5+ Cara Mendinginkan HP Android Yang Cepat Panas, Dijamin Ampuh!

Daftar Isi
Cara Mendinginkan HP Android Yang Cepat Panas
Cara Mendinginkan HP Android Yang Cepat Panas

Swarariau.com, Tutorial -- Handphpone menjadi benda yang hampir dimiliki banyak orang. Apa lagi semua orang pasti memiliki Handphpone kan?

Saking sering dan lamanya kamu menggunakan handphone, terkadang sampai buat panas, Hp yang terlalu panas atau overheat sangat tidak nyaman saat kamu gunakan.

Hal tersebut, dapat menyebabkan performa HP menjadi turun hingga kinerja melambat.

Namun, ada beberapa faktor yang membuat HP kamu cepat panas salah satunya cuaca panas dan spesifikasi HP yang kurang mumpuni.

Nah, untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini admin bakal menjelasin cara mendinginkan HP Android yang cepat panas.

Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Cara Mendinginkan HP yang Panas

Cara Mendinginkan HP yang Panas
Cara Mendinginkan HP Yang Panas

Memiliki HP Android membuat kamu semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting bersama teman hingga eksis di media sosial.

Namun, pernahkah kamu sadari bahwa HP Android yang kamu gunakan dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi panas? Suhu panas yang muncul ketika kamu sering menggunakan Hp terletak pada CPU-nya.

Jika suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan ponsel akan menjadi rusak.

Lantas, bagaimana sih cara mendinginkan HP Android yang cepat panas? Solusinya cukup mudah lho.

Untuk penjelasan selengkapnya berikut ini:

Matikan Aplikasi yang Nggak Perlu

Salah satu penyebab utama HP kamu panas itu karena banyak aplikasi yang jalan di background tanpa kamu sadari.

Aplikasi-aplikasi ini terus jalan dan bikin HP kerja ekstra keras, yang akhirnya bikin suhu naik. Berikut ini admin kasih langkah-langkah gimana cara matiin aplikasi yang nggak perlu biar HP kamu nggak cepat panas.

  • Buka Settings atau Pengaturan.
  • Pilih Apps atau Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin dimatikan.
  • Klik Force Stop atau Paksa Berhenti.

Dengan mematikan aplikasi yang nggak perlu, HP kamu nggak cuma jadi lebih adem tapi juga bisa lebih hemat baterai dan performanya lebih baik.

Lepaskan Casing HP

Ketika menggunakan HP untuk bermain game atau sekedar scroll media sosial, disarankan untuk melepaskan casing lebih dulu.

Saat mengisi daya, letakkan HP di tempat yang keras, seperti meja kayu. Jangan letakkan HP di atas kasur atau sofa.

Hal ini cukup vital karena ketika HP yang kamu gunakan akan mengeluarkan hawa panas, sehingga ketika tidak dibuka maka hawa panas tersebut akan tertahan di dalam case dan membuat HP menjadi lebih panas.

Jangan Gunakan HP Saat di Charge

Kebiasaan yang sering bikin HP kamu jadi panas adalah menggunakan HP saat sedang di charge. Ini bisa bikin HP kamu overheat dan performanya jadi menurun.

Menggunakan HP saat di charge bisa memberikan beban ganda pada perangkat Android kamu. Di satu sisi, HP sedang berusaha mengisi baterai, yang udah bikin HP panas.

Di sisi lain, kamu juga menggunakan aplikasi atau fitur-fitur yang bikin prosesor bekerja lebih keras. Kombinasi ini bisa bikin HP cepat panas dan bahkan merusak baterai dalam jangka panjang.

Hindari Membuka Aplikasi yang Berat

Pengguna HP Android memiliki kebiasaan mengunduh suatu aplikasi atau game tanpa tahu lebih dulu spesifikasi yang dibutuhkan.

Hasilnya, game atau aplikasi tersebut ketika kamu jalankan tidak akan berjalan maksimal.

Hal ini karena spesifikasi HP yang digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game tersebut tidak sesuai dengan syarat yang dibutuhkan.

Ada baiknya posisikan HP kamu untuk membuka dan menjalakan aplikasi dan game yang sesuai dengan spesifikasinya.

Gunakan Aplikasi Pendingin

Memiliki HP Android membuat kau semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting bersama teman hingga eksis di media sosial. 

Pernahkah kamu sadari bahwa HP Android yang kamu gunakan dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi panas? Jika kamu mengalami masalah tersebut Admin ada solusinya.

Salah satu yang bisa kamu gunakan untuk mendinginkan HP Android kamu adalah menggunakan aplikasi pendingin yaitu, One Booster.

Aplikasi ini diklaim memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif, membuatnya ramah pengguna dan mudah untuk membersihkan cache dan file sampah.

One Booster juga dapat memindai ponsel untuk cache dan file sampah, dan membersihkannya untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan ponsel.

Selain itu, Aplikasi ini juga dapat membantu menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai dengan menghibernasi aplikasi yang sedang berjalan.

Dalam hal ini, dengan menggunakan aplikasi pendingin, kamu bisa membantu menjaga suhu HP tetap stabil dan menghindari overheat.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang bisa admin rangkum buat kamu tentang cara mendinginkan hp Android yang cepat panas yang bisa kamu coba

Nah, Sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk mengetahui cara mendinginkan HP Android yang cepat panas

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selamat mencoba!