Kenapa AC Dingin Nya Lama?

Daftar Isi
Kenapa AC Dingin Nya Lama
Kenapa AC Dingin Nya Lama

Swarariau.com, Service AC, Halo guys -- Penggunaan AC atau pendingin udara, terkadang kamu ingin segera merasakan kesejukan yang diberikan dari sebuah AC di rumahmu, terlebih saat kondisi begitu gerah dan panas.

Namun, AC yang kamu nyalakan seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan, sehingga bisa saja membuatmu merasa jengkel karena hal tersebut. Bikin emosi, kan?

Nah, Jika seperti ini, cara kerja AC akan menurun dan memperlihatkan ragam masalah, salah satunya pendinginan yang terlalu lama.

Ada beberapa penyebab yang bisa saja membuat AC yang kamu miliki di rumah cukup lama mendinginkan sebuah ruangan.

Yuk, langsung saja simak terus artikel kali ini, supaya kamu tahu masalah pada AC kenpa gak mau dingin!

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pengertian Air Conditioning (AC)

Air Conditioning
Air Conditioning AC

AC merupakan singkatan dari Air Conditioning, yang merupakan sistem yang dirancang untuk mengontrol suhu, kelembaban, sirkulasi udara, dan kualitas udara di dalam suatu ruangan atau bangunan.

Tujuan utama dari AC untuk menciptakan kondisi yang nyaman bagi kamu dengan mendinginkan udara pada hari-hari panas dan menghangatkan udara pada hari-hari dingin.

Namun, tak jarang AC yang kamu nyalakan seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan.

Tentu masalah ini akan menyebalkan banget, bukan?

Akan tetapi ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, berikut ini penjelasa selegkpanya.

Overload

AC itu kan punya batasan daya yang bisa dia handle. Kadang kita suka maksa AC buat ngecoolin ruangan yang terlalu gede, atau malah nyalain semua alat elektronik sekaligus di kamar. 

Nah, ini bisa jadi penyebab kenapa AC jadi lama dinginnya. AC bakal berusaha mati-matian buat ngecokin ruangan yang terlalu besar atau dipenuhi sama barang elektronik. 

Jadi, kamu coba deh kurangin beban elektronik atau pilih AC yang sesuai sama kebutuhan ruangan.

Filter AC Kotor

Kadang kamu lupa, bahwa AC itu butuh perawatan juga. Filter AC yang udah kotor bisa bikin kinerja AC jadi menurun. 

kalau udah gitu, ya jangan heran kalau dinginnya lama. Kotoran yang numpuk di filter bikin udara jadi susah mengalir, dan hasilnya AC jadi kerja lebih berat. 

Nah, solusinya sih sederhana, kamu rajin-rajin deh membersihkan filter AC, minimal sebulan sekali. Dijamin AC jadi lebih bertenaga!

Freon Kosong

Freon itu kayak bahan bakar buat AC, lho kalau freon-nya udah abis atau kurang, jangan harap AC kamu bakal dingin. 

Sama kayak motor tanpa bensin, Kadang kamu ga nyadar kalau AC udah kurang freon, soalnya nggak keliatan gitu aja. 

Kalau AC jadi lemah dan dinginnya lama, mungkin itu tanda-tandanya freon udah abis. Jadi, kalau beneran butuh, panggil teknisi buat nambahin freon.

Thermostat Ngaco

Thermostat itu kayak boss-nya AC. Dia yang atur suhu yang kamu mau. Kadang kamu suka sembarangan atur suhu AC tanpa mikir dampaknya. 

Nah, kalau thermostat ngaco, bisa jadi AC jadi bingung ngasih dingin seberapa banyak. 

Kamu pikir tinggi dikit, dinginnya langsung kerasa, padahal nggak. Jadi, atur thermostat sesuai kebutuhan dan perhatiin reaksinya.

AC Tua dan Rapuh

Kayak manusia, AC juga punya umur pakai. kalau AC udah tua, bisa aja performanya jadi menurun. Sering kali kamu bandingin AC kayak superhero, tapi jangan lupa kalau superhero juga punya batasan umur, kan? 

Jadi, kalau AC udah tua dan keliatannya nggak beres, mungkin saatnya kamu pertimbangkan untuk ganti yang baru.

Pemasangan AC yang Ngga Bener

Ini yang sering banget kamu abai. Pemasangan AC yang ngga bener bisa bikin kinerjanya jadi kurang maksimal. Mungkin aja pipa AC bocor atau udah ada yang rusak. 

Nah, kalau udah kayak gini, bisa dipastikan AC bakal lama banget ngecoolin ruangan. Jadi, sejak awal, pastiin pemasangan AC kamu dilakukan oleh ahlinya, ya!

Cuaca Ekstrim

Kalau cuaca lagi nggak bersahabat, AC juga bisa kewalahan. Misalnya lagi panas banget atau lagi hujan deres, AC mungkin bakal butuh waktu lebih lama buat ngecoolin ruangan. 

Jadi, kadang-kadang kamu perlu lebih sabar, dan nggak langsung salahkan AC kalau cuaca lagi ekstrim.

Penutup

Jadi, itulah beberapa alasan kenapa AC kadang-kadang lama banget dinginnya. kamu juga perlu ingat bahwa AC itu bukan alat ajaib yang bisa langsung bikin dingin dalam sekejap. 

Kamu perlu bantuin AC dengan ngasih perawatan yang cukup dan jangan terlalu maksa AC dengan beban yang berlebihan.

Semoga artikel ini membantu, kamu ya!