Agar AC Hemat Listrik Pakai Mode Apa?

Daftar Isi
Agar AC Hemat listrik pakai mode apa
Agar AC Hemat listrik pakai mode apa

Swarariau.com, Service AC, Halo guys -- Ketika cuaca panas, keberadaan air conditioner atau AC memiliki peran penting untuk menghalau udara panas dari luar, bukan?

Hal itu akan membuat orang-orang yang berada di dalam ruangan ber-AC akan merasa lebih nyaman dan sejuk.

Tidak heran, jika mulai banyak rumah-rumah memasang AC untuk memberikan kenyamanan di dalamnya.

Namun, penggunaan AC yang berlebihan dapat meningkatkan penggunaan energi listrik, sehingga berdampak pada tagihan listrik yang tinggi.

Berbagai tips mengatur suhu AC agar hemat listrik ini penting diketahui, mengingat masyarakat Indonesia tinggal di negara beriklim tropis yang cukup sering menghadapi cuaca panas.

Jika kamu sudah tahu tipsnya, kamu dapat mengurangi tagihan listrik dan menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Gunakan Mode Hemat Energi pada AC

Musim panas udah datang lagi, dan itu berarti satu hal pasti siap-siap ngerasa panas yang ngga ketulungan.

Nah, saat udara mulai terasa kayak di dalam oven, yang kamu butuhin cuma satu hal yaitu AC. Tapi, tunggu dulu, sebelum kamu nyalain AC, ada baiknya kamu ketahui dulu mode mana yang paling hemat listrik.

Biar tagihan listrik kamu gak semakin meningkat. Ada bebepa mode yang parlu untuk kamu atur, supaya tagihan listrik hemat setiap bulannya.

Jika kamu penasaran? Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Mode ECO

Nah, kalau kamu pengen yang paling hemat listrik, mode ECO ini jawaranya. Mode ini tuh bikin AC jadi lebih bijak dalam mengatur suhu ruangan.

Jadi, begitu suhu udara mencapai level yang kamu tentuin, AC bakal berhenti dulu sementara. Nah, kalo udara mulai hangat lagi, dia bakal nyala lagi.

Dengan begitu, ngga terlalu boros listrik, kan? Makanya, kalau pengen hemat, ini mode ECO yang harus kamu pilih.

Mode Sleep

Kalau kamu udah siap tidur, tapi masih pengen AC-nya tetep nyala, coba deh mode Sleep. Mode ini ngasih perubahan setting yang cocok buat malam hari.

Biasanya suhu jadi agak hangat dikit daripada biasanya dan AC jadi lebih pelan, jadi ngga terlalu mengganggu tidur kamu.

Dan yang pasti, ini juga lebih hemat listrik ketimbang mode biasa.

Mode Fan

Kalau cuaca ngga terlalu panas dan cuma butuh sirkulasi udara aja, coba deh pake mode Fan. Ini bakal ngeluarin udara dingin tanpa perlu proses pendinginan yang berat kayak mode biasa. Jadi, hemat listriknya bisa diandalkan.

Mode Auto

Nah, Kalau kamu pengen yang paling otomatis, pake aja mode Auto. AC bakal bekerja sesuai sama suhu yang kamu setting.

Jadi, AC bakal nyala kalau suhu terlalu tinggi dan berhenti kalau udara udah cukup dingin. Hemat listrik dan ngga ribet, kan?

Dengan menggunakan mode yang satu ini kamu bisa lebih menghemat untuk taginahan listrik setiap bulannya.

Jangan Pernah Pake Mode Turbo

Terakhir, jangan sampe kepo buat pake mode Turbo terus-terusan. Mode ini emang bisa bikin ruangan dingin cepet, tapi juga bakal nyedot listrik super banyak.

Jadi, kalau mau hemat, hindari mode ini kalau ngga penting banget. Mengunakan mode ini akan meningkatkan tagihan listrik mu semakin tinggi.

Penutup

Jadi, dari semua mode yang ada, yang paling hemat listrik itu memang mode ECO. Tapi, tentunya, pilihan mode juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan kondisi cuaca.

Yang paling penting, jangan lupa matiin AC kalau udah ngga perlu lagi, biar ngga boros listriknya. Semoga dengan adannya artikel kali ini bisa membantu kamu dalam menentukan mode untuk menghemat tagihan listrik.

Selamat Mencoba!