7 Cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870 Paling Mudah Dilakukan

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi bagaimana Cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870. Beberapa tips yang admin bagikan ini tidaklah sesulit yang dibayangkan.

...Simple kok!

Sebagai salah satu komponen pada printer yang sangat penting, kondisi cartridge harus dipastikan tetap bagus dan bisa memberikan warna tinta cemerlang sesuai kebutuhan.

Ketika komponen ini rusak, Anda harus mencari cara reset Cartridge printer Canon IP2870 supaya masalah itu bisa cepat teratasi.

Ada beberapa masalah cartridge yang sering terjadi pada printer Canon jenis IP2870, mulai dari kehabisan tinta, tidak terdeteksi oleh printer, dan lain-lain.

Berikut ini solusi yang bisa dilakukan sesuai dengan masalah yang terjadi.

Cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870

Cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870
Cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870

Masalah pertama adalah, ketika pada layar komputer Anda yang terhubung pada printer terdapat tanda seru pada salah satu cartridge.

Dimana itu menandakan kosongnya tinta pada bagian tersebut. Jika dibiarkan maka reset perlu dilakukan supaya cartridge tidak semakin rusak dan berpengaruh pada performa printer.

Cara yang bisa dilakukan untuk melakukan reset tersebut adalah:

  1. Pastikan terlebih dahulu printer Anda dalam kondisi hidup, terlihat pada tombol Power yang berwarna hijau.
  2. Sesaat setelah dihidupkan, cartridge yang ada di bagian dalam printer akan mulai bergerak dari sisi kiri menuju kanan. Biarkan proses tersebut selesai, sampai komponen tersebut kembali ke posisi semula
  3. Jika cartridge minta reset, akan ditandai dengan lampu berkedip pada tombol printer.
  4. Selanjutnya, Anda pilih tombol resume pada printer yang ditandai dengan gambar kertas.
  5. Pencet tombol tersebut terus menerus, selama kurang lebih lima detik, maka printer akan melakukan perintah head cleaning untuk mengembalikan kondisi cartridge agar bisa digunakan kembali.
  6. Setelah proses head cleaning selesai, maka Anda sudah bisa menggunakannya kembali dan tinta sudah kembali normal.
  7. Untuk memastikan hasil printer yang bagus, Anda bisa melakukan proses test print yang terdapat pada menu print pada komputer. Jika kondisi semua jenis tinta sudah normal, artinya cara di atas sudah berhasil. Jika tidak, kemungkinan besar Anda perlu segera mengisi ulang tintamelalui cartridge.

Bagaimana Jika Cartridge Tidak Terbaca?

Cartridge Printer Canon IP2870
Cartridge Printer Canon IP2870

Kerusakan lain yang dikeluhkan pengguna printer Canon IP2870 adalah, ketika cartridge yang digunakan tidak terdeteksi oleh sistem printer.

Biasanya ditandai dengan tanda seru pada gambar cartridge di layar monitor komputer. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yaitu:

Coba Buka Cartridge dan Pasang Kembali

Lakukan cara pertama ini, yaitu dengan memperbaiki letak dari cartridge, biasanya pada penggunaan terus menerus akan sangat rentan mengakibatkan posisinya berubah sehingga chip head dari komponen ini tidak terdeteksi komputer.

Begini langkahnya:

  1. Hidupkan printer dan pastikan cartridge bergerak hingga berhenti total di posisinya.
  2. Buka tutup printer, kemudian ambil cartridge tersebut dan pasang kembali.
  3. Pastikan posisinya tepat dan tidak bergeser, lalu tutup katup penyangga cartridge.
  4. Tutup kembali bagian atas printer lalu coba gunakan printer kembali.

Bersihkan Chip Head Cartridge

Tak terdeteksinya cartridge juga bisa disebabkan chip head yang berdebu atau kotor akibat tumpahan tinta dan bahan lainnya yang masuk ke bagian dalam printer.

Anda juga bisa mencoba cara ini, agar cartridge kembali bisa dideteksi dan proses pencetakan dokumen berjalan lancar.

  1. Hidupkan printer, lalu biarkan cartridge bergerak ke posisi awal pencetakan.
  2. Buka kembali penutup atas printer, lalu ambil cartridge. Cek bagian bawahnya yang berwarna emas dan memiliki simbol tertentu. Itu adalah chip head yang berisi kode tertentu yang akan tersinkronisasi dengan sistem printer dan komputer.
  3. Bersihkan bagian tersebut menggunakan tisu lembut dengan perlahan, hingga tidak ada lagi kotoran, debu, atau tinta yang menempel di sana.
  4. Tempatkan kembali cartridge pada posisi semula.
  5. Matikan printer dan hidupkan kembali untuk melanjutkan proses cetak dokumen.

Kesimpulan

Semoga informasi tentang cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870 di atas bisa menjadi solusi bagi masalah printer Anda

Tugas kalian membaca dan memahami beberapa penjelasan yang sudah dibahas dalam artikel ini. Dengan begitu, kalian akan dengan mudah melakukannya.

Tak perlu membawa ke jasa service ketika printer kalian error, tinggal di perbaiki sendiri aja kok! yang penting kalian udah paham.

Jika tak kunjung berhasil, maka sudah saatnya Anda untuk mengganti cartridge dengan yang baru.

...Selamat Mencoba ya!