9 Cara Mengaktifkan VPN Pada Firefox, Ini Langkah Super Gampang Lho!

Swarariau.com, Teknologi -- Cara mengaktifkan VPN pada Firefox sebenarnya tidaklah sulit. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, ada baiknya membahas terlebih dahulu tentang VPN. 

Virtual Private Network (VPN) adalah jaringan pribadi yang Anda miliki dan terhubung dengan jaringan publik untuk menghubungkan antar site secara aman. 


Pemerintah biasanya memblok situs tertentu karena mengandung unsur SARA, pornografi, ataupun yang lainnya. Jadi apabila ada situs yang tidak dapat diakses di Indonesia, maka Anda tidak akan dapat masuk. 

Di sinilah VPN berfungsi Anda dapat mengakses konten yang di blokir tersebut. Anda dapat mengandaikan seperti ada komputer server di negara berbeda yang dapat memberikan akses kepada Anda.

Cara Mengaktifkan VPN Pada Firefox

Cara Mengaktifkan VPN Pada Firefox
Cara Mengaktifkan VPN Pada Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang sering digunakan untuk pencarian di dunia maya. Browser ini juga merupakan salah satu favorit untuk pencarian selain Google Chrome, Opera, dan masih banyak lagi browser lainnya. 

Untuk mengaktifkan VPN pada Mozilla Firefox maka Anda dapat menambahkan pada Extension Adds-ons. 

Beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Buka browser Mozilla Firefox dengan melakukan double klik pada icon.
  2. Setelah halaman terbuka maka klik Open Menu garis tiga yang ada pada pojok kanan atas browser Mozilla Firefox. Open menu terletak di bawah icon close.
  3. Selanjutnya pada tab yang tersedia Anda dapat mencari Add-Ons dan mengkliknya untuk dapat masuk ke fitur Add-Ons. Selain cara ini Anda juga dapat menekan tombol Ctrl+Shift+A di keyboard.
  4. Di sebelah kiri akan ditemukan menu dan klik Extensions.
  5. Selanjutnya Anda ketik “browse VPN” di kotak dialog Find more add-ons. Selanjutnya tekan tombol Enter.
  6.  Mozilla Firefox akan menampilkan halaman baru dari browse VPN. Selanjutnya Anda dapat menemukan beberapa aplikasi VPN seperti “Browse VPN” di halaman tersebut.
  7. Lalu Anda dapat mengkliknya dan juga klik Add to Firefox.
  8. Selanjutnya akan ada pemberitahuan bahwa Anda ingin menambahkan add-ons dan selanjutnya klik Add.
  9. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya Anda hanya tinggal mengklik tombol on off di aplikasi tersebut. Dan aplikasi sudah terpasang.

Manfaat Menggunakan VPN

Sebenarnya penggunaan VPN tidaklah selalu dilarang atau berdampak negatif bagi penggunanya. Ada beberapa manfaat dari menggunakan VPN yaitu:

1. Terhindar Dari Batas Geografis

Pemerintah tentu memblokir situs tertentu yang dianggap tidak sesuai dengan penyelenggaraan negara. Akan tetapi dengan menggunakan hal ini Anda dapat mengakses situs tersebut tanpa batasan geografi. 

Anda menggunakan server dari negara lain untuk masuk dan mampu mengakses konten tersebut.

2. Mengamankan Informasi Pribadi Anda

Orang tidak akan dapat mengetahui dimana Anda lokasi Anda berada. Data pribadi yang Anda masukkan juga tidak terdeteksi. 

VPN akan menyembunyikan lokasi real time Anda. Sebagai gantinya mereka menampilkan lokasi komputer server yang Anda pakai.

3. Mengamankan Data Pada Jaringan Publik

Apabila Anda menggunakan jaringan public seperti WiFi café, internet kantor, dan lain sebagainya maka otomatis data Anda akan dapat diketahui. 

Misalnya dimana Anda sedang online, mengakses situs apa saja, dan juga mungkin data pribadi yang Anda masukkan saat mengakses internet tersebut. Dengan memakai VPN maka akan melindungi pertukaran data yang terjadi.

Meskipun menggunakan VPN masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan IT akan tetapi faktanya masih banyak yang membutuhkan penggunaan jaringan ini. 

Selain juga melindungi Anda banyak manfaat positif yang ditemukan tidak hanya manfaat negatif. Maka dari itu semoga artikel cara mengaktifkan VPN pada Firefox dapat bermanfaat untuk Anda.