Cara Mengetahui Chat Sudah Dibaca Saat WhatsApp Centang Biru Dinonaktifkan

WhatsApp Centang Biru Dinonaktifkan
WhatsApp Centang Biru Dinonaktifkan

Swarariau.com, Teknologi -- Untuk mengetahui apakah chat WhatsApp kita sudah dibaca oleh orang lain adalah dengan melihat WhatsApp centang biru. Sementara jika centang dua di WhatsApp belum berwarna biru itu artinya pesan kita telah masuk namun belum dibaca. 

Hal tersebut sangatlah umum diketahui oleh para pengguna aplikasi chatting WhatsApp.

Namun sekarang di WhatsApp ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk mematikan centang biru, sehingga pesan yang masuk dan telah dibaca tidak akan diketahui oleh pengirimnya.

Ada banyak hal mengapa seseorang mematikan layanan tanda terima pesan di aplikasi chatting, salah satunya yaitu merasa terbebani jika harus membalas pesan sebab tanda terima telah berwarna biru.

Bagi kamu yang merasa perlu untuk mematikan centang biru di WhatsApp, simak caranya berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Di sudut kanan atas, klik titik tiga, lalu pilih Menu Pengaturan (Settings).
  3. Klik Accounts. Lalu pilih Privacy.
  4. Geser toggle menjadi “Off” untuk menonaktifkan tanda terima telah dibaca.

Namun bagi kamu yang tidak memilih untuk mematikan centang biru namun teman kamu melakukannya, pastinya akan membuat kamu bertanya-tanya apakah pesan kamu sudah dibaca atau belum. 

Hal tersebut sangatlah mengganggu apalagi keadaan sedang mendesak. 

Namun sekarang kamu sudah bisa mengetahui apakah pesan telah dibaca oleh teman dengan mengikuti dua cara berikut. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengirim Pesan Suara Apabila Tidak WhatsApp Centang Biru

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui pesan kamu sudah dibaca atau belum adalah dengan mengirimkan voice note atau pesan suara. 

Pengguna WhatsApp yang menonaktifkan centang biru memang saat menerima pesan atau chat biasa centang duanya tidak akan berubah menjadi berwarna biru.

Namun berbeda jika dikirimkan pesan suara, centang di WhatsApp akan tetap berubah menjadi biru.

Jadi, saat teman menonaktifkan fitur centang biru di WhatsApp, kamu bisa mempraktekkan cara tersebut agar mengetahui chat sudah dibaca atau belum. 

Jika centang pada pesan suara yang kamu kirimkan berubah menjadi berwarna biru, itu artinya orang yang dituju mengabaikan pesan yang kamu kirim.

Mengirim Pesan di Grup Yang Sama

Cara yang kedua untuk mengetahui pesan sudah dibaca atau belum adalah dengan mengirimkan chat di grup yang isinya ada orang yang dituju juga. 

Cara ini tidak dapat dilakukan apabila orang yang ingin dikirimi pesan pribadi tidak segrup denganmu.

Untuk chat pribadi di WhatsApp mematikan fitur centang biru memang dapat digunakan, namun berbeda untuk chat di obrolan grup.

Semua chat yang dikirimkan ke grup tetap akan ada informasi apakah chat telah terkirim dan dibaca.

Saat temanmu tidak kunjung juga membalas pesan yang kamu kirimkan, segera buka obrolan grup yang sama dengan temanmu, kemudian kirim pesan di obrolan grup tersebut. 

Sehingga kamu dapat melihat pesan yang dikirimkan di grup sudah dibaca atau belum oleh orang yang kamu tuju.

Semua informasi seperti waktu pesan diterima dan dibaca akan kamu ketahui dengan membuka fitur “Info” di WhatsApp.

Jika orang yang dituju ternyata membaca pesan di grup dan tidak membalas pesan pribadi yang kamu kirimkan, maka dia benar-benar mengabaikanmu.

Demikianlah cara untuk mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum saat orang yang dituju menonaktifkan WhatsApp centang biru. 

Dengan melakukan kedua cara yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu tidak akan penasaran lagi saat pesanmu tak kunjung dibalas.