Mudah! Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di Android

Daftar Isi
Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di Android
Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di Android

Swarariau.com, Tutorial -- jika kamu sering mengalami masalah dengan koneksi WiFi pada perangkat Android kamu, seperti terhubung ke jaringan WiFi tetapi tidak bisa mengakses internet.

Bikin kesal nggak sih? 

Masalah ini merupakan masalah yang umum terjadi, Tetapi kamu jangan khawatir, Kali ini Admin akan membantu kamu mengatasi masalah ini.

Memiliki WiFi yang terhubung tapi tidak ada akses internet pada perangkat Android dapat menyebabkan frustrasi, Terutama saat kamu sedang membutuhkannya untuk mengakses email, browsing web, atau menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan internet.

Namun, Dengan beberapa langkah sederhana dan solusi yang admin berikan pada artikel ini, Kamu akan dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

Nah, langsung saja kita simak penjelasan detailnya berikut ini. Check it out!

1. Periksa Koneksi WiFi 

Periksa Koneksi WiFi
Periksa Koneksi Wifi

Nah, Sering kali perangkat Android terhubung ke jaringan WiFi tetapi tidak dapat mengakses internet, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa koneksi WiFi kamu.

Pastikan bahwa router WiFi kamu berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah koneksi pada sisi jaringan.

Kamu juga dapat mencoba untuk menghubungkan perangkat Android kamu ke jaringan WiFi lainnya untuk memastikan bahwa masalah tersebut bukan karena perangkat kamu.

Jika masalahnya terletak pada jaringan WiFi, Kmau dapat mencoba me-reset router WiFi kamu dengan mematikan secara menyeluruh selama beberapa detik sebelum kamu hidupkan kembali.

Setelah router kamu hidupkan kembali, Tunggu beberapa saat hingga koneksi WiFi stabil dan mencoba menghubungkan perangkat Android kamu lagi.

2. Periksa Pengaturan Jaringan di Perangkat Android 

Periksa Pengaturan Jaringan di Perangkat Android
Periksa Pengaturan Jaringan di Pwerangkat Android

Jika masalah terletak pada perangkat Android kamu, Kamu harus memeriksa pengaturan jaringan pada perangkat kamu untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Pastikan kamu telah memasukkan kata sandi WiFi dengan benar dan bahwa perangkat kamu tidak dalam mode pesawat atau mode hemat daya yang dapat membatasi koneksi internet.

Kamu juga dapat mencoba menghapus jaringan WiFi yang bermasalah dari daftar jaringan yang telah kamu simpan pada perangkat Android kamu.

Nah, Kemudian mulai ulang perangkat kamu dan mencoba menghubungkan kembali ke jaringan WiFi tersebut.

Pada beberapa perangkat Android, Kamu juga dapat mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan mode penerbangan sebelum menghubungkan kembali ke WiFi.

3. Lakukan Reset Pengaturan Jaringan di Perangkat Android

Lakukan Reset Pengaturan Jaringan di Perangkat Android
Lakukan Reset Pengarutan Jarinagn di Perangkat Android

Jika masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet masih terjadi, Kamu dapat mencoba untuk melakukan reset pengaturan jaringan pada perangkat Android kamu.

Ini akan menghapus semua pengaturan jaringan kamu, termasuk jaringan WiFi yang telah kamu simpan, sehingga kamu perlu memasukkan kembali kata sandi WiFi saat kamu menghubungkannya kembali.

Nah, Untuk melakukan reset pada pengaturan jaringan, buka Pengaturan pada perangkat Android kamu, cari opsi "Pengaturan Tambahan" atau "Pengaturan Tambahan Jaringan", dan pilih opsi "Reset Pengaturan Jaringan" atau serupa.

Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses reset, lalu coba lagi menghubungkan perangkat Android kamu ke jaringan WiFi dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa admin jelaskan terkait cara mengatasi masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet pada perangkat Android.

Caranya mudah bngaat lho!

Dengan mengikuti langkah-langkah dan solusi yang admin berikan pada artikel ini, Kamu akan dapat mengatasi masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet pada perangkat Android kamu .

Nah, Selalu pastikan kamu memeriksa koneksi WiFi, pengaturan jaringan, dan mempertimbangkan pengaturan lain yang dapat mempengaruhi koneksi WiFi kamu.

Jika masalahnya masih tidak teratasi, Kamu dapat mencari bantuan lebih lanjut dari penyedia layanan internet atau teknisi yang bersertifikat.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu yang masih belum mengetahui cara mengatasi masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet pada perangkat Android.

Selamat mencoba ya!