5 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, buat kamu pengguna smartphone keluaran Xiaomi, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi?

Jika belum, cara ini penting sekali untuk kamu ketahui.  

Karena cara ini bisa menyelamatkan memori ponsel kamu yang bisa terganggu karena kapasitasnya yang rendah.

Jika kamu pengguna baru xiaomi dan belum familiar terkait cara untuk memindahkan aplikasi dari memori internal kamu ke kartu SD Xiaomi,

Maka kamu bisa menyimak cara-cara yang akan mimin rekomendasikan dalam artikel berikut ini.

Simak baik-baik ya. Check it out!

Berikut Beberapa Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi dengan Cepat dan Mudah

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Nah, terkadang sering kali saat kita mengunduh aplikasi tertentu, file aplikasi tersebut akan tersimpan dalam memori internal pada hp yang kita gunakan.

Sehingga karena hal itu penyimpanannya menjadi lebih sedikit dan kinerja handphone kamu akan terganggu.

Untuk mengatasinya, mimin akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara pertama yang mimin rekomendasikan buat kamu untuk Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Aplikasi tersebut tersedia pada google play store, contoh aplikasinya seperti Link2SD, AppMgr ill, atau aplikasi sejenisnya.

Silakan kamu download, install dan menggunakan aplikasinya.

Memindahkan file aplikasi ke kartu SD menggunakan cara ini terbilang cukup efektif dan paling banyak dilakukan oleh pengguna handphone Xiaomi.

Adapun hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan cara ini adalah apakah aplikasi tersebut memerlukan root ponsel atau tidak.

2. Memanfaatkan Memori Internal Khusus untuk Aplikasi

Nah, karena terkadang tidak ada cara memindahkan aplikasi ke sd card pada beberapa tipe HP Xiaomi tanpa root, maka alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan melakukan optimalisasi.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan membersihkan data data yang ada pada ponsel pintar kamu. Misalnya seperti foto, video, file, dan yang lainnya dari memori internal kamu.

Sehingga dengan begitu, memori internal kamu akan lebih longgar tanpa harus memindah aplikasi ke SD card.

Akan tetapi apabila cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini masih belum efektif, maka kamu bisa mengunduh apps tambahan atau secara online.

Sebab dalam banyak hal, untuk memindahkan aplikasi ke dalam SD card sendiri membutuhkan ketelatenan supaya bisa berhasil.

Apakah seribet itu? Kamu bisa coba sendiri ya guys.

3. Memindahkan ke Kartu SD Secara Langsung

Memindahkan ke Kartu SD Secara Langsung

Selanjutnya, adapun cara kedua yang mimin rekomendasikan buat kamu adalah dengan memindahkannya secara langsung ke kartu SD.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka menu “File Manager”, kemudian buka aplikasi yang filenya ingin kamu pindahkan.

Selanjutnya kamu bisa menekan sedikit lebih lama pada file aplikasi yang ingin kamu pindahkan.

Lalu tunggu hingga muncul pop up yang meminta persetujuan untuk memindahkan file aplikasi yang kamu inginkan tersebut.

Setelah itu klik menu “Pindahkan” dan pilih lokasi penyimpanan kartu SD Xiaomi kamu.

4. Menggunakan Aplikasi Penyimpan Data Online

Nah, sebenarnya aplikasi yang akan kamu pindahkan ke memori eksternal tidak sepenuhnya akan berpindah.

Apabila kamu tidak memiliki memori SD card pada smartphone, maka file foto dan video serta file selain aplikasi bisa kamu pindah ke penyimpanan online. Adapun penyimpan data secara online ini akan memudahkan kamu untuk mengosongkan memori internal tanpa harus memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi kamu.

Akan tetapi, apabila cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini kamu rasa kurang efektif dan tidak sepenuhnya berhasil, maka ada baiknya kamu menggunakan cara pemindah apps dengan root.

Nah, perlu kamu ingat, Xiaomi sendiri sudah memberikan peringatan bahwa cara ini berbahaya untuk ponsel pintar kamu, terutama penggunaan aplikasi.

Namun apabila terdesak, maka kamu bisa memilih cara root ini. Berikut uraian lengkapnya yang sudah mimin rangkum buat kalian semua.

5. Melakukan Root pada Ponsel

Adapun cara selanjutnya untuk Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi adalah dengan melakukan root pada ponsel.

Dengan melakukan root pada ponsel maka kamu bisa menjalankan sistem android kembali sesuai dengan keinginan kamu setelah ponsel kamu melakukan root.

Namun, saat ponsel kamu melakukan proses root, proses ini memiliki resiko kegagalan yang cukup tinggi yang sedikit lebih rumit dan merepotkan.

Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan proses root pada ponsel kamu untuk memindahkan file aplikasi, pelajari dulu dua cara di atas yang lebih aman ya.

Atau jika kamu ingin melakukan proses root namun ragu, kamu bisa membawa ponsel kamu ke tempat untuk menyervis ponsel.

Kamu bisa meminta tolong ke tenaga ahli yang ada di tempat servis untuk membantu kamu melakukan proses root pada ponsel kamu tersebut.

Itulah 3 cara yang bisa mimin rekomendasikan buat kamu untukmemindahkan file aplikasi ke kartu SD.

Sedikit saran, jika kamu tidak mau repot memindahkan file aplikasi kamu ke kartu SD, maka kamu bisa menyetting terlebih dahulu penyimpanan pada ponsel kamu sebelum mengunduh aplikasi ke ponsel.

Menyetting penyimpanan pada memori internal atau kartu SD ini penting.

Hal ini bertujuan agar memori internal pada ponsel kamu bisa bertahan sedikit lebih lama penyimpanannya.

Dengan begitu, kinerja ponsel kamu tidak akan terganggu karena memori internalnya terlalu penuh.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi yang bisa mimin share buat kalian terkait Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi dengan mudah dan cepat.

Semoga beberapa cara yang mimin rekomendasikan ini bisa membantu kamu untuk memindahkan file alikasi ke kartu SD Xiaomi kamu.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya guys.

Jangan lupa untuk inforamasi tambahan, kamu juga bisa baca artikel berikut ini: