Ini! Cara Merubah Tampilan Status Bar Android, Tanpa Ribet

Cara Merubah Tampilan Status Bar Android
Cara Merubah Tampilan Status Bar Android

Swarariau.com, Tutorial -- Kali ini admin ada informasi menarik nih, untuk kamu yang ingin merubah tampilan status bar Android.

Status bar merupakan salah satu fitur yang sering dilihat dan digunakan sehari-hari. Namun, mungkin kamu belum mengetahui cara mengubah tampilan atau tema status bar sesuai dengan preferensi pribadi.

Untuk merubah tampilan status bar, diantaranya secara manual ataupun dengan bantuan Aplikasi lain atau pihak ketiga. Diantara kedua cara tersebut mungkin memiliki resiko. disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Mungkin saat ini kamu masi bingung cara mengubah tampilan atau tema status bar sesuai dengan preferensi pribadi, kan? Kamu tidak perlu khawatir.

Karena pada artikel kali ini admin bakal memberikan panduan tentang cara mengubah status bar pada Androdi dengan mudah dan aman.

Mengubah Tampilan Status Bar Android

Mengubah Tampilan Status Bar Android
Status Bar Android

Kamu mungkin pernah bosen sama tampilan standar status bar di Android kamu, kan? Yah, admin juga pernah. Tapi tenang, nggak usah pusing.

Admin punya trik jitu buat kamu biar bisa ngubah tampilan status bar sesuai selera kamu. Jadi, siap-siap aja, kamu bakal jadi kaya master modifikasi Android setelah baca artikel ini.

Sebelum admin lanjut, pastiin dulu kamu memenuhi persyaratan dan peralatan diantaranya:

  • Aplikasi seperti Xposed Framework yang dapat anda unduh melalui hosting xposed Aplikasi XblastTools yang dapat di unduh melalui hosting xblast.
  • Ponsel sudah dalam keadaan Root karena Aplikasi XblastTools memerlukan akses Root

Nah, sekarang admin mulai proses cara ganti tampilan status bar Android:

Pertama-tama install kedua Aplikasi Xposed Framework dan Aplikasi XblastTools di android. apabila sudah selesai, anda masuk ke Aplikasi Xposed Framework.

Apabila sudah masuk, pilih module kemudian ceklis xblast tool. jika sudah di ceklis, kembali ke framework kemudian pilih install/update dan apabila sudah selanjutnya yaitu reboot.

Kemudian kamu tinggal merubah status bar yang diinginkan seperti:

Status bar transparan

Nah, pertama kamu buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules > xblast tool > statusbar > ceklis Status bar background colour.

Kamu tinggal geser ke kanan dan ke kiri untuk menyesuaikan transparan. jika sudah, kembali ke fremawork kemudian pilih instal/update lalu "reboot".

Background setting transparan

Pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules > xblast tool > visual tweaks > pilih holo themes kemudian Dark Themes, Ceklis Enable Holo Dark Theme lalu pilih holo dark background image.

Selanjutnya pilih gambar yg mau kamu pakai buat background. jika sudah, kembali ke framework pilih instal/update lalu reboot.

Speed indicator status bar

Kamu buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules > xblast tool > status bar > pilih network speed indicator lalu ceklis network speed indicator.

Bisa juga kamu ubah warnanya sesuai dengan yang kamu inginkan. jika sudah, kembali ke framework lalu pilih "instal/update" kemudian reboot.

Ganti tampilan lockscreen 

Pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules > xblast tool > pilih XlockY kemudian ceklis enable xlocky lalu pilih lockscreen lockring icon.

Ada beberapa macam icon locksreen yang tersedia dan tinggal kamu pilih atau pilih Custom buat image icon locksreen kamu sendiri.

jika sudah, kembali ke framework pilih instal/update kemudian reboot. Dan masih banyak lagi fitur yang dapat kamu coba pada xblast tool di Android kamu silahkan kamu bereksperimen sendiri.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan seputar cara merubah tampilan status bar android, untuk Pemula yang paling mudah untuk kamu lakukan.

Gak perlu jadi developer atau ahli teknologi, cukup ikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa punya tampilan status bar yang kece dan sesuai sama kepribadian kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selama mencoba!