Cara Download dan Install Driver Sound Windows 10 Terbaru

Driver Sound Windows 10

Swarariau.com, Tutorial -- Driver sound Windows 10 dimanfaatkan untuk bisa memaksimalkan hardware speaker. Tanpa adanya driver ini maka suara yang ada pada komputer atau laptop tidak akan bisa dikeluarkan secara maksimal.

Bahkan, tidak akan ada suara sama sekali. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk memasang terlebih dahulu driver yang paling cocok.

Dengan melakukan proses pemasangan ini, maka apabila memutar musik hardware yang terpasang bisa mengeluarkan bunyi yang sangat nyaring.

Dalam artikel ini akan dibahas hal-hal seputar driver untuk sound Windows 10. Selain itu, juga akan dibahas tentang beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses pemasangan server sesuai dengan kebutuhan.

Tentang Driver Sound Windows 10

Secara umum untuk bisa memaksimalkan seluruh hardware yang ada pada laptop ataupun komputer dibutuhkan driver.

Fungsi dari perangkat lunak ini adalah untuk menjembatani perangkat keras dan juga sistem operasi dari komputer.

Tanpa adanya driver ini kemungkinan besar akan sangat sulit untuk menyambungkan dua perangkat yang berbeda agar bisa berjalan beriringan.

Bahkan meski memiliki spesifikasi yang sangat tinggi sekalipun tidak akan bisa digunakan untuk apapun.

Ini sangat berlaku untuk driver audio pada Windows 10. Apabila Anda menggunakan driver ini maka fungsi dari speaker ataupun alat untuk mengeluarkan suara bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Tanpa adanya driver tersebut, maka proses untuk mengeluarkan suara akan terganggu oleh sistem.

Meskipun Anda menggunakan komputer ataupun laptop yang memiliki speaker berjenis Dolby atau sejenisnya sekalipun tidak akan berguna.

Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk melakukan pemasangan driver yang paling sesuai.

Setelah melakukan proses pemasangan, selanjutnya Anda bisa komputer apapun dengan cukup mudah dan efeknya akan menggelegar.

Cara Install Driver Sound Windows 10

Cara Install Driver Sound Windows 10

Untuk melakukan proses pemasangan driver sound Windows 10 bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Siapkan terlebih dahulu driver Windows 10.
  2. Klik pada file tersebut untuk memulai proses pemasangan.
  3. Apabila tidak bisa dilakukan bisa langsung klik kanan Run As Administrator.
  4. Setelah itu bisa langsung melakukan proses pemasangan seperti biasa.
  5. Selanjutnya tunggu proses pemasangan hingga selesai.
  6. Apabila berjalan dengan baik biasanya ketika digunakan untuk memutar sesuatu yang bersuara tidak akan ada masalah.

Download Driver

Apabila ingin download driver disarankan untuk menggunakan link yang tersedia di bawah ini:

Link Download

Jika membutuhkan jenis yang lain bisa langsung melakukan pencarian dengan menggunakan varian yang dimiliki oleh komputer atau laptop. Biasanya setiap orang katakan memiliki jenis yang berbeda-beda.

Kelebihan Driver Sound Windows 10

Kelebihan Driver Sound Windows 10

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh driver sound Windows 10. Kelebihan itu sangat dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan penggunaan audio ataupun suara. Simak kelebihan selengkapnya di bawah ini:

1. Bisa Menyesuaikan Jenis Perangkat

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh driver ini adalah bisa menyesuaikan dengan jenis perangkat.

Maksudnya bisa menyesuaikan dengan jenis laptop atau komputer yang sedang digunakan dan hardware apa saja yang dipakai.

Normalnya apabila menggunakan laptop Windows biasanya akan menggunakan audio berupa Realtek.

Namun setiap perangkat akan memiliki jenis audio yang berbeda-beda sehingga harus dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk memilih jenis yang paling tepat. Lakukan proses pengecekan terlebih dahulu agar tidak salah melakukan download.

Apabila salah melakukan download, kemungkinan besar akan sulit untuk diproses.

