Listrik 1300 Watt Bisa Pasang AC Berapa?

Daftar Isi
Listrik 1300 Watt Bisa Pasang AC Berapa
Listrik 1300 Watt Bisa Pasang AC Berapa

Swarariau.com, Service AC -- Halo guys, Banyak orang yang masih suka bingung perihal PK AC agar sesuai dengan kebutuhan maupun daya listrik yang dipakai.

Mungkin saat ini kamu masi bertanya-tanya Listrik 1300 Watt bisa pasang AC berapa PK? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir.

Nah, pada atikel kali ini admin akam mengupupas khusus untuk kamu, mengenai Listrik 1300 Watt Bisa Pasang AC Berapa, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya.

Dulu kita selalu mikir kalau pasang AC itu butuh listrik yang gede banget. Tapi, sekarang, dengan teknologi yang semakin canggih, listrik 1300 watt juga bisa dipake buat pasang AC, loh. Gila, kan?

Nah, kali ini admin bakal bahas seberapa besar AC yang bisa kamu pasang dengan listrik 1300 watt.

Jadi, jangan kemana-manannya berikut ini informasi selengkapnya!

1. Jenis AC yang Bisa Dipasang

Sebelum admin bahas lebih jauh, kamu harus tahu dulu jenis AC yang bisa dipasang dengan listrik 1300 watt. Biasanya, AC jenis split 0.5 PK atau 1 PK.

Nah, itu sebenernya yang paling umum dan efisien buat listrik rumah tangga kita yang biasa aja.

...Sebgai informasi untuk kamu,

Sebelum kamu membeli AC wajib untuk mengetahui berapa daya listrik yang dimiliki. Jangan sampai kamu salah pilih PK AC, karena dapat membuat listrik korslet dan tagihan listrik membengkak.

Biasanya untuk rumah yang memiliki daya listrik 900 Watt, untuk kapasitas PK yang dapat dipilih maksimal hanya 3/4 PK saja.

2. Hitung Kebutuhan Daya AC

Untuk AC 1 PK sendiri diketahui membutuhkan daya hingga 840 Watt, sedangkan yang low watt atau 1,2 PK bisa membutuhkan daya sampai 660 Watt.

Jangan lupa kenali kapasitas daya listrik di rumah mu terlebih dahulu ya!

Gini, sebelum beli AC, kamu harus tahu dulu berapa kebutuhan daya AC yang kita butuhkan. kamu nggak mau kan beli AC, pasang di rumah, tapi listrik jadi sering mati lampu.

Tentu itu sangat menyebalkan,

Nah, biasanya, AC tuh punya tulisan daya yang harus kita perhatiin. Kalau misalnya AC-nya 0.5 PK, itu butuh sekitar 350-400 watt. Kalau yang 1 PK, mungkin sekitar 700-900 watt.

3. Pemakaian Listrik Lainnya

Nah, sekarang kamu nggak cuma punya AC di rumah, kan? kamu punya lampu, kulkas, televisi, dan yang lainnya.

Dengan begitu, kamu harus lihat juga, apakah listrik 1300 watt ini cukup untuk semuanya kalau nggak, nanti bisa-bisa kamu bikin blackout sendiri di rumah.

Begitu juga seterusnya jika daya listrik yang kamu miliki lebih besar, maka kapasitas PK yang dipilih juga harus lebih besar.

4. Kualitas Listrik di Daerah kamu

Bukan cuma AC dan perangkat lainnya, kamu juga harus perhatiin kualitas listrik di daerah. Kalau sering mati lampu atau listriknya nggak stabil, mendingan kamu mikir dulu sebelum pasang AC.

Kamu kan nggak mau AC baru dipasang, eh, malah jadi rusak gara-gara listrik yang nggak stabil. 1300 watt adalah daya maksimal yang dibutuhkan oleh beban listrik kamu.

Dalam hal ini, kamu harus memastikan bahwa daya yang kamu miliki dari sumber listrik cukup untuk mengoperasikan beban listrik yang akan digunakan, termasuk AC.

5. AC Inverter, Opsi yang Cerdas

Nah, kalau kamu punya dana lebih, mendingan pilih AC yang inverter. Kenapa? AC inverter ini lebih efisien dalam penggunaan listrik.

AC inverter merupakan salah satu jenis AC yang punya teknologi canggih dan mampu membuat pemakaian daya listrik rendah.

Jadi, walaupun daya AC-nya gede dikit, tapi nggak bakalan bikin listrik kamu jadi bermasalah. Hemat energi dan tetep dingin.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang bisa admin sampaikan mengenai listrik 1300 Watt bisa pasang AC berapa. Tapi, tetap ada pertimbangan dan catatan khusus yang perlu kamu perhatikan.

Kamu nggak mau kan, udah seneng punya AC, eh, malah listrik di rumah jadi kacau-balau?

Intinya, kamu harus pintar-pintar dalam mengelola listrik di rumah. Pilih AC yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk rajin servis AC biar tetap awet.

Dengan begitu, kamu bisa tetap nyaman tanpa harus khawatir listrik mati. Semoga AC-nya nggak cuma dingin, tapi juga dingin di dompet!

Semoga bermanfaat!