6+ Cara Daftar Prakerja 2024 Lewat HP Android, Buruan Coba!

Daftar Isi
Cara Daftar Prakerja 2024 Lewat HP Android
Cara Daftar Prakerja 2024 Lewat HP Android

Swarariau.com, Tutorial -- Kali ini admin ada informasi menarik nih, cara daftar prakerja 2024 lewat Hp Android. 

Prakerja merupakan sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Tujuan dari program Prakerja berisi banyak manfaat mulai dari mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, hingga mengembangkan kewirausahaan.

Nah, pada tahun ini, pendaftaran akun Prakerja kembali dibuka untuk menjadi kesempatan emas bagi kamu yang ingin mengikuti programnya. 

Sebagai informasi, selum kamu ketahui kapan pendaftaran untuk gelombang ke-63 tahun ini dibuka. Sementara itu gelombang ke-62 telah ditutup tahun lalu.

Untuk kamu yang ingin mengetahuhi program Prakerja langsung meluncur ke www.prakerja.go.id dan klik "Daftar Sekarang" untuk buat akun kamu sekarang juga," tulis akun @Prakerja.go.id.

Lantas, bagaimana sih cara daftar prakerja 2024 lewat HP Android? Jika kamu pensaran simak terus artikel kali ini hingga selesai ya.

Untuk penjelasan selangkapnya beriku ini.

Mamahami Prakerja 2024

Berdasarkan laman resmi Prakerja, Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja.

Program ini ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang ingin mengembangkan kompetensinya.

Program yang sudah dilakukan beberapa tahun terakhir ditunjukkan untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Kamu akan mendapatkan mulai dari saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif biaya mencari kerja Rp 600 ribu, dan pengisian survei evaluasi Rp 50 ribu x 2 survei.

Nah, untuk kamu yang ingin mengikut ini program prakerja yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja memang menjadi salah satu program yang memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan beasiswa.

Nah, untuk kamu yang penasaran sama syarat-syarat buat daftar Kartu Prakerja? Tenang aja, admin bakal jelasin semuanya dengan bahasa santai biar kamu gampang ngerti.

Yuk, langsung simak syarat-syaratnya berikut ini:

  • Belum pernah menjadi penerima Kartu Prakerja sebelumnya.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan rentang usia antara 18 hingga 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal pada saat pendaftaran.
  • Sedang mencari kerja, terkena PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.
  • Bukan pejabat negara, anggota DPRD, aparat sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, atau memiliki posisi dalam direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal dua NIK dalam satu KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Nah, itulh syarat-syarat buat daftar Kartu Prakerja. Pastikan kamu memenuhi semua syarat di atas biar pendaftaran kamu bisa berjalan lancar.

Kalau kamu udah siap, langsung aja daftar dan manfaatin kesempatan ini buat ningkatin skill dan dapet pengalaman baru.

Cara Daftar Prakerja 2024 Lewat HP

Kartu Prakerja 2024 sudah dibuka pendaftarannya. Pendaftaran Kartu Prakerja ini sudah dinanti-nanti banyak calon pencari kerja.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Nah, untuk kamu yang ingin mendaftar prakerja 2024 hanya dengan menggunakan HP Android? berkut ini admin bakal kasi tahu caranya.

Untuk langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi situs resmi www.prakerja.go.id.
  • Pilih menu ‘Daftar’ jika kamu belum memiliki akun.
  • Isi data diri lengkap, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.
  • Jika sudah memiliki akun, pilih ‘Masuk’ menggunakan email dan password.
  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik ‘Gabung Gelombang’.
  • Selesai

Pendaftaran Prakerja 2024 bisa kamu lakukan secara daring melalui perangkat HP, dan tidak ada perbedaan cara mendaftar baik via HP maupun perangkat lainnya karena dilakukan melalui website resmi Prakerja.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang bisa admin rangkum buat kamu tentang cara daftar prakerja 2024 lewat HP Android mudah untuk kamu coba.

Nah, Sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk daftar prakerja 2024 lewat HP Android

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selamat mencoba!