11 Cara Reset Printer HP Ink Advantage 2135 yang Mengalami Error Blinking, Berhasil kok!

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Jika printer HP 2135 Anda mengalami error blinking tidak perlu khawatir karena cara reset Printer HP Ink Advantage 2135 terbilang cukup mudah.

Anda dapat melakukan reset dengan cara manual, tidak perlu mengunduh aplikasi atau perangkat lunak tertentu.

Sebelum lanjut ke pembahasan, apakah blinking error itu?

Blinking error adalah masalah yang biasa ditemukan pada printer HP 2135 dengan melihat tanda berupa berkedipnya lampu indikator tinta di sisi printer.

Printer HP 2135 memiliki 3 lampu indikator di sisi printer, yaitu dua lampu indikator tinta yang berfungsi untuk memberikan info tentang kondisi cartridge hitam dan cartridge warna, dan indikator kertas yang biasanya digunakan untuk mengenali jika ada error pada printer yang disebabkan oleh kertas (paper jam).

Jika lampu indikator Anda menyala salah satunya atau bersamaan, dipastikan ada prosedur yang tidak sesuai pada printer Anda tersebut.

Penyebab Berkedipnya Indikator

Cara Reset Printer HP Ink Advantage 2135
Cara Reset Printer HP Ink Advantage 2135

Sebenarnya, kamu harus memahami dengan benar beberapa penyebab printer kamu error dan lampu indikatornya berkedip.

Terkadang,

Kita sering kebingunan ketika melihat lampu indikator printer ini berkedip secara tidak normal alias kode error yang terjadi pada HP Ink 2135 milik kamu.

...Aneh sih!

'Kok tiba-tiba lampu indikator menunjukkan tanda error yang terjadi pada printer tersebut! Habis itu, printer mulai tidak bisa digunakan'

Nah, 

Kamu harus tahu beberapa hal yang menjadi 'kemungkinan' penyebab lampu indikator menyala. Simak beberapa ulasan beriku ini dengan baik:

Error pada Cartridge

Saat Anda menemukan lampu indikator tinta pada printer menyala, kemungkinan terdapat error pada cartridge di dalam printer.

Biasanya kondisi error akan dibaca oleh printer jika tinta salah satu atau kedua cartridge sudah hampir habis.

Selain tinta yang habis, cartridge palsu juga bisa menyebabkan error pada printer Anda.

Adanya Masalah pada Kertas

Paper jam atau kertas tersangkut adalah masalah yang sangat umum ditemukan pada saat menggunakan printer.

Paper jam biasanya terjadi karena kondisi kertas yang tertekuk di ujung sehingga saat proses printing menyebabkan kertas tersangkut di dalam.

Cara Reset Printer HP Ink Advantage 2135

Tutorial Reset Printer HP Ink Advantage 2135
Tutorial Reset Printer HP Ink Advantage 2135

Mengatasi error blinking pada printer HP tidak begitu sulit. Mari simak penjelasan selengkapnya dengan teliti dan memahami dengan benar.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, Cara Reset Printer HP Ink Advantage 2135 ini memiliki beberapa langkah yang benar.

Dengan begitu.

Kamu dapat menormalkan kembali printer HP kamu yang sedang terjadi Error Blinking ini. Simak beberapa penjelasan selengkapnya dibawah ini:

Mengatasi Error Blinking Indikator Tinta

Seperti yang telah dijelaskan, error blinking pada indikator tinta menandakan adanya masalah pada cartridge yang Anda gunakan.

Hal ini dapat dilakukan sebagai solusi sementara:

  1. Siapkan kertas untuk melakukan print testing.
  2. Pastikan printer dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke sumber listrik.
  3. Setelah printer mati, buka cover depan printer dan tarik rumah cartridge ke tengah secara manual. Setelahnya, ambil cartridge tinta yang lampunya berkedip lalu pasang kembali.
  4. Tutup kembali cover printer dan nyalakan printer seperti semula.
  5. Tekan tombol Power dan tombol Cancel (X) secara bersamaan selama kurang lebih 7 detik lalu lepas secara bersamaan. Setelah itu tekan kembali tombol Power dengan jangka waktu yang sama.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.

Mengatasi Error Blinking Indikator yang Menyala Bersamaan

Jika indikator tinta dan kertas menyala bersamaan, kemungkinan error terjadi karena ada kertas yang menyangkut di dalam.

Kertas yang menyangkut bisa mengganggu kerja cartridge, itulah yang menyebabkan ketiga indikator menjadi berkedip bersamaan.

Jika Anda mengalami hal ini, lakukan hal berikut.

  1. Matikan printer dan cabut semua aliran listrik ke printer.
  2. Buka cover printer untuk memeriksa apakah ada sisa kertas yang menyangkut di dalam printer. Jika ada, langsung cabut dan singkirkan kertas.
  3. Tutup kembali semua cover dan nyalakan printer.
  4. Tekan tombol Power dan Cancel (X) secara bersamaan selama beberapa detik lalu lepas bersamaan.
  5. Tunggu proses reset selesai.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai cara reset printer HP Ink Advantage 2135 sebagai pertolongan pertama yang bisa dilakukan. 

Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut, 

Kamu akan bisa mengembalikan printer yang sedang error blinking tersebut menjadi normal kembali. Ini cukup mudah kok!

Tanpa harus membawa printer ke jasa service printer, kamu sudah bisa mengerjakannya di rumah dengan mengikuti beberapa tutorial dan penjelasan yang sudah admin berikan tersebut.

Semoga berhasil dan selamat mencoba.