8 Cara Reset Printer Epson L1300 A3 untuk Mengatasi Error pada Printer

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Kali ini, admin akan sedikit berbagi beberapa langkah dan Cara reset printer Epson L1300 A3 yang pada dasarnya mirip dengan cara me-reset printer Epson lainnya. Simple banget sih!

Hanya saja,

Terkadang kita tak 'merasa' penting informasi seperti ini, hal ini membuat kita jarang mencari tahu bagaimana melakukannya.

...Memang reset printer ini hal yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu, jadi kita nggak terlalu 'menggubrisnya'!

Sebenarnya,

Cara Reset Printer Epson L1300 A3 ini merupakan hal penting yang harus kamu ketahui, ini untuk mengantisipasi ketika kita suatu saat berhadapan dengan persoalan error printer yang minta reset.

Ditambah lagi saat kita sedang 'deadline' pekerjaan kantor!

Inikan jadi masalah dan ribet, benar nggak?

Jika sebelumnya Anda pernah melakukan reset pada printer Epson, seharusnya Anda tidak perlu kesulitan untuk menangani error pada tipe ini.

Namun jika ini adalah kali pertama Anda mengalami error pada printer sehingga harus melakukan reset, tidak apa-apa. Anda bisa simak penjelasan berikut.

Kondisi yang Mengharuskan Reset

Cara Reset Printer Epson L1300 A3
Cara Reset Printer Epson L1300 A3

Error yang terjadi pada printer Epson L1300 A3 adalah hal yang wajar terutama jika printer sudah cukup bekerja keras melakukan printing selama beberapa waktu.

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa printer Epson memiliki chipset yang berfungsi untuk merekam setiap kegiatan printing yang dilakukan printer Anda.

Saat kegiatan printing yang terekam sudah melebihi kapasitas, maka printer bisa mengalami error.

Printer Epson L1300 A3 memiliki kapasitas mencetak hingga 30 ribu halaman. Jadi setelah lewat dari jumlah itu, dianjurkan untuk melakukan reset pada printer agar printer bisa digunakan seperti semula.

Apakah semua jenis error pada printer Epson L1300 dapat diselesaikan dengan reset?

Jawabannya, tidak juga. Biasanya, masalah yang bisa diselesaikan dengan cara reset ditandai dengan berkedipnya lampu kecil di sisi printer secara bergantian atau tidak seperti biasanya.

Tanda lain yang biasa muncul adalah, adanya pesan pada PC yang terhubung dengan printer Anda yang berbunyi: “Service required”, “Ink waste is full”, atau “Ink pad is at the end of its service life

Jika muncul tanda-tanda seperti ini Anda tidak perlu panik atau harus langsung membeli printer baru.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengaturan ulang atau reset agar printer Anda bisa kembali pada kondisinya seperti semula.

Cara Reset Printer Epson L1300 A3

Cara Reset Printer Epson L1300
Cara Reset Printer Epson L1300

Melakukan reset printer Epson sebenarnya bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak.

Cara manual bisa dilakukan dengan cara mematikan sebentar printer selama beberapa menit lalu menyalakannya kembali.

Setelah itu,

Tekan tombol Resume (tombol tinta) di sisi printer selama 5 detik dan lepaskan. Jika kedip pada lampu kecil sudah berhenti, berarti proses reset manual berhasil.

Namun jika sedari awal printer Anda sudah menampilkan gejala error yang membutuhkan reset seperti yang telah disinggung sebelumnya, lebih baik Anda langsung melakukan reset dengan bantuan software untuk menghemat waktu.

Cara sederhana untuk me-reset printer Epson L1300 A3 adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda memiliki resetter Epson L1300 sebelum mulai me-reset. Resetter Epson bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduh software-nya di internet.
  2. Ekstrak file kemudian click ikon Adjprog.exe untuk menjalankan program.
  3. Klik ‘Select’ lalu pada kotak Model Name, pilih Epson L1300. Pilih ‘Auto Selection’ pada kotak Port kemudian klik OK.
  4. Setelah kembali ke kotak dialog EPSON Adjustment Program klik ‘Particular Adjustment Mode
  5. Pilih pilihan Waste Ink Pad Counter pada bagian ‘Maintenance‘. Lalu tekan OK.
  6. Centang bagian ‘Main Pad Counter’ kemudian klik tombol ‘Initialization’. Anda hanya tinggal menunggu proses reset hingga selesai.
  7. Jika sudah, akan muncul perintah agar Anda mematikan dan menyalakan printer kembali. Ikuti perintah tersebut.
  8. Periksa kembali printer Anda apakah lampu kecil masih berkedip. Jika sudah tidak berkedip berarti printer dapat digunakan seperti semula.

Kesimpulan

Itulah langkah mudah cara reset printer Epson L1300 A3. Ada 8 langkah reset printer Epson L1300 A3 yang perlu kamu perhatikan dengan benar.

Kamu harus mengikuti beberapa langkah ini dengan benar. Tinggal pahami aja kok! Apa yang kamu lakukan haruslah berurutan sesuai dengan petunjuk yang sudah admin berikan ini.

Jika masih belum berhasil,

Kamu bisa mencari cara lain untuk bisa mengatasi error printer Epson milik kamu tersebut. Ada banyak tutorial yang bisa kamu lakukan.

Dengan demikian, 

Printer Epson L1300 A3 kesayangan kamu bisa normal kembali seperti sedia kala sebagaimana saat kamu menggunakannya secara normal.

Selamat Mencoba ya!

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.