Bagaimana Cara Menghitung Telat Haid Karena Hamil, Cek Sendiri Aja!

Cara Menghitung Telat Haid Karena Hamil
Cara Menghitung Telat Haid Karena Hamil

Swarariau.com, Tutorial Menghitung | Ketahui Bagaimana Cara Menghitung Telat Haid Karena Hamil – Kehamilan merupakan tanda yang bisa ditemukan secara fisik atau jasmani. Salah satunya adalah dengan melihat siklus haid yang dialami, apalagi jika Anda merupakan perempuan. 

Dengan mengetahui siklus haid, Anda bisa memperkirakan apakah Anda sedang hamil atau tidak. 

Jika Anda merasa bingung apakah telat datang bulan atau tidak, khususnya jika Anda sudah melakukan hubungan intim sebelumnya, penting untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil. 

Menyadari kehamilan sejak dini akan membantu Anda untuk memenuhi asupan nutrisi bagi calon bayi di perut Anda.

Ketahui Siklus Haid dengan Benar

Penting untuk mengetahui siklus haid yang Anda miliki terlebih dahulu, apakah berjalan dengan normal atau tidak. 

Cara menghitung telat haid karena hamil harus disesuaikan dengan jadwal menstruasi yang Anda miliki. 

Untuk siklus haid, ia dimulai sejak hari pertama proses menstruasi berjalan hingga hari satu hari pertama sebelum haid di bulan selanjutnya. 

Untuk siklus haid yang normal biasanya berlangsung antara 28 hari, bisa juga berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan hormone yang dimiliki oleh tubuh. 

Ada perempuan yang memiliki siklus lebih panjang atau lebih pendek, antara 21 hari sampai 35 hari. Sedangkan untuk menstruasi yang normal, kira-kira berlangsung antara 3 hari sampai satu minggu.

Ketahui Kapan Telat Datang Bulan Dihitung

Jika Anda mengalami telat datang bulan, maka kemungkinan sedang hamil memang cukup besar, namun bukan berarti diagnosis tersebut benar. 

Ada perempuan yang terlambat haid karena stress, pengaruh hormone ataupun sedang sakit. 

Namun jika Anda sedang hamil, maka telat datang bulan merupakan ciri awal yang disadari. Jadi, cara menghitung telat haid karena hamil ini harus benar-benar dipahami oleh para perempuan. 

Menstruasi dianggap terlambat atau telat datang jika Anda sudah tidak mengalami menstruasi 5 hari atau lebih sejak tanggal menstruasi harusnya terjadi. 

Cara menghitung telat haid dikarenakan hamil cukup sederhana, bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain. 

Apabila Anda merasa ragu ketika melakukan cara menghitung telat haid karena hamil, Anda bisa menggunakan alat pengecek kehamilan atau test pack, sehingga tidak kesulitan menentukan apakah Anda memang benar hamil. 

Anda bisa mengalami kehamilan ketika berhubungan intim tanpa menggunakan pengaman ketika masa subur atau sebelum datang bulan terjadi.

Gejala yang Perlu Diperhatikan Jika Telat Datang Bulan

Telat datang bulan memang hal yang cukup riskan, sehingga perlu diketahui berbagai tandanya jika sedang mengalami kehamilan. 

Ada tanda-tanda yang mendampingi telat haid ketika Anda sedang hamil, diantaranya yaitu:

Perut Keram

Jika merasak perut yang keram setelah melakukan hubungan intim, bisa jadi pembuahan memang berhasil. Rasanya memang seperti nyeri haid, sehingga kadang memang sulit dibedakan. 

Namun jika keram ini tidak kunjung berkurang dan Anda tidak kunjung pula mengalami menstruasi, maka kemungkinan Anda tengah hamil. 

Jadi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tanda-tandanya sebelum mengetahui cara menghitung telat haid karena hamil

Payudara Kencang dan Nyeri

Selain mengetahui cara menghitung telat haid dikarenakan hamil, mengetahui ciri tengah hamil juga penting. 

Salah satunya adalah payudara yang terasa nyeri dan kencang, ini bisa terjadi karena hormon yang berubah seiring hadirnya calon bayi di dalam perut. 

Itulah berbagai tanda yang bisa Anda perhatikan sembari mengetahui cara menghitung telat haid karena hamil.