Cara Setting Modem Huawei Indihome Seri HG8245H, Bikin Internet Makin Cepat?

Cara Setting Modem Huawei Indihome Seri HG8245H
Cara Setting Modem Huawei Indihome Seri HG8245H

Swarariau.com, Teknologi -- Kebutuhan internet semakin tinggi, karena sekarang ini mulai masa peralihan menjadi masa serba digital. 

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan internet dengan cara setting modem Huawei Indihome seri HG8245H.

Banyak pilihan jaringan internet yang dapat dipilih. Salah satu yang memiliki kualitas cukup baik yakni modem Huawei Indihome. 

Modem tersebut akan memenuhi kebutuhan internet bagi penggunanya dengan cepat.

Cara Setting Modem Huawei Indihome Seri HG8245H

Banyak merek modem yang menawarkan kemampuan jaringan internet pada para pelanggannya. Salah satu diantaranya modem Huawei Indihome seri HG8245H. 

Berikut cara setting modem Huawei yang dapat dijadikan petunjuk.

1. Login ke Modem

Langkah awal yang harus dilakukan untuk setting modem Huawei adalah login ke modem tersebut dengan mengetikan IP pada browser Anda, yakni 192.168.100.1. 

Jika telah masuk, gunakan account “telecomadmin” dan password “admintelecom”. 

Pada saat login, pastikan jaringan internet sedang stabil agar saat melakukan login dan membuat pengaturan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. 

Jangan lupa gunakan account dan password seperti petunjuk di atas.

2. WAN Setting

Pada bagian WAN Setting terdapat 2 settingan, yakni IPoE dan PPPoE. Kedua pilihan setting ini dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Pertama, cara untuk melakukan setting IPoE dengan cara pilih pada menu atas pilih “WAN”, setelah itu pilih “WAN Configuration”. 

Klik pada bagian “New” dan isi setting pada “Enable WAN” beri centang, “Encapsulation Mode” pilih IPoE.

Isi bagian selanjutnya yakni “Protocol Type” pilih IPv4, “WAN Mode” pilih route wan, “Service VLAN” pilih centang, “VLAN ID” beri 100, dan “802.1p Policy” pilih 0. Pada bagian “MTU” sebesar 1500, “IP Acquisition Mode” yakni DHCP. 

Bagian terakhir yakni, “Enable NAT” beri tanda centang. Untuk “Vendor ID” dan “User ID” beri tanda centang saja keduanya. 

Setelah samua petunjuk dilakukan maka klik “Apply”. 

Kedua, cara untuk melakukan setting PPPoE. Pada bagian “WAN Setting” klik New. Selanjutnya isi bagian User Name dan Password. 

Harap sesuaikan dengan data Indihome Anda. Jika telah selesai seluruh bagian, klik “Apply”.

3. LAN Setting

LAN setting cukup menarik untuk diulas. Pada bagian ini terdapat 2 mode, yakni LAN port work mode dan LAN host configuration. 

Pada pilihan LAN port work mode, silahkan klik “LAN”, lalu pilih yang kiri. Centang “LAN2” dan “LAN3”, lalu klik “Apply”.

4. WLAN Setting

Pada WLAN setting diperuntukan saat ingin mengaktifkan hotspot repeater pada modem Huawei. Nantinya Anda dapat menghubungkan jaringan internet perangkat lain melalui jaringan wifi yang ada.

Terdapat 2 pilihan WLAN setting, yakni WLAN basic configuration dan WLAN advanced configuration. Secara khusus pada WLAN basic configuration caranya klik “WLAN”, lalu pilih “WLAN Basic Configuration”. 

Selanjutnya klik “New” dan isi seluruh bagian yang ada seperti “SSID name” atau nama tampilan. 

Selanjutnya “Enable SSID” beri centang, “Number Of Associated” isi sesuai jumlah maksimal perangkat yang boleh terhubung.

Bagian yang lain, yakni “Broadcast SSID” beri centang, “Enable WWM” beri centang, “Authentication” beri WPA/WPA2 PreSharedKey. 

Selanjutnya “Encryption Mode” beri TKIP&AES. Untuk “WPA PreSharedKey” isi dengan password Wifi.

Bagian selanjutnya, “WPA Groub Key Generation Interval” beri angka 3600, “Disable WPS” buang tanda centang, dan terakhir “WPS Mode” isi dengan PBC. Jika telah diisi sesuai petunjuk di atas, langkah terakhir dengan klik “Apply”.

Cara setting modem Huawei akan mudah jika mengikuti petunjuk di atas. 

Setting di atas banyak bagian yang harus diisi dengan saksama agar nantinya modem dapat berjalan seperti kilat karena cara pengaturannya yang tepat dan benar.