Bagaimana Cara Membersihkan AC?

Bagaimana Cara Membersihkan AC
Bagaimana Cara Membersihkan AC

Swarariau.com Service AC, Halo guys -- Air conditioner (AC), bisa menjadi salah satu pilihan perangkat elektronik untuk memberikan kesejukan pada sebuah ruangan di dalam rumah atau perkantoran

Suhu udara yang semakin hari semakin panas membuat kamu ingin selalu menyalakan AC (air conditioing), bukan?

Namun, jangan asal pakai saja! Supaya kualitas udara di ruangan kamu tetap terjaga, kamu perlu tahu cara merawat dan membersihkan AC di rumah dengan baik.

Kebersihan AC merupakan salah satu hal yang penting agar ruangan Kamu tetap terasa dingin dan sejuk.

Nah, ketimbang harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa service, tak ada salahnya untuk membersihkannya sendiri.

Jika kamu penasaran? Yuk, simak bagaimana cara membersihkan AC sendiri di bawah ini!

Cara Tepat Membersihkan AC

Ngomongin AC nih, kalau udah mulai panas, pasti pada gatel pengen nyalain AC, kan? Tapi, tunggu dulu, sebelum kamu nyalain AC, mending kita bahas dulu gimana cara membersihkan AC yang bener.

Kamu pasti pernah ngerasa, musim panas dateng, AC di kamar atau di ruang tamu udah jadi sahabat terbaik kamu .

Tapi, apa kabar AC kamu? Udah bersih belom? Kalau belum, mendingan kamu simak nih, cara bersihin AC biar tetep adem dan ngasih dingin yang maksimal.

Matikan AC

Pastikan AC dalam keadaan mati dengan mencabut listriknya terlebih dahulu. Mungkin Kamu akan membutuhkan bantuan seseorang, karena kamu perlu naik tangga lipat untuk membersihkannya secara maksimal.

Gunakan masker dan sarung tangan agar tetap aman selama membersihkannya.

Bersihin Filter AC

Nah, yang pertama kali kamu harus lakuin adalah bersihin filter AC. Filter ini tuh jadi tempat nangkep debu dan kotoran lainnya.

Kalau udah kotor, pastiin buat dibersihin ya! Gampang kok, tinggal cabut aja filternya, terus cuci pake air bersih atau bisa juga pake sikat lembut kalau kotorannya bandel.

Udah bersih? Pasang lagi filternya dengan hati-hati, dengan begitu AC kamu kembali mengeliarkan udara yang segar.

Bersihin Bagian Luar 

Setelah filter, jangan lupa juga bersihin bagian luar AC. Kamu bisa pake kain lembut yang uda dibasahin pake air atau pembersih khusus AC yang bisa kamu dapet di toko-toko perlengkapan rumah tangga.

Bersihin bagian luar AC ini penting banget biar udara yang keluar dari AC tetep bersih dan seger.

Cek Drainage System

Nah, yang satu ini sering diabaikan, tapi sebenernya penting banget, ya! Cek drainage system AC kamu, pastiin kalau saluran airnya gak tersumbat. Kalau tersumbat, bisa bikin air numpuk dan bisa merusak AC kamu.

Panggil Teknisi AC Kalo Perlu

Kalau kamu merasa ada yang gak beres dengan AC kamu atau kalau kamu gak yakin bisa bersihin AC sendiri, mendingan panggil aja teknisi AC. Mereka punya alat dan pengetahuan yang lebih untuk benerin AC kamu.

Penutup

Jadi, itulah beberapa cara sederhana buat bersihin AC biar tetep adem dan nyaman buat dipake. Ingat, bersihin AC secara rutin itu penting, ya! Jangan sampe AC kamu jadi sarang debu dan kotoran yang bisa bikin udara jadi gak sehat.

Semoga dengan adanya artikel kali ini kamu bisa paham cara membersihkan AC dengan sendiri tanpa harus memanggial jasa service AC.

Selamat mencoba ya!