Cara Download dan Install Canon MP287 Scanner Driver

Canon MP287 Scanner Driver

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Canon MP287 Scanner Driver digunakan sebagai alat untuk menyambungkan perangkat lunak dan printer.

Tanpa adanya driver tersebut, maka printer yang juga berfungsi sebagai scanner ini tidak akan bisa berfungsi sama sekali.

Itulah kenapa setelah membeli laptop Canon MP287 atau 280 series, dianjurkan untuk langsung melakukan proses pemasangan driver pada komputer.

Tanpa pemasangan driver ini akan sulit untuk menyambungkan dua perangkat.

Setelah driver Canon MP287 scanner sudah terpasang dengan baik, Anda bisa menyambungkan printer ke dalam komputer atau laptop dan menggunakannya untuk mencetak atau melakukan proses scanning dengan mudah.

Tentang Canon MP287 Scanner Driver dan Printer

Sebelum membahas tentang driver Canon MP287, tidak ada salahnya kita membahas terlebih dahulu jenis printer ini. Canon MP287 merupakan salah satu jenis printer yang paling banyak digunakan.

Printer ini cukup bisa diandalkan karena memiliki fungsi yang sangat lengkap. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan proses cetak berbagai jenis dokumen baik itu yang berwarna atau dalam bentuk hitam putih.

Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkannya untuk melakukan proses scanning atau pemindaian dokumen.

Beberapa fungsi lain yang mungkin akan dimiliki adalah bisa digunakan untuk melakukan proses fotocopy berwarna.

Printer ini masuk kategori menengah ke bawah karena semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah.

Meski demikian fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap sehingga sering digunakan oleh perkantoran ataupun anak kuliahan.

Printer ini mudah tersambung ke berbagai jenis perangkat khususnya yang memiliki sistem operasi Windows. Jadi proses cetak dan scanning bisa berjalan dengan lebih mudah dan juga cepat sesuai dengan keinginan.

Download Driver

Download Driver

Biasanya Anda akan mendapatkan driver dalam bentuk CD yang bisa dipasang secara langsung pada komputer atau laptop. Jika tidak memilikinya bisa langsung menggunakan link di bawah ini:

Jenis DriverLink Download
Windows (1.04)https://id.canon/id/support/0100290701?model=4498B
Windowshttps://id.canon/id/support/0100290801?model=4498B
Machttps://id.canon/id/support/0100569802?model=4498B

Cara Install Canon MP287 Scanner Driver

Proses pemasangan sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan yaitu dengan hanya perlu membuka aplikasi ini.

Proses membukanya disesuaikan dengan jenis komputer apakah menggunakan Windows ataupun MacBook. Setelah itu, bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka secara langsung apabila tidak bisa bisa melakukan klik kanan lalu run as administrator.
  2. Setelah itu, bisa langsung melakukan proses pemasangan dengan mengikuti semua langkah yang ada pada installer.
  3. Lakukan semua pemasangan hingga selesai dan memunculkan halaman finished.
  4. Selanjutnya langsung menutup aplikasi installer dan menyambungkan laptop ataupun scanner dengan komputer.

Cara Menggunakan Canon MP287 Scanner Driver

Cara Menggunakan Canon MP287 Scanner Driver

Untuk menggunakan cukup melakukan proses pemasangan seperti yang sudah dijelaskan di setelah itu tidak perlu membuka driver lagi karena secara otomatis akan melakukan proses pemasangan yang sesuai dengan keinginan.

Jadi setelah digunakan sekali, tidak perlu melakukan proses pemasangan driver.

Namun untuk bisa memaksimalkannya biasanya harus melakukan proses update secara berkala apabila disediakan oleh pihak Canon.

Yang paling penting ketika melakukan proses pemasangan di awal menggunakan jenis yang paling tepat. Dengan begitu, driver akan bisa memaksimalkan fungsi dari scanner ataupun printer yang dipakai.

Kelebihan Canon MP287 Scanner Driver

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki Canon MP287 scanner driver. Apabila menggunakannya, maka beberapa fungsi yang dimiliki oleh laptop berikut ini bisa digunakan.