2. Ukuran Tidak Besar

Ukuran dari file juga tidak terlalu besar. Bahkan Anda bisa download secara langsung dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki.

Jadi proses pemasangan tidak akan memiliki masalah ketika memori internal dari laptop kecil. Meski ukurannya tidak terlalu besar, disarankan untuk menyimpannya pada flashdisk atau sejenisnya.

Jadi ketika Anda membutuhkannya bisa langsung melakukan proses pemasangan seperti biasa dan tidak perlu download kembali.

Selain itu ketika disimpan pada flashdisk memori internal yang terlalu sedikit pada laptop atau komputer bisa disiasati. Jadi tidak akan ada masalah ketika melakukan proses instalasi pada perangkat.

3. Bisa Diperbarui

Anda bisa memperbarui driver ini secara otomatis. Untuk memperbaruinya, bisa masuk ke dalam pengaturan lalu mencari ke bagian driver khususnya di Realtek. Setelah itu bisa langsung melakukan proses pengecekan.

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snappy Driver.

Dengan menggunakan aplikasi itu, Anda bisa langsung mendapatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bisa langsung mengunduh dari sana.

Aplikasi premium ini akan melakukan proses scanning secara otomatis. Proses scanning ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui kira-kira driver apa saja yang bisa langsung mendapatkan upgrade.

4. Sudah Ada secara Otomatis

Sebenarnya, driver ini sudah ada secara otomatis pada setiap laptop dengan sistem operasi Windows. Apalagi Anda menggunakan prosesor berupa Intel yang sudah menjadi satu dengan perangkat lunak lainnya.

Sayangnya tidak semua driver bisa langsung bekerja dengan baik apalagi jika sudah out of date.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan melakukan update secara manual agar fungsi dari audio bisa berjalan dengan sempurna.

Intinya Anda harus mencari terlebih dahulu apakah driver sudah terpasang atau belum. Apabila driver sudah terpasang maka bisa langsung melakukan proses update.

Apabila belum bisa bisa memasang versi yang paling baru.

5. Banyak Penyedianya

Aplikasi ini memiliki banyak sekali penyedia khususnya dari pembuat laptop.

Biasanya, situs-situs laptop tertentu memang mengeluarkan driver audio ini sehingga Anda hanya perlu melakukan download langsung dari sana.

Selain itu, situs resmi yang dimiliki oleh Intel juga mengeluarkan itu sehingga Anda bisa langsung mendapatkannya dengan mudah.

Setelah itu bisa langsung melakukan proses pemasangan seperti biasa hingga bisa dimaksimalkan fungsinya. Karena memiliki banyak sekali penyedia, Anda tidak perlu khawatir ketika akan melakukan update.

Bahkan bisa dengan mudah untuk melakukan modifikasi pada perangkat sehingga audio yang keluar bisa semakin maksimum.

Hal yang Diperhatikan Saat Memasang

Apabila ingin melakukan proses pemasangan ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk menghindari kesalahan:

  1. Cari tahu terlebih dahulu hardware yang Anda gunakan pada laptop.
  2. Cari tahu juga jenis sistem operasi yang digunakan sehingga proses pencarian driver bisa sesuai dengan kebutuhan.
  3. Hindari untuk melakukan pemilihan driver dari situs-situs yang tidak terkenal. Pastikan untuk selalu mencari pada situs yang asli.
  4. Proses pemasangan disarankan yang bisa otomatis seperti ketika menggunakan aplikasi Snappy Driver.
  5. Ketika melakukan proses pemasangan, pastikan untuk menggunakan versi yang paling baru serta unduh driver dengan menggunakan koneksi internet yang lebih stabil.

Penutup

Driver sound Windows 10 wajib dipasang pada gadget yang sedang Anda gunakan. Dengan melakukan itu, maka fungsi dari hardware yang bisa mengeluarkan suara bisa berjalan dengan baik dan tanpa hambatan.

Ketika akan memasang driver pastikan untuk selalu memilih jenis yang paling tepat.

Selain itu, pastikan juga untuk memasang versi yang paling baru agar bisa memaksimalkan penggunaan dari hardware yang sudah terpasang sebelumnya.

Baca Juga: