Tutorial Cara Menghitung CKPN Berdasarkan PSAK 55, Mudah Banget Kok!

Cara Menghitung CKPN Berdasarkan PSAK 55
Cara Menghitung CKPN Berdasarkan PSAK 55

Swarariau.com, Tutorial Menghitung -- Mengetahui Cara Menghitung CKPN Berdasarkan PSAK 55. Penurunan nilai adalah ketika kondisi nilai telah tercatat aset hingga melebihi nilai yang diperoleh kembali. 

Akan tetapi yang biasanya disebut sebagai CKPN adalah Cadangan Kerugian Penurunan nilai yang artinya suatu jumlah yang diturunkan dari suatu nilai telah tercatat hingga sampai sebesar nilai yang dapat didapatkan kembali dari aset.

Perlu Anda ketahui, 

Bahwa CKPN adalah jalan alternatif yang mengharuskan untuk dibentuk jikalau ada bukti obyektif mengenai penurunan nilai dari aset keuangan atau aset lainnya karena penyebab tertentu yang bersifat merugikan. 

Biasanya untuk jumlah cadangan kerugian yang terjadi  dapat diukur sebagai selisih suatu nilai yang tercatat aset keuangan dengan nilai estimasi yang disesuaikan dengan bunganya sekaligus.

Cara Menghitung CKPN

Untuk mengetahui cara menghitung CKPN berdasarkan PSAK 55 dengan baik, tentunya yang harus Anda ketahui dahulu adalah pembentukan CKPN sekaligus dengan fungsinya. 

Hal ini tentunya memiliki tujuan agar lebih mudah dalam mengetahui fungsi dari CKPN yang sebenarnya.

Dari setiap tanggal neraca, biasanya Bank akan mengevaluasi mengenai adanya bukti obyektif dari aset keuangan atau kelompok aset keuangan yang mengalami penurunan. 

Adanya suatu hitungan CKPN pada dasarnya dilakukan melalui evaluasi invidual dengan besaran selisih antara nilai yang tercatat dalan keuangan dengan  nilai estimanis kas masa depan yang biasanya menggunakan suku bungan awal dari aset tersebut.

Sebelum Anda mulai menginjak cara menghitung CKPN berdasarkan PSAK 55, pada dasarnya yang harus Anda perhatikan adalah arti dari hitungan CKPN menurut PSAK 55 itu sendiri. 

Ketentuan PSAK 55 yang membahas mengenai pengakuan candangan kerugian penurunan nilai biasanya memiliki pengertian yang cukup mudah Anda ketahui.

Suatu proses estimasi jumlah penurunan nilai biasanya dapat memberikan pengaruh untuk menghasilkan range yang mungkin akan terjadi. 

Selanjutnya harus ada pengakuan mengenai kerugian akibat adanya penurunan nilai sebesar estimasi tersebut dengan adanya pertimbangan informasi yang relavan sebelum laporan keuangan dibuat mengenai kondisi yang terjadi pada tanggal neraca.

Sebelum Anda mulai melangkah dengan cara menghitung CKPN berdasarkan PSAK 55 , tentunya yang harus Anda perhatikan dahulu adalah pengukuran mengenai CKPN. 

PSAK  55 paragraf 65 adalah salah satu contoh kalau suatu kerugian penurunan nilai  dapat dikatakan terjadi apabila adanya suatu bukti obyektif penurunan nilai dapat diketahui dengan jelas. 

Sebenarnya untuk menghitung CKPN tentunya ada hal utama yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Hal ini dapat dikatakan sebagai dasar dari penghitungan yang akan Anda lakukan. 

Walaupun memiliki makna sederhana, akan tetapi semua ini dapat memberikan pengaruh untuk mempermudah Anda dalam penghitungan seperti CKPN. Berikut langkah dasar sebelum mulai menghitung CKPN.

Mengasah Kemampuan Otak dalam Menghitung

Untuk memudahkan Anda dalam cara menghitung CKPN berdasarkan PSAK 55, adapun cara dasar yang tentunya harus Anda ketahui terlebih dahulu. 

Untuk mulai menghitung CKPN, tentunya langkah dasar yang patutnya Anda ketahui terlebih dahulu adalah kemampuan Anda dalam menghitung. 

CKPN tentunya tidak akan jauh dengan operasi hitung yang memiliki bobot tinggi.

Untuk itu, sebelum Anda mulai menginjak langkah operasi hitungan yang lebih sulit, pada umumnya cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah dalam mengetahui dan memahami operasi hitung adalah mencoba belajar dari hitungan dasar terlebih dahulu. 

Hitungan dasar inilah yang nantinya dapat membantu Anda bila ingin memahami cara menghitung CKPN berdasarkan PSAK 55 dengan baik dan benar.