[TUTORIAL] Cara Reset Printer Bluetooth Panda untuk Mengembalikan IP Address

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Untuk kamu yang pernah mengalami masalah pada IP Address pada printer panda, Pada artikel ini akan menjelaskan cara reset printer bluetooth panda untuk mengembalikan IP Address.

Printer panda merupakan jenis mesin cetak yang memiliki teknologi thermal, biasanya sering dipakai oleh kasir untuk mencetak kertas yang berukuran 88 milimeter.

Supaya mudah mengoperasikannya, printer ini dapat terkoneksi dengan Bluetooth untuk menyambungkannya ke perangkat Android, perangkat iPhone, maupun perangkat Windows via USB port.

Kekuatan baterai dari printer ini sekitar 1500mAH, sehingga dapat digunakan dimana saja tanpa ada sambungan arus listrik.

Apabila baterainya telah habis, pengisian dayanya hanya menggunakan charger yang sudah satu paket dengan printer ini.

Printer panda dapat digunakan di berbagai bidang retail, seperti super market, tempat penjualan pulsa, rumah makan, dan sebagainya.

Supaya tidak terjadi benturan dengan IP Address dari perangkat lain, maka harus menggunakan IP Address sendiri jika ingin menyambungkan USB dengan printer panda.

Akan tetapi seringkali IP Address ini mengalami perubahan menjadi default dan berubah menjadi 192.168.123.100, sehingga printer tidak akan bekerja.

Biasanya IP Address yang bermasalah ini, direset sendiri oleh sistem.

Jika terdapat kendala biasanya kasir akan menghubungi pihak IT untuk memperbaikinya. Akan tetapi, jika tidak ada orang IT, kamu juga bisa memperbaikinya sendiri karena cukup mudah, daripada menggunakan jasa IT dari luar dan mengeluarkan banyak biaya.

Cara Reset Printer Bluetooth Panda

Cara Reset Printer Bluetooth Panda
Cara Reset Printer Bluetooth Panda

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mereset kembali Printer Bluetooth panda kamu.

Amati setiap langkahnya dan pastikan kamu telah melakukannya dengan benar untuk menghindari reset yang gagal.

Simak selengkapnya:

1. Pastikan IP Address printer sudah sesuai

Gunakan command prom untuk mengetes apakah IP Address kita tersambung atau tidak. Untuk memunculkan command prom tekanlah tombol windows pada keyboard.

Di saat yang bersamaan, tekan juga huruf R pada keyboard, sehingga akan muncul pop up Run. Jika sudah muncul, ketik CMD di kolom open kemudian enter, lalu akan muncul command prom.

Apabila IP Address tidak tersambung ke printer, maka sudah berubah ke default.

2. Cek IP Address yang berubah

Tekan tombol FEED pada printer dan tekan juga tombol power off. Ketika printer sudah mati, tekan kembali tombol FEED sambil menekan tombol power on.

Tahan selama 5 detik lalu lepaskan.

Kemudian printer akan mencetak kertas yang isinya tentang spesifikasi printer dan IP Address yang berubah menjadi 192.168.123.100.

3. Menyesuaikan class IP Address PC dengan printer

Apabila kita sudah mengetahui perubahan IP Address printer, kemudian sesuaikan IP Address PC dan IP Address printer.

Cara menyesuaikannya yaitu dengan masuk ke setting IP Address PC, lalu klik gambar monitor yang terletak di samping kanan bawah layar PC.

Selanjutnya pilih open network and sharing center, lalu klik local area connection, pilih properties, dan klik internet protocol version 4, maka akan muncul pop up Properties.

Apabila IP Address berubah menjadi  192.168.123.100, aturlah IP Address sesuai keinginanmu, lalu klik oke dan kemudian tutup.

4. Atur kembali IP Address dengan kondisi seperti semula

Langkah terakhir yaitu mengatur IP Address seperti semula. Caranya yaitu membuka browser apapun, lalu masukkan IP Address printer yang telah terdefault tadi.

Kemudian akan muncul settingan IP Address printer. Pilihlah konfigurasi dan atur IP Address sesuai dengan IP printer di awal.

Lalu klik save dan klik reboot, dan IP Address kamu sudah kembali seperti semula.

Cara Merawat Printer Panda Bluetooth

Cara Merawat Printer Panda Bluetooth
Cara Merawat Printer Panda Bluetooth

Selain paham akan Cara Reset Printer Bluetooth Panda ini maka sebaiknya kamu juga bisa merawat printer panda yang biasanya kamu pakai.

Nah,

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan printe panda bluetooth ini.

Perhatikan,

Jangan biarkan Printer Bluetooth Panda kamu tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama. Usahakan selalu menggunakannya secara rutin.

Karena didalam printer Panda Bluetooth juga terdapat beberapa spart part yang mudah kering dan tidak bisa berputar dengan normal.

Bisa jadi, 

Ada beberapa bagian yang kering ataupun tersangkut potongan kertas yang tertinggal didalam printer Panda Bluetooth tersebut,

Selalu bersihkan!

Bekas potongan kertas yang tertinggal ini bisa membuat Printer Panda Bluetooth ini akan menghampat kinerja didalam printer bahkan bisa sampai error.

Terkadang kita sering bingung!

Padahal, kita sendiri tidak pernah memperhatikan jika ada beberapa potongan kertas didalamnya. Coba dech kamu cek lagi Printer Panda kamu.

Selanjutnya,

Kamu juga tidak boleh memaksa kerja Printer Panda Bluetooth kamu secara berlebihan. Batasi mencetak!

Jika mencetak melebihi batas maksimalnya maka kemungkinan besar Printer Panda Bluetooth kamu akan error lho!

Perhatikan beberapa hal ini!

Kesimpulan

Nah, itu dia cara reset printer Bluetooth panda untuk mengembalikan IP Address yang bermasalah.

Selamat mencoba!