Cara Setting Keyboard Laptop yang Wajib Kamu Ketahui, Lebih Mudah Lho!

Cara Setting Keyboard Laptop
Cara Setting Keyboard Laptop

Swarariau.com, Komputer --
Baru tahu, cara setting keyboard laptop menjadi hal yang mudah bagi yang sering melakukannya.

Namun, tidak demikian untuk yang jarang mengutak atik keyboard. Takut dan khawatir kalau tambah eror akhirnya laptop tidak nyaman digunakan.

Keyboard menjadi hal penting dalam sebuah perangkat laptop. 

Ada satu saja yang eror atau rusak, pengetikan menjadi terhambat. Kerusakan ini dapat terjadi karena beberapa faktor, 

Apa saja dan bagaimana cara settingnya?

Kerusakan Pada Keyboard

Menjadi satu elemen penting laptop, keyboard eror memang sangat mengganggu. Terlebih laptop dengan penggunaan over ataupun memang sudah berumur. Tentu ada hal-hal yang terjadi tanpa kita inginkan.

Adapun keyboard yang tidak nyaman digunakan biasanya mengalami hal ini.

  1. Salah penempatan huruf, misalnya saja kita tekan huruf K yang muncul malah ruruf L.
  2. Huruf maupun tombol di keyboard tidak muncul ketika ditekan. Ini sangat mengganggu pengguna dan membuat pekerjaan tidak selesai.
  3. Tombol keyboard delay, sehingga lambat muncul di layar.

Dengan permasalahan yang ada, harus dicari solusinya. Entah karena settingan yang kurang tepat, atau faktor lain yang membuat eror. 

Sebenarnya keyboard yang rusak karena gangguan pada perangkat keras ataupun lunak. 

Jika demikian adanya, tak perlu khawatir, dapat dilakukan setting ke mode semula. Cara setting keyboard laptop ini mudah dan tidak rumit.

Cara setting keyboard laptop

Cara setting tergantung dari permasalahan yang muncul. Anda dapat melihat apa yang menggangu sehingga dapat merumuskan solusi pemecahannya. 

Cara setting ini dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu:

1. Tombol Filter Disesuaikan

Hal ini terjadi apabila ada delay saat menekan tombol di keyboard dan munculnya di layar. Dengan begitu yang harus diubah adalah aturan pada tombol filter. 

Caranya mudah saja, tekan start, kemudian tulis ease of access agar prosesnya lebih cepat. Lalu klik make keyboard easier to use. 

Hapus centang dan pilih ok.

Jika sudah dilakukan, Anda harus cek dulu apakah berhasil atau tidak. Tekan saja tombol keyboard satu demi satu dan lihat di layar. 

Masih lambat atau sudah normal seperti semual.

2. Pengaturan Keyboard Disesuaikan

Kadang, kita mengalami repeat dan delay yang terlau pendek, sehingga mengganggu kenyamanan. Perubahan pada dua karakter yang berbeda ini menjadi masalah serius karena tidak enak penggunaannya. 

Jika hal itu yang terjadi cara setting keyboard laptop dapat diatasi dengan membuka menu. Menu pengaturan keyboard dan klik start. 

Pilih control panel dan cari menu keyboard yang ada di kanan atas.

3. Restart

Terkadang, keyboard yang tidak nyaman digunakan karena laptop yang tidak bekerja sesuai perintah. Hal ini bisa saja terjadi karena yang namanya perangkat ada saat eror atau hang.

Hal yang dapat dilakukan saat keyboard tidak berfungsi dengan baik dengan cara restart. Cara setting seperti ini seolah laptop disegarkan kembali. 

Dengan restart laptop akan kembali dapat digunakan jika kerusakan pada driver.

4. Melakukan Restore Sistem

Cara setting keyboard laptop dapat dilakukan juga melalui restore sistem. Mungkin saja terjadi saat ada aplikasi baru yang diunduh. Bisa juga karena pengaturan laptop diubah. 

Cara paling mudah dengan malakukan restore sistem.

Dengan klik start, pilih control panel, backup your computer, system and security. Jika sidah klik recover system setting on your computer, pilih open. 

Lanjut ke open system restore.

Jika Anda sudah melakukannya semua, silakan reboot laptop. Sistem yang eror dan melakukan tahap di atas, keyboard akan normal kembali. 

Setelah mengetahui caranya, tak perlu panik saat keyboard tidak berfungsi dengan baik. 

Lakukan cara setting sesuai dengan keperluan. 

Dengan banyak cara setting keyboard laptop Anda dapat memilih mana yang paling tepat. Dengan begitu masalah keyboard dapat dicarikan solusi terbaiknya.