Cara Koneksi WiFi Printer Epson L4150, Bisa Ngeprint Dokumen dengan Wifi dan Android Lho!

Swarariau.com, Teknologi -- Perkembangan teknologi printer terus menunjukan angka yang signifikan dalam hal pembaharuan teknologi yang mereka gunakan. Mulai dari printer biasa, plus scanner, lanjut bisa foto copy berkembang jadi lebih canggih lai.

So, pada artikel kali ini admin akan mengupas perkembangan Koneksi WiFi Printer Epson L4150 dan bagaimana cara melakukan koneksinya.

Cara koneksi WiFi printer Epson L4150 terlebih dahulu harus melakukan pengaturan sehingga dapat beroperasi dengan baik. Dengan menggunakan Wifi ini maka kamu akan lebih dipermudah dalam melakukan print out data-data pekerjaan kamu yang sudah menumpuk.

Tentunya sebagai dari Anda ada yang masih belum mengetahui cara mensetting koneksi WiFi dari printer Epson. 

Sebenarnya caranya tidaklah rumit asal melakukannya satu per satu sesuai dengan urutannya.

Epson adalah merek atau brand asal Jepang yang berfokus menghasilkan berbagai macam produk elektronik dan juga termasuk printer komputer. Merek printernya juga merupakan merek terkenal yang banyak digunakan baik untuk keperluan kantor maupun rumahan. 

Hasil cetakan dari printer Epson juga cukup baik sehingga tetap bersaing dengan printer merek lain dikelasnya.

Kelebihan printer Epson L4150 adalah Anda dapat melakukan scanning dokumen, fotocopy, dan juga melakukan pencetakan dokumen di dalam satu tempat. 

Selain itu harganya juga sangat terjangkau dengan fitur yang lengkap tersebut. Printer ini sangat cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

Cara Koneksi WiFi Printer Epson L4150

Cara Koneksi WiFi Printer Epson L4150
Cara Koneksi WiFi Printer Epson L4150

Saat Anda ingin menggunakan printer, kesulitannya adalah Anda harus memindahkan laptop ke tempat printer tersebut dan menyambungkannya menggunakan kabel. 

Bagaimana Dengan Anda yang Menggunakan PC?

Tentunya tidak mungkin mengangkat dan memindahkan PC Anda untuk dibawa mendekat ke printer. 

Maka dari itulah teknologi wireless untuk printer mulai diperkenalkan. Bahkan sekarang, Anda tidak hanya dapat mencetak dokumen menggunakan laptop akan tetapi juga bisa menggunakan smartphone yang telah terkoneksi dengan WiFi. 

1. Sambung WiFi Printer Epson L4150 ke PC

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1.  Instal terlebih dahulu software Epson L4150. Anda dapat menggunakan CD Drive dari Epson atau jika tidak ada, Anda dapat mengunduh drivernya di internet.
  2. Anda juga dapat masuk ke website resmi Epson untuk mengunduhnya.
  3. Setelah terunduh jalankan software dan klik I Agree untuk halaman License Agreement.
  4. Selanjutnya Anda terus mengklik Next sehingga printer Epson akan terus melakukan proses instalasinya.
  5. Pastikan juga printer yang Anda miliki telah berisikan tinta sehingga dapat mencetak dokumen. Jika belum berisi tinta maka Anda harus mengisinya terlebih dahulu dan klik I have finished  filling ink to the ink tanks di halaman instalasi.
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih proses instalasi software. Untuk menggunakan WiFi maka Anda dapat memilih Change the connection method only. Setelah itu klik Next.
  7. Setelah itu Anda akan tiba pada halaman koneksi menggunakan Wireless atau kabel USB. Anda dapat memilih WiFi Connection dan klik Next. Lalu program akan meminta Anda untuk menghubungkan printer dengan WiFi.
  8. Anda harus menekan tombol WiFi yang ada di printer Epson dan menahannya selama sekitar 5-10 detik lalu lepaskan.
  9. Setelah itu Anda akan melihat sambungan antara WiFi dan printer sudah menyala. Anda juga dihadapkan pada alamat IP Address secara otomatis.
  10. Setelah itu proses instalasi selesai dan Anda dapat menggunakan printing dengan wireless.

2. Setting Printer Epson di L4150 Android

Lalu, apa sama ketika kamu akan melakukan setting pada Priter Epson di L4`50 versi Android. Berikut ini admin sudah buatkan ulasan selengkapnya:

  1. Buka PlayStore dan download aplikasi Epson iPrint. Lakukan hingga instalasi selesai.
  2. Sambungkan smartphone Anda ke WiFi printer yang terdeteksi. Tentunya  terlebih dahulu tekanlah tombol WiFi di printer.
  3. Buka aplikasi Epson iPrint dan pilih dokumen yang ingin di cetak.
  4. Klik pengaturan WiFi Direct lalu klik Print Setting. Disini Anda dapat mengatur jumlah cetakan, ukuran kertas, dan yang lainnya.
  5. Tekan menu Print. Selanjutnya hasil print Anda akan langsung keluar.

Itulah cara koneksi WiFi printer Epson L4150 dan juga koneksi ke smartphone Android. Semoga tips diatas dapat membantu Anda jika ingin menghubungkan printer Epson dengan jaringan wireless.