Bagaimana Cara AC Itu Dapat Mendinginkan Udara?

Cara AC Itu Dapat Mendinginkan Udara
Cara AC Itu Dapat Mendinginkan Udara

Swarariau.com, Service AC, Halo guys -- AC merupakan peralatan elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan atau membuat udara pada sebuah ruangan menjadi lebih sejuk.

Banyak orang yang menggunakan AC di rumah untuk mendapatkan kenyamanan. Tahukah kamu, bagaimana cara kerja sistem AC yang bisa membuat ruangan terasa sejuk dan nyaman?

Kamu perlu tahu kalau AC itu sebenernya AC punya komponen-komponen penting yang bekerja sama buat bikin udara jadi sejuk.

Salah satu komponen paling utama adalah refrigerant, yang biasanya dalam bentuk cair. Ini kayak bahan bakar buat AC. 

Nah, jadi, refrigerant ini bakal mengalir di dalam sistem AC dan berperan penting dalam proses pendinginan udara.

Hal ini membuat suhu udara di dalam ruangan berangsur-angsur turun sehingga terasa lebih dingin dari sebelumnya.

Lantas, bagaimana sih cara kerjanya? yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai supaya kamu tahu cara kerja AC.

Berikut ini penjelasan selengkapnnya!

Apa itu Refrigerant

Refrigerant ini dikenal juga sebagai freon, yaitu campuran kimia yang biasa digunakan dalam kulkas dan AC. 

Fungsi refrigerant sendiri untuk mengeluarkan panas dari udara sekitar dan menghasilkan udara dingin.

Zat ini sering kali mengalami perubahan wujud zat berulang dari cairan menjadi gas serta sebaliknya. Refrigerant ini bakal mengalir di dalam sistem AC dan berperan penting dalam proses pendinginan udara.

Dalam sistem AC ataupun kulkas, refrigerant adalah salah satu komponen kunci yang sangat penting. 

Namun, tidak banyak orang yang benar-benar memahami apa itu refrigerant dan bagaimana cara kerjanya.

Cara Kerja Air Conditioner ( AC )

Pertama-tama, kamu kudu tahu ada dua komponen penting dalam AC, evaporator sama kondensor. Evaporator itu kayak jantungnya AC, dia yang ngebantu ngubah cairan jadi gas.

Nah, pas cairan jadi gas, AC nyerap panas dari sekitarnya, termasuk udara di ruangan. Nah, udara yang kehisap tadi, jadi adem gitu.

Trus, ada kondensor. Kondensor ini kayak budegnya AC, dia yang bantu ngubah gas jadi cairan lagi. Nah, di proses ini, panas yang tadi diserap evaporator, dilepas ke udara luar lewat kondensor.

Jadinya udara di ruangan jadi lebih dingin.

Tapi, proses itu aja belum cukup. AC juga pake komponen kaya kompresor dan ekspansi valve buat ngebantu prosesnya.

Kompressor ini kayak motor AC, dia yang ngerek-erek cairan refrigerant supaya bisa jadi gas atau cairan. Sementara ekspansi valve ini yang ngatur seberapa cepet cairan jadi gas di evaporator.

Admin tau, penjelasan teknis kayak gini bisa bikin pala kamu cenat-cenut. Tapi, intinya, AC itu kayak semacam mesin sihir yang bisa bikin udara di sekitar kamu jadi adem kala panas melanda.

Tapi, jangan lupa juga, biar AC bisa jalan lancar, kamu juga mesti rajin ngebersihin filternya. Kalau nggak, udara yang keluar dari AC bisa jadi kotor dan nggak seger lagi, ntar malah bikin masalah buat kesehatan.

Penutup

Jadi, gitu deh. Sekarang kamu udah tau gimana sih cara kerja AC itu. Jadinya, kalau kamu lagi nikmatin dinginnya AC, kamu bisa lebih menghargai proses yang bikin udara jadi adem gitu, kan?

Dari proses sederhana tapi penting banget buat kenyamanan kamu sehari-hari. Makanya, jangan lupa rawat AC-mu dengan baik, biar kamu tetep bisa nikmatin kesejukan di tengah teriknya dunia.

Semoga dengan adanya artikel kali ini kamu bisa paham cara kerja AC.