mematikan lokasi di iPhone dengan mudah. Kamu bisa mencoba cara ini untuk menonaktifkan fitur lokasi ini.

Adanya fitur ini tentu memberikan sejumlah kemudahan untuk Anda sebagai penggunanya, tentunya fitur ini cukup penting terutama apabila Iphone Anda sedang hilang atau berada di luar jangkauan Anda.

Semoga beberapa informasi ini bisa bermanfaat untuk kita, selamat mencoba ya!