Ini! Cara Menonaktifkan Safesearch Di Android, Terbukti Berhasil

Daftar Isi
Cara Menonaktifkan Safesearch Di Android
Cara Menonaktifkan Safesearch Di Android

Swarariau.com, Tutorial -- Khusus untuk kamu pengguna Android sangat penting menetahui cara menonaktifkan safesearch

Meskipun dapat kamu manfaatkan sebagai kendali orang tua parental control, fitur ini tidak selalu bekerja dengan tepat dan terkadang menyaring hasil-hasil pencarian yang normal.

Untungnya, kamu bisa menonaktifkan fitur ini pada perangkat Android dengan mudah. Nonaktivasi dalam dilakukan dalam beberapa menit, terlepas dari platform yang kamu gunakan.

Sebenarnya, ada banyak manfaat ketika SafeSearch terkunci, terutama jika jaringan internet yang kamu gunakan juga dipakai anak kecil.

Hal tersebut menyebabkan beberapa masalah bisa terjadi, pekerjaan yang berkaitan dengan situs web atau konten tersebut pun akan terhambat.

Seperti kamu ketahui, konten yang diunggah pada Internet tak bisa disaring. Maka dari itu, diperlukan fitur untuk menyaring hasil pencarian di Internet.

Salah satu fitur yang bisa menyaring hasil pencarian di Internet adalah SafeSearch.

Lantas, bagaimana sih cara menonaktifkan safesearch pada android? Jika kamu penasaran simak terus artikel kali ini hingga selesai ya.

Penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Safesearch?

Safesearch
Safesearch

Mungkin kamu yang baru mendengar Safesearch ini tentu masi bingung bukan? Maka dari itu, sebalum admin jelaskan cara menonaktifkan safesearch mending kamu tahu terlebih dahulu apa itu Safesearch.

Safesearch merupakan salah satu fitur yang bisa menyaring konten-konten di Internet. Hingga kini, filter di Internet sangat banyak dan terdiri dari berbagai macam, ada konten yang aman ada pula yang tidak aman.

Nah, dengan hadirnya SafeSearch, beberapa konten eksplisit Google, seperti kekerasan, ponografi, dan konten dewasa lainnya akan tersaring.

Dengan menonaktifkan Safesearch kamu dapat mengurangi kemungkinan terpapar konten yang tidak diinginkan saat melakukan pencarian di mesin pencari atau menjelajahi platform online.

Mematikan SafeSearch Google Dengan Alamat

Kalau kamu lagi berusaha matiin SafeSearch Google tapi lewat cara manual kayak tadi belum berhasil, tenang aja. Ada cara gampang lainnya yaitu langsung lewat alamat URL pada Browser kamu.

Yuk, simak panduan lengkapnya.

  • Buka browser pada HP Android kamu. Bisa menggunakan Google Chrome, Firefox, atau Browser lainnya.
  • Pada address bar, ketik dan buka alamat https://www.google.com/preferences. Ini adalah halaman pengaturan pencarian Google.
  • Pada halaman pengaturan tersebut, kamu bakal nemuin bagian SafeSearch filters atau Filter SafeSearch. Biasanya ada pada bagian atas halaman.
  • Kalau opsi Turn on SafeSearch atau Aktifkan SafeSearch dicentang, kamu tinggal klik buat nge-uncheck atau matiin fitur ini. Pastikan toggle atau checkbox-nya nggak aktif.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik tombol Save atau Simpan buat nyimpen perubahan yang udah kamu buat.

Gampang kan? Dengan langkah-langkah tersebut, kamu bisa dengan mudah menonaktifkan SafeSearch pada Google.

Mematikan SafeSearch Google Lewat Setting

Kalau kamu pengen matiin SafeSearch Google langsung dari pengaturan pad HP Android kamu mudah banget kok caranya, admin bakal jelasin caranya secara detail.

Ini penting banget buat kamu yang pengen Browsing tanpa batasan SafeSearch. Yuk, simak langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Settings pada HP Android kamu, terus scroll ke bawah dan pilih Google.
  • Pada menu Google, pilih opsi Manage Your Google Account atau Kelola Akun Google kamu.
  • Swipe ke kanan buat masuk ke tab Data & Personalization atau Data dan Personalisasi.
  • Scroll ke bawah dan cari opsi Search Settings atau Pengaturan Pencarian.
  • Pada pengaturan pencarian, pastiin opsi Turn on SafeSearch atau Aktifkan SafeSearch nggak dicentang. Kalau masih aktif, matiin dan simpan perubahan.
  • Selesai

Itulah, cara-cara praktis buat mematikan SafeSearch Google langsung dari pengaturan pada HP Android kamu. Kalau ada yang belum jelas atau ada kendala, jangan ragu buat tanya lebih lanjut.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang bisa admin rangkum buat kamu tentang cara menonaktifkan safesearch pada Android

Nah, sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk menonaktifkan safesearch pada Android

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selamat mencoba!