1. Cetak Dokumen Instan

Kelebihan pertama yang dimiliki adalah bisa digunakan untuk melakukan proses pencetakan dokumen secara instan.

Maksud dari pencetakan dokumen secara instan ini adalah Anda bisa mencetak berbagai jenis dokumen secara langsung. Misal Anda memiliki dokumen dalam bentuk PDF maka proses cetak bisa dilakukan saat itu juga.

Cukup membuka file itu, lalu mengatur beberapa margin agar sesuai dengan jenis kertas yang nantinya akan digunakan.

Selain itu, bisa juga disambungkan ke beberapa perangkat sehingga proses cetak bisa dilakukan secara bergantian. Ini akan memudahkan proses cetak yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Scanning Aneka Berkas

Proses scanning berbagai jenis berkas juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Sekarang ini bisa dilakukan secara langsung dengan memanfaatkan fitur pemindaian yang ada di bagian atas dari printer.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan dokumen dalam bentuk berkas satu persatu di bagian atas. Setelah itu, bisa melakukan proses pemindaian dan secara otomatis akan langsung ditampilkan pada layar.

Biasanya akan membutuhkan aplikasi tambahan seperti penampil foto. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan proses penyimpanan yang paling sesuai dan dijadikan PDF sesuai dengan keinginan.

3. Fotokopi Berkas

Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan proses fotocopy berkas sesuai dengan kebutuhan. Proses fotocopy bisa dilakukan untuk dua hal yaitu fotocopy berwarna dan juga fotocopy untuk hitam putih.

Anda bisa melakukan proses pemilihan kira-kira akan melakukan fotocopy berkah secara langsung ataupun disunting terlebih dahulu. Apabila ingin cara instan fungsinya hampir mirip dengan mesin fotocopy yang ada di luar sana.

Tinggal menekan tombol scanning dan secara otomatis akan langsung dicetak dengan menggunakan kertas yang ada di dalam printer. Dengan sistem ini maka proses scanning bisa berjalan dengan lebih mudah.

4. Pembersihan Otomatis Printer

Proses pembersihan bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan printer ini. Proses pembersihan ini bisa dilakukan akan membuat fungsi dari printer bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Biasanya printer yang digunakan selama berhari-hari dan intens akan memiliki banyak sekali kotoran atau kerak di dalamnya. Proses pembersihan harus dilakukan untuk menghindari gangguan.

5. Auto Connect

Apabila pernah melakukan proses pemasangan driver Canon MP287 sebelumnya. Berbagai jenis perangkat bisa langsung melakukan auto connect apabila tersambung dengan menggunakan printer ini.

Dengan kemampuan ini, maka semua jenis perangkat yang pernah terpasang drivernya akan langsung tersambung dengan sendirinya. Ini berlaku tidak hanya untuk MP287 saja tetapi juga MP280 series.

Kemudahan ini membuat proses untuk melakukan printing ataupun scanning bisa berjalan dengan lebih mudah. Satu hal yang mungkin harus diperhatikan dari printer ini adalah ukurannya yang sedikit lebih besar daripada printer yang lain.

Tips Memaksimalkan Penggunaan

Untuk bisa memaksimalkan penggunaan dari printer ini disarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Menggunakan perangkat yang memang sudah sesuai sehingga proses pemasangan bisa dilakukan secara instan.
  2. Melakukan proses pembersihan secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang menempel di dalam cartridge.
  3. Usahakan untuk melakukan proses update secara rutin dengan mengunduh driver terbaru yang dimiliki oleh printer.

Penutup

Canon MP287 scanner driver harus dipasang terlebih dahulu ketika akan memanfaatkannya. Biasanya ketika menggunakan produk yang baru, sudah akan disediakan driver dalam bentuk CD yang bisa digunakan saat itu juga.

Namun ada juga yang tidak menggunakan itu karena menggunakan versi bekas atau meminjam milik orang lain. Agar bisa melakukan proses pemasangan driver, harus dipasang dengan download dari link yang sudah dituliskan di atas.

Baca Juga: