Cara Reset Printer Canon MP237 Paling Simple dan Mudah Kamu Lakukan, Coba Dech!

Cara Reset Printer Canon MP237
Cara Reset Printer Canon MP237

Swarariau.com, Teknologi -- Jika sebelumnya ada pembahasan seputar cara reset Canon ip2770, maka pada artike kali ini admin akan kembali berbagi tips seputar Printer Canon MP237, lebih tepatnya lagi bagaimana cara melakukan Reset pada jenis Printer Canon yang satu ini. 

Cara reset printer Canon MP237 yang akan kita bahas kali ini sangat penting untuk diketahui. Apalagi jika kamu merupakan salah satu orang yang memiliki printer ini. 

Seperti apa caranya? Perhatikan saja langkah-langkah yang akan diuraikan di bawah ini.

Kapan Printer Canon MP237 Perlu Direset?

Tak asal menggunakan sebuah printer, kamu harus tahu kapan waktunya melakukan reset terhadap Printer Canon MP237 kamu ini. Terkadang kita sering mengabaikan hal-hal yang sebenarnya mengingatkan kita untuk segera melakukan reset pada printer ini.

Printer Canon MP237 merupakan printer multifungsi. Selain untuk keperluan mencetak, printer ini juga bisa dipakai untuk keperluan scan dan copy. 

Selain itu, harganya termasuk ramah di kantong. Maka tidak mengherankan jika printer ini masih banyak penggunanya.

Seperti tipe lain, Printer Canon MP237 juga rentan terkena masalah. Salah satunya yaitu printer tidak bisa dipakai untuk mencetak dan lampunya berkedip 4 kali (pada lampu alarm berkedip 2 kali dan pada lampu tombol power berkedip 2 kali).

Ini sebenarnya harus segera kamu pahami bahwa Printer Canon MP237 yang sedang kamu gunakan ini terjadi error dan meminta untuk segera di Reset. 

Jika tidak, maka kamu tidak akan dapat menggunakan Printer Canon MP237 ini.

Notifikasi error P07 atau E08 tersebut biasanya akan terlihat pada panel LCD printer. Sedangkan pada layar PC atau laptop yang terhubung akan muncul peringatan “A Printer error has occurred” atau “Ink Absorber full”. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, maka printer perlu dilakukan reset.

Error ini sudah memberikan pertanda jika kamu harus melakukan reset! So, jika kamu masih bingung bagaimana cara melakukan reset pada printer Canon MP237 ini maka bisa simak beberapa ulasan admin dibagian berikut ini.

Cara Reset Printer Canon MP237

Cara Reset Printer Canon MP237
Cara Reset Printer Canon MP237

Pada printer Canon MP237 terdapat chip yang telah tertanam di dalamnya. Chip ini bertugas mencatat setiap kegiatan pencetakan yang telah dilakukan printer. 

Jika chip tersebut mendeteksi jumlah pencetakan sudah maksimal, maka printer akan langsung terhenti.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan melakukan reset ulang printer. 

Reset dilakukan untuk mereset ulang program printer sehingga semua kegiatan yang telah tercatat oleh chip dapat terhapus. Berikut ini adalah cara mereset printer MP237 yang mudah dan cepat:

1. Membuat Printer Dalam Kondisi Service Mode

Sebelum melakukan reset, terlebih dahulu printer dibuat dalam kondisi service mode. Service mode merupakan syarat  terpenting agar proses reset dapat dilakukan dengan lancar. 

Langkah-langkah membuat printer dalam kondisi service mode yaitu:

  • Jika printer masih dalam keadaan hidup, maka tekan tombol power untuk mematikannya.
  • Dalam keadaan mati, tekanlah tombol STOP/RESET pada printer lalu tahan menggunakan salah satu jari tangan, lalu diikuti dengan menekan tombok power menggunakan jari lainnya. Jadi, tombol SETOP/RESET dan tombol power dalam keadaan ditekan bersamaan.
  • Lepaskan tekanan pada tombol STOP/RESET sedangkan tombol power tetap ditekan.
  • Saat tombol power masih dalam keadaan ditekan, tekanlah tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali (tidak boleh kurang atau lebih).
  • Saat tombol STOP/RESET ditekan yang ke-6 kalinya, lalu lepaskan tekanan pada tombol power secara bersamaan.
  • Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka proses service mode berhasil serta PC atau laptop akan mendeteksi adanya perangkat baru. Jika deteksi ini tidak muncul, proses service mode gagal.

2. Melakukan Reset Printer Canon MP237

Agar bisa melakukan reset printer Canon MP237, pertama-tama harus download tool resetter Canon MP37 terlebih dahulu. Tool ini bisa didapatkan secara gratis di internet. 

Setelah berhasil download, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Extract File Canon Service Tool V3400 yang telah didownload.
  • Jalankan resetter Canon MP237 dengan cara klik 2 kali file Service tool v3400.exe.
  • Pada ‘Clear ink counter’ pilih ‘main’ lalu klik ‘set’.
  • Pada ‘Ink absorber counter pilih ‘main’ lalu klik ‘set’.
  • Pada ‘Print’ klik ‘EEPROM’, lalu printer akan mencetak selembar kertas dengan tulisan “D = 000.0”.
  • Matikan printer lalu nyalakan kembali.
  • Untuk mengetahui keberhasilan proses reset, cobalah untuk mencetak.

Penutup dan Kesimpulan!

Meskipun Printer Canon MP237 hanyalah sebuah benda mati namun kamu tetap perlu melakukan perawatan secara berkala dan rutin. Jika hal ini kamu lakukan maka kamu bisa menghindari error-error yang terjadi pada printer Canon MP237 ini.

Tetaplah membersihkan printer Canon MP237 ini,

Jangan biarkan printer kamu dalam keadaan tinta berserakan. Selain itu, kondisikan printer kamu tidak dalam kondisi 'tidak digunakan' dalam 30 hari terakhir. Jika kamu tidak menggunakan printer kamu selama masa itu maka bisa jadi error akan menghampiri printer kamu yang tidak pernah kamu gunakan tersebut.

Rawatlah printer kamu dengan baik guys!

Nah, itulah tadi mengenai cara reset printer Canon MP237. Mudah dan cepat, bukan? Selamat mencoba dan semoga cara di atas dapat membantu mengatasi printer Canon MP237 yang sedang bermasalah.